Tujuh Moda Transportasi Mudik, Sesuaikan Kebutuhan Kalian

by  in Berita&Nasional&Serba 7
Tujuh Moda Transportasi Mudik, Sesuaikan Kebutuhan Kalian
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak bosan-bosannya kami membahas perkara mudik, karena memang mudik adalah salah satu momen perpindahan penduduk (sementara) yang sifatnya masif dan terjadi sekali dalam satu tahun. Oleh karena itu, kami pun ingin memberikan sumbangsih dengan memberikan tips-tips ringan untuk mudik. Salah satu hal yang harus kalian tentukan untuk mudik adalah “Mau mudik naik apa?“.

Yap, sudah jelas bahwa transportasi adalah poin utama dalam urusan mudik, bukan masalah membawa pacar ataupun calon istri ke kampung halaman. Lalu, apakah kalian sudah menentukan moda transportasi yang bisa kalian gunakan untuk mudik di tahun 2018 ini? Jika belum, mari kita diskusikan bersama-sama moda transportasi apa saja yang bisa kalian gunakan untuk mudik 2018 ini, cekidot.

1. Mobil Pribadi

Betul sekali, moda transportasi satu ini memang adalah yang paling ringkas, fleksibel dan paling favorit digunakan untuk keperluan mudik. Mengapa? Ya karena kendaraan sendiri, maka kalian bisa gunakan sesuka hati kalian. Namun sekali lagi, jika mengingat beberapa tips mudik sebelumnya, maka kalian perlu memperhatikan banyak faktor jika ingin mudik dengan mobil pribadi. Faktor tersebut adalah seputar kesiapan mobil, baik mesin, kaki – kaki, dan banyak hal lain di sisi teknis mobil yang harus kalian persiapkan dengan matang. Walaupun masih banyak bengkel ataupun posko mudik yang menyiapkan layanan servis, bukankah ada baiknya jika kalian memastikan mobil aman dan bisa beroperasi dengan maksimal hingga kalian kembali dari Mudik.

Selain mesin, sisi manusia juga harus diperhatikan jika kalian ingin mudik dengan mobil pribadi. Sopir harus siap lahir batin, dan harus fokus, serta tak perlu ngoyo mengemudikan mobil hingga berjam-jam. Penguasaan rute dan juga kondisi lalu lintas pun menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pengemudi. Selain itu, pertimbangkan berapa beban angkut kendaraan kalian, jangan sampai kalian mengisi mobil berkapasitas 5 orang dengan 7 orang, kalian mau mudik, bukan sirkus. Jika semua sudah kalian persiapkan, maka mudik dengan mobil pribadi adalah salah satu yang cukup menyenangkan, walaupun kalian harus siap jika jalanan macet, karena pola pikir bahwa mudik lebih menyenangkan dengan mobil pribadi juga dimiliki oleh banyak orang.

2. Mobil Bukan Pribadi

Nah, moda transportasi ini mirip dengan nomor 1, bedanya ada pada kepemilikan. Yap, menjelang lebaran, pastinya banyak rental mobil yang kebanjiran order. Oleh karena itu, jikalau kalian ingin memanfaatkan moda transportasi ini, maka kalian harus bisa pesan jauh-jauh hari. Apa kelebihan moda transportasi ini dibandingkan dengan nomor 1? Mudah, kalian tak perlu mengeluarkan uang untuk persiapan kendaraan, karena hal ini menjadi tanggung jawab pihak rental. Selain itu, ada cukup banyak rental yang juga menyediakan jasa sopir, yang membuat kalian bisa ongkang-ongkang kaki di mobil dan menyerahkan segala urusan menyetir pada jasa sopir. Selain itu, kalian juga masih bisa mendapatkan kapabilitas yang sama dengan moda transportasi yang kami sebutkan di nomor 1.

Lalu apa kelemahan dari moda transportasi ini? Ya waktunya terbatas, namanya juga sewa. Selain itu, kalian tak bisa menuntut kondisi yang perfect dari mobil-mobil sewaan, karena mobil-mobil sewaan kondisinya sangat random, tergantung bagaimana sang pemilik rental merawat unit kendaraan miliknya. Nah, oleh karena itu, moda transportasi kedua ini memang lebih efektif jika diperuntukkan untuk mereka yang mudik dengan jumlah yang sesuai dengan kapasitas mobil, namun tak memiliki kendaraan beroda empat ini. Mahal? Kan bisa patungan.

3. Kereta Api

Jikalau kalian menempuh perjalanan yang jauh, dan kalian enggan untuk terkena macet ataupun mengemudi kendaraan pribadi, maka moda transportasi ini adalah yang harus kalian pertimbangkan. Yap, pihak Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini sudah cukup banyak berbenah, dan kereta api sendiri menjadi moda transportasi yang sangat nyaman. Nah, jika kalian ingin menggunakan moda transportasi ini, maka pastikan kalian sudah memesan tiket perjalanan jauh – jauh hari. Mengapa? Ya karena Moda transportasi ini juga banyak diminati oleh masyarakt Indonesia. Untuk saat ini, pemesanan dari tiket kereta api sendiri bisa dilakukan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Selain itu, kalian juga bisa memesan via aplikasi tour ataupun aplikasi resmi pihak KAI, jadi tak perlu antri berjam-jam di stasiun.

