Jaguar Land Rover Akan Gunakan Nomenklatur Baru

by  in Berita&International&Jaguar
Jaguar Land Rover Akan Gunakan Nomenklatur Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Tiap pabrikan tentunya memiliki nomenklatur alias pola penamaan yang khusus untuk setiap produk – produk yang dijualnya, contohnya lihat saja duet pabrikan Jerman BMW dan Mercedes-Benz. BMW memiliki produk dengan nama BMW 320, maka merujuk pada sedan seri 3 dengan kubikasi mesin 2.000 cc, sedangkan jika Mercedes-Benz memiliki seri E300 maka merujuk pada sedan E-Class dengan kubikasi mesin 3.000cc. Beda merk tentu beda pula nomenklaturnya.

Dan kali ini Jaguar Land Rover akan merubah nomenklatur yang selama in mereka gunakan dengan pola yang baru. Pola penamaan ini sendiri akan efektif per tahun 2018 mendatang. Dikutip dari AutoExpress, pola penamaan baru dari Jaguar Land Rover sendiri terpantau dari produk baru mereka, yaitu Jaguar F-Type Prototype yang di bagian bodynya menggunakan emblem bertuliskan ‘P380 AWD’. Kira – kira apa arti nomenklatur itu? Tenang, tak akan sesulit nomenklatur Audi terbaru yang perlu melihat spesifikasi lebih lanjut.

Penulisan ‘P380 AWD’ sendiri sebenarnya memiliki makna yang sederhana, huruf ‘P’ memiliki arti ‘Petrol’, dimana mobil tersebut menggunakan mesin berbahan bakar non-solar, alias bensin biasa. Sedangkan angka ‘380’ setelahnya akan menunjukkan besaran tenaga dari mobil yang berarti 380 PS. Sedangkan tulisan ‘AWD’ sepertinya sudah jelas bahwa mobil tersebut menggunakan sistem gerak semua roda. Jadi, untuk produk – produk dari Jaguar Land Rover diprediksi akan disetarakan nomenklaturnya seperti model tersebut. Dan contoh lain, jika saat ini Jaguar F-type termurah yang dijual memiliki tenaga 300 PS, maka nama mobil tersebut akan mendapat tambahan ‘P300’ di sisi belakang.

Dan selain Jaguar, produk – produk dari Land Rover juga akan mendapatkan perlakuan yang sama, contohnya Range Rover Velar akan memiliki nama ‘D180’, dimana ‘D’ akan memiliki arti mobil tersebut menggunakan mesin Diesel dan angka ‘180’ adalah besarnya tenaga dari Velar yang 180 PS. Dan di masa depan, nomenklatur dari Jaguar Land Rover pun akan bertambah selain ‘P’ dan ‘D’ yang mewakili Petrol dan Diesel, dimana akan ada seri Jaguar I-Pace yang akan dirilis di 2019 mendatang dengan nama ‘E400’ dimana ‘E’ akan menggambarkan ‘Electric’ dan 400 adalah besarnya tenaga mobil yang mencapai 400 PS.

Sedangkan untuk varian hybrid yang akan hadir di Range Rover Sport diperkirakan akan menggunakan awalan huruf ‘H’. Tentunya hal ini memberikan sedikit penyegaran pada produk – produk Jaguar Land Rover, dan setidaknya dengan melihat emblem dari nomenklatur baru ini, kita bisa membedakan produk – produk Jaguar Land Rover dari sisi spesifikasi dan mesin. Bagaimana menurut kalian? yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: