Ford Edge 2015 Siap Menjegal Murano dan Harrier Dengan Teknologi Canggih!

Ford Edge 2015 Siap Menjegal Murano dan Harrier Dengan Teknologi Canggih!
0  komentar

2015 Ford Edge Europe versionAutonetMagz – Pasar SUV menengah yang saat ini dihuni oleh Toyota Harrier dan Nissan Murano kini mendapatkan rival baru dari Ford dengan model terbaru dari Ford Edge yang pernah diperkenalkan sejak tahun 2006 silam. Mobil ini menjadi salah satu produk Ford Global Platform yang akan dijual di seluruh dunia.

Ford Edge LED

Jika anda familiar dengan model Ford Everest Concept yang sebelumnya pernah kami liput langsung di Bangkok Motorshow 2014 beberapa bulan lalu, tampilan depan mobil ini memiliki bentuk yang mirip-mirip terutama pada lekukan antara lampu dan grille depannya. Hanya saja di Ford Edge terlihat lebih kompak, ramping dan sporty dibandingkan dengan Everest Concept yang terlihat bongsor.

2015 Ford Edge Taillights

Tampilan eksterior Ford Edge 2015 dibekali dengan beberapa detailing yang membuatnya tampil futuristik seperti LED foglamp dengan bentuk meruncing, lampu belakang LED yang menyatu dari ujung-ke-ujung dan desain knalpot trapezodial seperti mobil sports. Penggunaan velg besar berwarna hitam juga membuat tampil jauh lebih gahar.

2015 Ford Edge Price

Bentuk eksteriornya memang bagus dan cantik sebagaimana model mobil-mobil Ford saat ini yang memiliki konsep Kinetic Design. Teknologi-teknologi terbaru dimasukan pada Ford Edge 2015 yang menjadi poin terpenting bagi mobil ini untuk mengalahkan kompetitornya. Ford memberikan paket teknologi Driver-assist yang terdiri dari Adaptive Steering System, Active Park Assist, Adaptive Cruise Control dan Collision Warning with Brake Support, Kamera depan 180 derajat dengan pancuran air, Airbag pada glove box (atau dikenal dengan knee airbag), sabuk pengaman inflatable yang dapat mengembang seperti airbag hingga bangku belakang dan mekanisme pembuka pintu belakang otomatis seperti Ford Kuga dengan menjulurkan kaki belakang. Banyak sekali ya!

2015 Ford Edge Pictures

Nah soal performa, tentunya Ford akan memberikan mesin EcoBoost yang memiliki tenaga besar namun dengan konsumsi bahan bakar yang hemat. Varian paling standar akan dibekali dengan mesin 2.000 cc EcoBoost bertenaga 245 PS dan torsi 370 Nm dan varian tertingginya akan dibekali dengan mesin EcoBoost V6 2.700 cc dengan tenaga 300 Ps. Semua mesin tersebut akan dihubungkan dengan transmisi automatic 6-percepatan Powershift Dual Clutch lengkap dengan sistem penggerak AWD.

Ford Edge Dashboard

Masuk ke dalam interior mobil ini, kita akan disuguhkan dengan interior khas Ford yang ingin terlihat futuristik dibandingkan klasik, kita tidak akan menemukan wooden panel ataupun detailing analog, tetapi balutan aksen metal dan piano black finish menghiasi kabin dengan lampu iluminasi biru muda.

Ford Edge steering

Ford juga kini mengganti desain dashboard dengan banyak tombol yang terlihat rumit dengan sebuah layar sentuh besar yang dapat dioperasikan terpisah antara layar kanan dan kirinya. Dibalik setir, kita juga akan menemukan speedometer dengan jarum analog yang diapit oleh dua buah layar LCD beresolusi tinggi.

Ford Edge Panoramic Sunroof

Selain itu, untuk meningkatkan handling mobil ini dibandingkan dengan model sebelumnya, Ford telah memberikan desain suspensi baru yang mengoptimalkan kenyamanan dan mengurangi suara ban. Sasisnya menggunakan High Tensile Steel yang menambah ke-kakuan mobil ini menjadi 26% lebih kaku dibandingkan dengan model sebelumnya.

Ford Edge Seat

Menariknya, mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Harrier dan Nissan Murano ini akan diluncurkan di Amerika, Amerika Selatan, Eropa dan Asia Pasifik. Apakah mungkin Indonesia menjadi salah satu negara yang akan mendapatkan Ford Edge? Kita tunggu saja apakah SUV canggih ini akan menarik minat PT Ford Motor Indonesia untuk memasukkannya ke tanah air? Tunggu tahun depan ya?

Read Prev:
Read Next:
  • Ford Fiesta S user

    Sophisticated and good looking, khas Ford. Berharap banget masuk ke Indonesia, seperti Ford Indonesia biasanya, dengan value for money yg tinggi. 🙂

  • vtec lovers

    Bedanya collision warning sama brake support spa ya? bukannya kalau udah ada brake collision support udah nggak perlu collision warning lagi? Kenapa di beda2in gitu?

  • semprul

    kalo menurut gue, layout dashboard nya terlalu simple dan kurang elegan, karena segmen kompetitor yang akan dilawan itu berbasis SUV luxury class (Harrier & Murano)