Kebayang Toyota Avanza Bermesin Listrik? Beijing Qingxing Jingke 400 Jawabnya!

by  in International&Toyota
Kebayang Toyota Avanza Bermesin Listrik? Beijing Qingxing Jingke 400 Jawabnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelum ada duet Calya-Sigra, duo Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah mobil yang merajai setiap ruas jalanan di Indonesia. Mobil ini sangat spartan dan sangat basic dengan teknologi yang biasa saja, mesin yang biasa saja, dan pembaruan gadget yang kalah jumlah dibandingkan mobil lain. Tapi lain ladang, lain ilalang, sebab Toyota Avanza di China malah mendapatkan perkembangan besar dengan menggunakan mesin listrik.

Well… Sebenarnya bukan Avanza juga sih, melainkan Beijing Qingxing Jingke 400. Beijing Qingxing itu nama mereknya, Jingke 400 itu nama modelnya, dan kalian ngeh kan kalau mobil ini mirip banget sama Avanza? Jangan heran, soalnya basis mobil ini memang kembaran Toyota Avanza versi China yang namanya FAW-Jilin Senya S80, tapi memang bagian mukanya dibedakan dengan Avanza yang kita kenal. Paling kelihatan di lampu projector dan aksen biru di gril berikut bumper depan.

Melalui foto dari sisi samping ini, kelihatan juga kalau lampu belakangnya beda dengan Toyota Avanza yang kita kenal, Bentuknya memanjang ke samping, bukan tegak ke atas seperti normalnya sebuah Avanza. Interior pun tidak ada Avanza-Avanzanya, apalagi dengan steering switch control, head unit berlayar besar dan kenop AC yang tidak berkesan kompor gas, jadi agak mewah sedikit. Tuas persneling otomatisnya besar juga sih, kalau boleh jujur.

Benda yang bersembunyi di balik kap mesin Jingke 400 ini bukanlah mesin 1.300 cc atau 1.500 cc, melainkan mesin listrik. Ia dipasangi sebuah motor listrik yang mengambil energi dari baterai 45,5 kWh, dan motor listriknya punya tenaga 82 hp dan torsi 220 Nm. Tenaganya kecil, tapi torsinya besar, sebuah ciri khas mesin listrik. Pasti sekali colek pedal gas, Avanza listrik ini bisa lebih ngacir daripada yang bensin.

Total jarak tempuh diklaim bisa mencapai 308 km, tapi Beijing Qingxing mengklaim jika kita lari konstan di 60 km/jam terus, mobil ini bisa berjalan sampai 380 km sebelum harus diisi daya lagi. Tidak seperti Avanza versi Indonesia, Jingke 400 ini hanya 5 seater, jadi tidak ada yang namanya jok baris ketiga. Bagaimana menurutmu, cocokkah mobil yang spartan seperti Avanza tampil seperti ini? Sampaikan di kolom komentar!

News & Photo Credit : Carnewschina.com

Read Prev:
Read Next: