KIA Telluride Concept, Luxury SUV Dengan Terapi Kesehatan

by  in International&Kia&Mobil Konsep
KIA Telluride Concept, Luxury SUV Dengan Terapi Kesehatan
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan hanya Hyundai saja yang berencana membombardir Pasar Amerika Serikat dengan mobil mewahnya, KIA pun juga turut unjuk gigi perihal itu. Namun berbeda dengan Hyundai yang mencoba memperkuat diri di area sedan dan sportscar. KIA justru lebih memperhatikan segmen crossover dan SUV. Hal ini terlihat di konsep terbaru KIA Telluride yang tampil di NAIAS 2016, Detroit, Amerika Serikat.

Pertanyaan besar kami adalah kenapa namanya Telluride? Apakah ini serapan dari bahasa Jawa Telu yang artinya tiga, mungkin merujuk pada kursinya yang tiga baris? Ah… kami sampai melakukan cocoklogi kan haha… Apapun itu Telluride adalah konsep SUV yang ditawarkan KIA pada konsumen AS dimana model sudah pasti akan diatas Sorento. Dengan gaya desain tough dan grille tiger nose yang begitu dominan plus teknologi terbaru ditawarkan di dalamnya. Yup KIA sedang mencoba survey pasar dengan Telluride.

Hal yang cukup menarik adalah bagian pintu depan dan belakang mengadopsi suicide door yang dapat dibuka hingga 90 derajat. Meski ini diset sebagai seven seater, namun Telluride menawarkan 4 kursi yang dapat diubah menjadi captain seat. Masing masing captain seat tertanam sensor yang menangkap tanda vital dari penumpang dan ditampilkan di panel pintu serta disinkronisasi dengan LER atau Light Emitted Rejuvenation.

Fungsinya apa dari LER ini? ini adalah sebuah panel LED besar yang dipasang di bawah panoramic sunroof, model ini akan menampilkan pola cahaya terapi untuk mengobati jetlag pada penumpang sampai menambah energi mereka. Terdengar mahal bukan? Selain itu Telluride mengadopsi Swipe Command gesture-control pada penumpang baris kedua untuk mengontrol audio. Selain itu door trim, dashboard dan setir dicetak menggunakan printer 3 dimensi yang dipergunakan KIA pertama kalinya.

Konsep ini duduk dari sasis Sorento yang dimodifikasikan, wheelbase mobil ini bertambah panjang 11,9 inchi untuk memberi nuansa limousine bagi ruang penumpang. Sedangkan ukuran ban bertambah besar dengan penggunaan 22 inchi. Sementara penggeraknya menggunakan model plug-in hybrid dengan jantung mesin bensin 3.5-liter V6 270 hp beserta motor listrik 130 hp, jadi total tenaga Telluride adalah 400 hp. Dengan mesin ini KIA meng-klaim konsumsi BBM Telluride mencapai 30 mille per gallon atau kira-kira 12.75 km/liter di jalan tol.

Saat ditanya kapan rencana Telluride direalisasikan oleh pabrikan asal negeri ginseng ini, KIA hanya memberi statement bahwa ini cuma tes produk. Masuk produksi atau tidaknya tergantung konsumen NAIAS yang menilai. Namun Telluride mengindikasikan bahwa KIA juga ingin serius menggarap segmen luxury yang selama ini didominasi oleh merek eropa dan jepang. Bagaimana menurutmu? Sampaikan pendapatmu di bawah ini, gan.

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    jirolu ride gril nya gede ajah

  • Aryo Wicaksono

    sekali-sekali lihat KIA contek Range Rover dan Rolls Royce. Om Peter Schreyer kok jadi payah gini. T_T

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Interiornya ya gan?? Iya sih ada kemiripan dr bentuk dan layout dasboardnya

      • Aryo Wicaksono

        Eksterior, Gan. Bodi gabungan Bentley bent a gay (eh bener nggak sih tulisannya) dan Range rover vogue, lampu depan tiru roll Royce. Kalau interior aku tidak terlalu mempermasalahkan.

  • er satria

    kesan mewahnya dapet krn bongsor kyknya dan model mirip yg udah ada…

  • Soni Hermawan

    Masih konsep, tapi saya liat nya dengan bodi mobil ala2 suv amerika yg bongsor bongsor , grill besar ,lampu roy marten eh rolls royce maksudnya,, overall lumayan ganteng sih ni boil

  • rizki

    modelnya mirip hyundai terracan yang berbasis mitsubshi pajero (asli tanpa sport) yang udah mati bertahun2 yang lalu