Lalu apa yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan moda transportasi ini? Pertama adalah barang bawaan. Yap, walaupun kondisi di kereta api, khususnya kelas bisnis dan eksekutif sudah sangat terjaga, namun jika kalian membawa barang bawaan berlebihan maka kalian akan merepotkan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, jikalau kalian akan mudik menggunakan kereta api, ada baiknya kalian pertimbangkan barang bawaan. Selain itu, jadwal keberangkatan juga perlu kalian garis bawahi. Jangan sampai kalian sudah menyiapkan segalanya namun batal mudik karena ketinggalan kereta. Pilihlah stasiun yang berukuran cukup besar, karena di stasiun besar biasanya kereta akan berhenti lebih lama.

4. Pesawat Terbang

Nah, bisa dikatakan bahwa moda transportasi ini adalah yang paling ‘spesial’ jikalau kalian ingin mudik. Mengapa? Karena pada umumnya tiket pesawat dipatok lebih mahal dibandingkan dengan moda transportasi lain untuk tujuan yang sama. Hal yang kalian perlu perhatikan juga sama saja seperti kalian naik kereta, pastikan kesediaan tiket, cermati barang bawaan, dan juga jangan sampai ketinggalan pesawat.

Pesawat sendiri dalam beberapa tahun terakhir menjadi moda transportasi yang digemari untuk urusan mudik, lihat saja kondisi bandar udara yang langsung berubah bak terminal disaat arus mudik tiba. Selain itu, banyaknya maskapai penerbangan yang punya harga variatif juga memikat banyak masyarakat untuk menggunakan moda transportasi ini, selain karena moda transportasi ini juga sangat cepat.

5. Bus & Angkutan Umum Antar Kota

Nah, jikalau kalian enggan berurusan dengan pemesanan tiket, dan juga datang ke bandara ataupun stasiun, menggunakan Bus ataupun Angkutan Umum antar kota menjadi hal yang paling masuk akal untuk digunakan. Kenapa? Karena moda transportasi ini pasti selalu ada, selain itu ongkosnya pun tidaklah setinggi Kereta Api ataupun Pesawat terbang. Namun dengan ongkos yang lebih murah, maka kalian akan bertemu kembali dengan musuh utama dari Mudik, yaitu kemacetan.

Yap, memang kalian akan bertemu kemacetan, namun hal positifnya, kalian hanya perlu duduk sebagai penumpang hingga tujuan kalian. Lalu apa tantangannya? Jikalau kalian menggunakan moda transportasi ini, maka keamanan barang bawaan perlu kalian perhatikan, selain itu kalian juga perlu memilih-milih Bus apa yang sekiranya nyaman dan aman. Jangan lupa juga sediakan kebutuhan diri untuk perjalanan.

6. Jasa Travel

Nah, moda transportasi satu ini hampir sama dengan nomor 5, hanya bedanya secara jumlah lebih eksklusif. Yap, jasa travel jaman now lebih banyak mengandalkan mobil – mobil di segmen MPV seperti Toyota Kijang Innova, Suzuki APV, dan Honda Mobilio. Secara umum, persiapan dan hal yang perlu kita perhatikan masih sama seperti kita membawa mobil pribadi maupun mobil rental, hanya saja biayanya ditanggungkan per kepala, dan barang bawaan kalian tak bisa terlalu banyak.

Hal positif menggunakan moda transportasi ini adalah kalian akan dijemput di rumah kalian, dan langsung diantarkan ke lokasi tujuan kalian, selama masih dalam jangkauan layanan sang travel, alias door to door. Hal yang pastinya harus kalian siapkan adalah pemesanan layanan ini, barang bawaan yang secukupnya, dan juga kebutuhan diri kalian.

7. Sepeda Motor

Mengapa kami menempaktkan moda transportasi paling laku di Indonesia ini di posisi terakhir? Ya karena kami tak terlalu merekomendasikan kalian Mudik dengan kendaraan roda dua. Namun apa mau dikata, jikalau seluruh moda transportasi yang kami sebutkan di atas tak bisa mengakomodir kebutuhan Mudik kalian, atau rute Mudik kalian jaraknya relatif dekat. Yang pasti, kalian harus jauh lebih fokus jika akan Mudik dengan kendaraan roda dua, karena kalian akan bertemu bus dan mobil pribadi lain yang juga melaksanakan Mudik. Selain itu, kondisi fisik dan barang bawaan harus kalian pertimbangkan lebih lanjut. Kalian tak bisa membawa barang ataupun orang dengan jumlah banyak. Dua orang dengan dua tas ransel nampaknya sudah menjadi kapasitas maksimal dari sebuah motor. Jika Lebih? Pertimbangkan kendaraan umum, daripada ada kejadian yang tak menyenangkan di jalan.

Nah, itulah beberapa moda transportasi yang kami sarankan untuk kalian gunakan selama Mudik 2018 ini. Kami menyadari bahwa tak semua orang memiliki kendaraan pribadi, dan moda transportasi yang kami sebutkan diatas bisa menjadi solusi. Siapkan diri dan juga selalu berdoa, sehingga Mudik 2018 bisa membawa banyak sukacita bagi kita semua. Bagaimana menurut kalian? Nah, kalau ada moda transportasi lain yang belum kami sebutkan, kalian bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: