Jualan Laris Manis, Astra Daihatsu Sukses Raih Posisi 2 di Jawa Timur

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Jualan Laris Manis, Astra Daihatsu Sukses Raih Posisi 2 di Jawa Timur
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Penjualan mobil di Indonesia tahun 2022 kemarin memang terbilang sangat positif. Walaupun diterpa isu resesi, naiknya harga BBM, dan masih berkutat dengan pandemi COVID-19, nyatanya penjualan mobil nasional sukses menembus angka 1 juta unit. Dan Daihatsu pun juga turut berbahagia karena berhasil mempertahankan posisi kedua secara nasional selama 14 tahun berturut-turut. Lantas, bagaimana jikalau penjualan Daihatsu di daerah? Apakah mencerminkan penjualan nasionalnya? Yuk kita bahas.

LCGC Masih Primadona di Jatim

Kali ini, tim AutonetMagz mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan Bapak David Gunawan, Kepala Wilayah Jatim dan Bali dari PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). Beliau menjabarkan bahwa penjualan Daihatsu di Jatim juga mencatatkan hasil positif. Selain berhasil menjual 18.861 unit sepanjang tahun 2022 kemarin, Astra Daihatsu juga berhasil menduduki posisi kedua di provinsi Jawa Timur dalam hal penjualan. Tipe terlaris dari Daihatsu di Jawa Timur adalah Daihatsu Sigra dengan total penjualan 4.618 unit (24,5%), diikuti Daihatsu Granmax Pickup dengan 4.330 unit (23%) dan Daihatsu Ayla dengan 3.207 unit. (17%).

Nah, komposisi ini cukup unik karena secara nasional ada nama Daihatsu Xenia di posisi ketiga, sedangkan di Jawa Timur berbeda. “Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Contohnya di Bali, penjualan Daihatsu Xenia malah nomor 1. Di Jawa Timur, memang penjualan Xenia masih di bawah Daihatsu Ayla. Pangsa pasar LCGC di Jawa Timur memang masih sangat tinggi. Walaupun begitu, penjualan Daihatsu Xenia terus naik” jelas David. Daihatsu Xenia sendiri terjual sebanyak 2.462 unit sepanjang tahun 2022 lalu di area Jatim, disusul Daihatsu Terios dengan 1.478 unit dan Daihatsu Granmax Minibus dengan 1.440 unit.

Siap Maksimalkan Daihatsu Rocky

Penjualan Daihatsu Rocky juga terbilang unik, karena bercokol di angka 968 unit saja. Padahal, segmen SUV sedang bertumbuh dengan sangat positif. “Program-program penjualan untuk Rocky telah kita perbaiki, dan diharapkan di tahun 2023 ini bisa meningkat. Kalau kita lihat di jalanan, Rocky sudah mulai banyak. Kami juga terus mencari voice of customer. customer pun puas dengan produk rocky. Rocky punya keunggulan yaitu banyaknya varian. Mulai dari yang paling tinggi, hingga yang paling base. Dan itu salah satu kekuatan Rocky yang akan kami manfaatkan” tambah David. Sedangkan Penjualan Daihatsu Luxio mencapai 300 unit, diikuti Daihatsu Sirion dengan 58 unit.

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Jawa Timur, sehingga Daihatsu bisa menutup tahun 2022 dengan raihat positif. Kami optimis, capaian ini bisa dipertahankan di tahun ini. Tahun ini, kami di Jawa Timur menargetkan marketshare di angka 19,3%” jelas David. Pihak Daihatsu juga meminta input dan masukan pada tim media dan publik Jatim jikalau ada koreksi dan saran mengenai layanan mereka pada konsumen. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: