Honda Kembangkan Teknologi Airbag Baru, Diklaim Jauh Lebih Aman!

by  in Berita&Honda&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu aspek yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli sebuah kendaraan adalah aspek keamanan. Yap, konsumen jaman now sudah sadar penuh bahwa sisi keamanan dari sebuah mobil adalah bagian yang haram untuk diabaikan. Oleh karenanya, pabrikan otomotif kini bekerja keras untuk terus menghadirkan teknologi dan inovasi terbaru dalam hal keamanan produk mereka, termasuk Honda.

Mengutip laman CarScoops, pihak Honda dikabarkan tengah mengembangkan teknologi Airbag terbaru yang diklaim jauh lebih aman untuk penggunanya. Nah, riset dan pengembangan teknologi terbaru dari Airbag Honda ini dilakukan oleh Honda R&D AMerica yang berada di Ohio. Pihak Honda tidak sendirian dalam mengembangkan teknologi ini, pabrikan asal Jepang ini menggandeng supplier komponen keamanan asal Amerika Serikat, Autoliv. Teknologi Airbag terbaru dari Honda ini rencananya akan mulai diterapkan di mobil – mobil Honda yang dijual di USA per tahun 2020 mendatang.

Jim Keller, Presiden R&D Honda America menyebutkan bahwa teknologi Airbag terbaru Honda ini akan merepresentasikan usaha berkelanjutan pabrikan Jepang ini untuk menghadirkan sistem keselamatan yang canggih. Bahkan, tidak berhenti sampai disana, Keller juga menyatakan bahwa Airbag baru ini akan mengakomodir macam – macam skenario kecelakaan, dimana tantangan yang hadir adalah untuk meminimalisir dampak pada penumpang jika terjadi kecelakaan. Lantas, apa perbedaan antara Airbag biasa dan Airbag baru milik Honda ini? Coba perhatikan bentuk Airbag di gambar terlampir.

Jika kalian perhatikan dengan seksama, ada perbedaan yang kentara secara bentuk antara Airbag baru ini dengan Airbag yang kita kenal. Airbag baru dari Honda ini bak sebuah sarung tangan baseball yang memiliki sisi sayap di kanan dan kiri. Nah, bagian sayap ini disebut dengan nama sail panel. Bagian ini bakal ‘menangkap’ kepala dari pengguna, sehingga kepala akan berada di posisi yang aman. Hal ini dilakukan supaya kepala penumpang tidak mengalami cedera yang serius, karena di Airbag biasa yang tidak ada sail panel-nya ada kemungkinan kepala akan bergeser ke bagian lain (Bisa Dashboard atau pilar A).

Jadi, kita nantikan saja bagaimana realisasi dari Airbag terbaru milik Honda. Dan tentunya untuk mengukur apakah teknologi ini lebih efektif atau tidak dibandingkan dengan Airbag yang kita kenal, maka perlu ada pengujian lebih lanjut oleh lembaga independen. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: