Keren! Audi Bikin Per dari Fiberglass

by  in Audi&Hi-Tech
Keren! Audi Bikin Per dari Fiberglass
0  komentar

Per mobil dari bahan fiberglass dari AudiAutonetMagz – Sekali lagi, Audi sebagai salah satu pemimpin dalam hal teknologi otomotif memperkenalkan inovasi terbaru mereka dalam hal teknologi suspensi mobil, setelah suspensi magnetik yang mereka ciptakan dan sangat terkenal beberapa tahun lalu.

Inovasi baru ini berupa per mobil dari bahan fiberglass atau serat kaca yang diperkuat dengan serat polimer dan mereka sebut Glass Fiber-Reinforced Polymer (GFRP) springs menggantikan per/pegas dari bahan baja yang digunakan mobil-mobil saat ini. Per dari bahan fiberglass yang baru pertama kali ada ini hasil pengembangan bersama antara Audi dengan produsen part asal Italia. Dan per fiber ini sama sekali beda dengan per dari bahan baja pada umumnya. Pertama diameternya lebih besar dengan jumlah gulungan yang lebih sedikit. Uniknya per dari bahan fiber ini mempunyai bobot 40% lebih ringan daripada per baja.

Per mobil Audi dari bahan fiberglass

Jika pada umumnya per dengan ukuran sedang memiliki berat masing-masing 2,7 kg, maka per dari bahan Glass Fiber-Reinforced Polymer ini hanya memiliki bobot 1,6 kg, sehingga penggunaan 4 buah per GFRP ini dalam sebuah mobil akan mengurangi berat sekitar 4,4 kg.

Dengan penurunan bobot ini berarti berat massa kendaraan tanpa penumpang dan barang jadi lebih rendah sehingga akan memberikan efek mengemudi lebih baik dan lebih akurat, ditambah getaran yang disalurkan dari permukaan jalan akan lebih minim. Inti dari pegas ini terbuat dari serat kaca yang dipuntir dan dijalin dengan sudut 45 derajat seperti tambang lalu di press dan dilapis resin untuk membuatnya mampu menahan tegangan maupun regangan yang terjadi pada komponen tersebut.

Fiber glass coil springs from Audi

Bahan tersebut memiliki sifat yang luar biasa, salah satu keunggulannya tidak akan terkena dampak korosi serta tahan terhadap bahan kimia seperti cairan pembersih ban maupun velg dan waktu untuk memproduksinya lebih sedikit daripada membuat per baja.

Audi berencana untuk menerapkan per jenis barunya ini pada mobil-mobil diatas kelas menengah seperti Audi A6 sebelum akhir 2014 ini. Canggih ya!

Read Prev:
Read Next: