Setelah Indonesia, Chevrolet Berhenti Berjualan di Thailand

Setelah Indonesia, Chevrolet Berhenti Berjualan di Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa bulan lalu kita dikejutkan dengan keputusan dari General Motors Indonesia yang angkat kaki dari pasar Indonesia. Chevrolet yang menjadi merk di bawah naungan GM Indonesia akan berhenti beroperasi per bulan Maret 2020 ini. Kabar terbaru dan mengejutkan lainnya baru saja muncul, dimana pihak General Motors Thailand juga menyatakan diri akan angkat kaki dari Thailand per akhir tahun 2020 ini. Mari kita bahas lebih jauh.

Pernyataan ini sendiri disampaikan langsung oleh President and Managing Director, GMIO Strategic Markets, Alliances & Distributors, Mr Andy Dunstan. Andy menyebutkan bahwa General Motors akan berhenti menjual mobil – mobil Chevrolet di pasar Thailand per akhir tahun 2020 ini. Hanya saja, walaupun tidak akan menjual mobil baru di Thailand setelah tahun 2020 ini, namun pihak GM masih akan stay di Thailand guna menyediakan layanan 2S alias Service dan Spareparts bagi mobil – mobil Chevrolet di Thailand. Sedangkan untuk pabrik perakitan GM di Rayong, Thailand sendiri sudah dijual oleh pihak GM pada Great Wall Motors China.

General Motors sangat memahami bahwa akan ada dampak pada karyawan dan parter kami karena keputusan ini. Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi karyawan, partner, dan semua yang terlibat dalam bisnis kami selama ini dengan penuh respect”, ujar Andy. “General Motors telah mempertimbangkan banyak keputusan untuk mempertahankan Chevrolet di pasar Thailand, namun kenyataanya tidak ada lagi basis produksi Chevrolet di Thailand, dan Chevrolet tidak bisa berkompetisi dengan baik di pasar otomotif Thailand”, tambahnya.

Andy juga menyampaikan bawah sejatinya GM Thailand sudah melakukan studi dan analisa terkait business plan dari mobil baru di Thailand. Hanya saja, utilisasi dari pabrik di Rayong masih minim, termasuk untuk pasar domestik maupun ekspor. Kebijakan yang diambil oleh GM Thailand ini sendiri disebut sebagai bagian dari kebijakan globa yang ada di kubu GM. Beberapa menit lalu kami juga sudah menyampaikan bahwa GM akan menyudahi eksistensi dari Holden di pasar Australia dan New Zealand per tahun 2021 mendatang.

Kami sendiri agak menyayangkan keputusan GM yang menghentikan penjualan di Indonesia dan Thailand. Semoga di waktu yang akan datang ada kesempatan bagi Chevrolet dan GM untuk comeback ke pasar – pasar tersebut.

Read Prev:
Read Next: