BMW Vision Next 100, Konsep Mobil 100 Tahun Mendatang ala BMW

by  in BMW&International&Mobil Konsep
BMW Vision Next 100, Konsep Mobil 100 Tahun Mendatang ala BMW
0  komentar
BMW-Vision-Next-100-2016-front

AutonetMagz.com – Kemajuan jaman yang tadinya masih berada di alam fantasi di kartun kartun favorit anda, katakanlah Doraemon, seakan benar-benar menjadi kenyataan. Contohnya seperti mobil dengan pengendaraan otomatis, memang kita yakin mode auto-pilot di mobil akan datang namun sepertinya belum datang dalam waktu dekat. Tapi kemajuan teknologi yang pesat membuat kita akan segera menjumpainya pada tahun 2020.

Lalu bagaimana dengan 100 tahun lagi? tentunya akan lebih dari sekedar teknologi otonom, bahkan tidak mustahil kalau bentuknya tidak akan seperti “mobil” pada masa kita. Wajar toh, kakek buyut anda sekarang mungkin kaget melihat jalanan bukan dipenuhi dokar tapi dipenuhi benda jangkung dengan ban gajah plus 7 tempat duduk tanpa kuda bernama Avanza.

BMW-Vision-Next-100-2016-side

Pada ulang tahun ke-100 dari BMW yang dirayakan di Geneva Motor Show 2016, BMW sedikit usil dengan membuat konsep dengan tema “bagaimana transportasi 100 tahun kedepan?”. Meskipun mereka sangat kaya dengan pengalaman dan sejarah tentang kendaraan selama 100 tahun terakhir ini, mereka lebih memilih menggambarkannya dengan konsep mobil 100 tahun ke depan ala BMW. Hasilnya adalah konsep BMW Vision Next 100 seperti yang kita lihat ini.

Secara tampilan memang terlihat sulit untuk dicerna mata, kalau tidak mau dibilang aneh, tapi model ini adalah penggambaran kendaraan 100 tahun mendatang yang dipikirkan BMW. Ya seperti yang saya katakan tadi, 100 tahun mendatang mungkin bentuknya tidak akan berbentuk seperti “mobil” yang kita yakini sekarang. Namun saya dapat merasakan aura “sharknose” yang diadaptasi BMW pada tahun 70′-80′ an.

BMW-Vision-Next-100-2016-interior

Secara tampilan model ini adalah coupe empat pintu yang dilengkapi dengan teknologi otonom sehingga kabinnya bisa dirubah menjadi tempat bersantai bila kita mengaktifkan mode self-driving. Sehingga setir dan center console yang tadinya memenuhi dashboard dapat terlipat secara otomatis dan ringkas sehingga menambah keleluasaan. Tapi ini bukanlah Prius ala BMW, oleh karena itu di mobil ini ada boost mode dimana pengemudi bisa mengambil alih kontrol kemudi dan proyeksi di kaca depan menyesuaikan dengan garis berkendara secara ideal, titik mengemudi dan kecepatan yang disesuaikan dengan mereka.

Hal yang menarik dari mobil ini adalah overfendernya yang fleksibel dan elastis dengan menyesuaikan ban mobil. Bagian bodi mobil terbuat dari campuran carbon dan plastik menyatu dengan bagian bodi plat besi, model inilah yang bisa dibilang fitur paling menarik yang muncul di masa depan. BMW Vision Next 100 memang cukup gamblang memperlihatkan masa depan 100 tahun kemudian, tinggal seberapa akurat konsep ini akan dipertanyakan di 100 tahun mendatang. Bagaimana pendapat anda? Monggo ditonton terlebih dahulu penjelasan video dari BMW sebelum memberi corat-coret di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • ekkyfir

    Sejujur nya masih rada susah mencerna semua nya sih yg ada di bmw vision next 100 ini, asli kagum plus bingung :v tp setuju sm bang yuda, itu ban sm fender keren bgt…. Bisa elastis gt

  • zul ari

    hmhmhm……jadi kepikiran gimana ya bentuk avanza 100 tahun lagi ?

    • Levi

      Jadi All New Avanza Premium Sound Reborn ?

  • joni MOPAR

    mirip babi

  • farid

    Kalau BMW melakukan imajinasi dgn mobil ini seperti apa mobil 100 tahun kedepan,kenapa gak sekalian diwujudkan menjadi versi produksi terus mulai dipasarkan tahun 2116(100 tahun dari sekarang)