Intip Wuling Starlight, Sedan Listrik Pertama Wuling!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Intip Wuling Starlight, Sedan Listrik Pertama Wuling!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai pabrikan yang cukup concern pada energi baru, Wuling terus berinovasi dengan jajaran produknya. Jika sebelumnya jajaran EV-nya kebanyakan memiliki bentuk mobil micro atau kompak, maka kini mereka mencoba bermain di segmen sedan. Hmmm, kenapa sedan? Bukannya sedan jualannya minim? Eits, itu kan di Indonesia. Beda cerita kalau kita lihat pangsa pasar di China. Oleh karenanya, yuk kita intip sosok Wuling Starlight. Cekidot.

Sedan Listrik Pertama Wuling

Jadi, Wuling Motors di China sedang mempersiapkan kehadiran dari sedan listrik pertama mereka yaitu Wuling Starlight. Mobil ini direncanakan hadir dalam waktu dekat ini, yaitu di penghujung tahun 2023. Designwise, Wuling Starlight tampil dengan bentuk yang menurut kami cukup enak dipandang. Lampu utamanya diposisikan sedikit ke bawah dengan LED DRL berbentuk garis lurus di sisi atasnya. Sedangkan grille-nya nampak dibentuk seperti lubang kecil ala sirip yang pattern-nya nampak cukup elegan saat disandingkan dengan logo silver Wuling. Sedangkan di bagian radiator grille juga didomunasi warna gelap dengan aksen krom di sisi pinggirnya yang masih minimalis.

Secara umum, kami melihat Wuling cukup cerdas mendesain wajah depan Wuling Starlight sehingga aura mewahnya keluar. Namun, di saat yang sama, kami juga sekilas merasakan aura ala OMODA 5 di wajah depannya. Di bagian samping, Wuling Starlight menggunakan velg ala mobil listrik yang lubangnya dibuat seminim mungkin. Sedankan bentuk sampingnya secara umum mengingatkan kami pada Honda Accord ataupun jajaran mobil Genesis karena menggunakan kaca kecil di antara pilar C dan D. Sedangkan di bagian belakang, Wuling Starlight menggunakan kampu yang cukup eye catching karena bentuknya yang memanjang secara horisontal dan membentuk sudut lancip di sisi terluarnya.

Oiya, kalau kalian perhatikan, nampaknya pintu bagasi mobil ini dibuat ala-ala liftback. Atau malah memang liftback? Sayangnya belum ada informasi resminya. Berbeda dengan bumper depannya, bumper belakang Wuling Starlight malah kesannya cukup ramai dengan aksen hitam, reflektor, ornamen krom, bahkan tarikan-tarikan garis di bumper dan area plat nomornya dibuat cukup tegas. Buritannya nampaknya bukan selera semua orang, namun setidaknya memberikan ciri khas tersendiri bagi Wuling Starlight. Oiya, Wuling Starlight sendiri bakal hadir dalam format BEV maupuh PHEV, jadi tidak hanya opsi listrik saja ya.

Seukuran Accord & Camry, Harga 322 Jutaan?

Wuling Starlight sendiri bakal jadi sedan Wuling paling bongsor dengan dimensi panjang 4,8 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,5 meter. Jarak sumbu rodanya pun mencapai 2,8 meter. Jadi, nggak salah kalau secara dimensi sebenarnya Wuling Starlight head to head dengan Honda Accord ataupun Toyota Camry. Wuling Starlight menggunakan motor listrik berkode TZ180XS2A0 bertenaga 100 kW buatan Inboer Electric. Sedangkan baterainya menggunakan model Lithium Iron Phosphate (LFP) yang sayangnya belum jelas berapa kapasitasnya. Itu untuk varian BEV. Untuk varian PHEV, Wuling Starlight akan mengandalkan mesin 1.500cc buatan Saike Tech dan dipadukan dengan motor listrik yang output tenaganya 76 kW.

Wuling Starlight akan hadir dengan 6 opsi warna, yang kesemuanya merupakan warna-warna elegan seperti putih, ungu, hitam, grey, beige, dan sebagainya. Wuling Starlight akan diproduksi di pabrik SGMW yang ada di Chingqing, Liuzhou, dan Qingdao. Belum jelas berapa harga jual Wuling Starlight, namun beredar kabar bahwa harganya ada di kisaran 150 ribu Yuan atau sekitar 322 jutaan Rupiah. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber : Xchuxing

Gallery Foto Wuling Starlight EV

Read Prev:
Read Next: