Keren, Mobil Jaguar Land Rover Masa Depan Bisa Membaca Pikiran dan Kesehatan Pengendaranya!

Keren, Mobil Jaguar Land Rover Masa Depan Bisa Membaca Pikiran dan Kesehatan Pengendaranya!
0  komentar
Mind-Sense-Jaguar-Land-Rover

AutonetMagz.com – Bukan hanya Deddy Corbuzier atau orang-orang lain dengan kemampuan magis saja yang bisa mengetahui isi otak anda, tapi nanti mobil bahkan bisa memahami apa yang sedang anda pikirkan. Bukan hal yang mustahil kok, karena Jaguar Land Rover kini sedang membangun sebuah sistem yang bisa membaca pikiran pengendaranya. Sistem ini tadinya dipakai NASA untuk mengukur konsentrasi pilot, tapi besok bakal ada di mobil lho. Hebat!

Sesuatu yang disebut Mind Sense ini dimaksudkan untuk tujuan keselamatan, terutama demi menghindari kecelakaan akibat pengemudi yang sedang stres atau meleng sehingga tidak memperhatikan jalanan dengan baik. Sebagai kelinci percobaannya, Jaguar Land Rover menggunakan Jaguar XJ dengan prototipe Mind Sense pertama untuk sejumlah percobaan.

teknologi-canggih-mobil-jaguar-land-rover

Bagaimana cara kerjanya? Sekali mengerti prinsipnya, semuanya akan terasa masuk akal. Otak manusia selalu menghasilkan 4 gelombang otak yang berbeda, bahkan lebih. Dengan memonitor jenis gelombang otak yang terpancar paling dominan, sebuah on-board computer akan menyimpulkan apakah pengendara sedang fokus, melamun, mengantuk atau meleng.

predictive-system-jaguar-land-rover

Sejumlah sensor akan disebar di setir untuk mendeteksi jenis gelombang otak yang keluar. “Kalau pengendara sedang melamun atau berkendara dengan tingkat konsentrasi rendah, setir atau pedal mobil akan bergetar untuk mengembalikan kewaspadaan pengemudi agar fokus lagi ke jalanan,” demikian penjelasan dari Dr. Wolfgang Epple, Director of Research and Development Jaguar Land Rover.

interior-jaguar-xj

Sistem baru lainnya adalah Driver Wellness Monitoring, berguna untuk menilai tingkat kesehatan pengemudi dengan sejumlah sensor berorientasi medis yang ditanam di jok pengemudi Jaguar XJ. Dengan mendeteksi detak jantung dan ritme pernapasan, jika mobil mendeteksi adanya gangguan kesehatan, mobil akan mengambil langkah antisipasi dengan meyakinkan apa pengendara cukup kuat untuk mengemudi lagi atau tidak. Kalau tidak, mobil akan mengendarai dirinya sendiri jika diperlukan.

jaguar-xj

Masih ada lagi, namanya Predictive Information System. Caranya, sistem ini akan mempercepat interaksi antara pengemudi dengan layar sentuh hingga 22 persen dengan cara memprediksi menu apa yang akan dipilih. Simpelnya, sebelum layar tersentuh, maka menu akan langsung terpilih setelah membaca gerakan tangan pengemudi. Mirip gesture control di hatchback berkumis lele, tapi yang ini lebih rumit sistemnya.

predictive-information-system-jaguar-land-rover

Untuk sistem Driver Wellness Monitoring dan Predictive Information System, kami serahkan kepada pakarnya dari Jaguar Land Rover, tapi untuk yang Mind Sense, saran kami untuk Jaguar Land Rover : pakailah test driver wanita. Lho, kenapa? Karena wanita ingin dimengerti, tapi rata-rata dari mereka sulit dimengerti dan dibaca pikirannya. Kalau sistem Mind Sense bisa membaca pikiran wanita, berarti sudah mendekati sempurna (Tentu saja ini hanya bercanda, jangan dianggap serius.)

Bagaimana menurutmu sejumlah teknologi mutakhir dari merek Inggris ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • captain slow

    kalo kebanyakan nonton JAV dll bisa gawat nih…

  • captain slow

    kalo kebanyakan nonton JAV dll bisa gawat nih…

    • C 200

      Xxx, taxi69, redtub juga bro…
      #p*rn*

  • ap88

    nanti land cruiser,g class dan defender di masa depan bisa patahin batu/kayu yg akan dilewatinya dimedan off road yg terinspirasi dari master Limbad

  • ap88

    nanti land cruiser,g class dan defender di masa depan bisa patahin batu/kayu yg akan dilewatinya dimedan off road yg terinspirasi dari master Limbad

  • Huang

    Boleh jg nih fiturnya kalau dimasukin ke daihatsu grand max :3

  • Huang

    Boleh jg nih fiturnya kalau dimasukin ke daihatsu grand max :3

  • Levin

    Kalo teknologi ini ngebaca pikiran hillsat, pasti lagi galau ga punya gebetan