Tahun Depan, Honda Berhenti Jual Mobil di Russia!

by  in  Berita & Honda & International
Tahun Depan, Honda Berhenti Jual Mobil di Russia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2020 kemarin, kita dikejutkan dengan keputusan Honda yang kala itu mempertimbangkan eksistensi mereka di pasar Australia. Walaupun sempat membuat jejaring diler mereka shock, namun akhirnya Honda Aussie memilih untuk bertahan dan melakukan koreksi pada harga dan line up. Namun, kasus yang berbeda terjadi di Russia. Honda Russia telah memutuskan untuk tidak menjual mobil baru lagi di sana per tahun 2022.

Nah, patut kalian ketahui, bahwa langkah yang dilakukan oleh Honda ini bukan angkat kaki alias cabut dari Russia. Entitas Honda masih ada di Russia, hanya saja tidak menjual mobil baru lagi. Langkah serupa nampaknya sama seperti yang dilakukan General Motors Indonesia (GMI) selaku APM Chevrolet di Indonesia. Selain itu, Honda memastikan akan memberikan layanan 2S alias aftersales kepada konsumen mobil Honda di Russia. Selain itu, Honda juga masih akan terus melanjutkan bisnis mereka di Russia melalui dua segmen lain yaitu sepeda motor dan power equipment. Lantas, kenapa Honda memilih menghentikan penjualan mobil di Russia?

Nampaknya kalian sudah bisa menebaknya. Kasusnya tentu sama seperti GMI dan Chevrolet-nya di Indonesia. Penjualan Honda di Russia terbilang kecil, itu pun masih ditambah dengan anjloknya penjualan di tahun 2020 kemarin. FYI, penjualan Honda di Russia hanya mencapai 79 unit saja di bulan November 2020 silam. Angka itu turun separuh dari periode yang sama di 2019. Secara kumulatif, penjualan Honda pada tahun 2020 silam (Januari – November) hanya ada di angka 1.383 unit saja. Angka itu turun 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Sebagai gambaran, Russia mampu mencatatkan penjualan mobil di angka 1,3 juta unit pada tahun 2019 silam.

Maka jelas, marketshare Honda sangat minim. Pertanyaaanya, kenapa bisa merk sekelas Honda mencatatkan penjualan yang minim? Nampaknya lagi – lagi kasusnya mirip dengan Chevrolet di Indonesia. Honda tidak memiliki pabrik lokal di Russia, yang membuat seluruh line up mereka bersifat CBU. Dan CBU tentunya memiliki harga jual lebih tinggi. Sepak terjang Honda berbeda dengan Toyota dan Nissan yang masing – masing telah memiliki pabrik lokal di Russia. Toyota punya pabrik di St. Petersburg yang memproduksi Toyota RAV4 dan Toyota Camry. Sedangkan Nissan juga punya pabrik di kota yang sama yang memproduksi Nissan Qashqai, Nissan X-Trail, dan Nissan Murano.

Oiya, di Russia, Honda hanya menjual 2 model saja, yaitu Honda CR-V dan Honda Pilot. Jadi, apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana