Jerman Berpeluang Menjadi Destinasi Baru Gigafactory Tesla

Jerman Berpeluang Menjadi Destinasi Baru Gigafactory Tesla
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kita sudah tahu bahwa pihak Tesla akan segera memulai produksi mereka di luar Amerika Serikat dengan diresmikannya rencana pembangunan Gigafactory 3 yang berlokasi di kawasan Shanghai, China. Nah, kini beredar lagi kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Tesla juga berniat untuk membangun pabrik perakitan di kawasan Eropa. Dan lokasi yang berpeluang menjadi destinasi baru Tesla adalah Jerman.

Kabar ini sendiri kami kutip via Rheinische Post, dimana sumber menyebutkan bahwa pihak Tesla sedang melihat kemungkinan untuk mendirikan Gigafactory di kawasan North Rhine-Westphalia, yang berada di sisi Barat Jerman. Sumber juga menyebutkan bahwa inspeksi pertama telah dilakukan pihak Tesla untuk mencari tahu peluang pembangunan pabrik mereka. FYI, North Rhine-Westphalia adalah negara bagian di Jerman yang berbatasan dengan Belanda dan Belgia secara langsung. Selain itu, North Rhine-Westphalia juga merupakan negara bagian dengan penduduk yang paling padat di Jerman.

Secara umum, tentunya kondisi geografis dan juga jumlah penduduk di negara bagian ini membuat Tesla tertarik untuk membangun pabrik di lokasi tersebut. Mengapa? Karena jika produk Tesla dibangun di lokasi tersebut, maka distribusi ke negara tetangga di kawasan Benelux (Belgium, Netherland, Luxembourg) juga tidak terlalu jauh. Pun begitu dengan ketersediaan calon karyawannya. Di Negara Bagian North Rhine-Westphalia sendiri sudah ada beberapa pabrikan otomotif. Sebut saja Mercedes-Benz yang ada di kota Dortmund dan Düsseldorf, lalu VW di kota Düsseldorf, dan Ford di Köln.

Tahun lalu, Elon Musk juga menyebutkan bahwa Jerman adalah kandidat terkuat dari calon Gigafactory terbaru dari Tesla. Nah, selain North Rhine-Westphalia, lokasi lain yang juga sempat dilirik oleh pihak Tesla adalah Lower Saxony. Lower Saxony juga merupakan Negara bagian Jerman yang berbatasan langsung dengan Belanda. Di Lower Saxony sendiri ada cukup banyak pabrikan otomotif. Sebut saja VW yang memiliki beberapa pabrik di Emden, Hannover, Osnabrück, Salzgitter, dan Wolfsburg. Lalu MAN Trucks yang punya pabrik di Salzgitter. Dan juga Porsche di Hannover, dan Osnabrück.

Jadi, kita nantikan saja bagaimana perkembangan rencana ini. Kalau menurut kalian bagaimana, kawan?

Read Prev:
Read Next: