Inilah Alasan Toyota Kembali ke WRC

Inilah Alasan Toyota Kembali ke WRC
0  komentar
Toyota-Yaris-WRC

AutonetMagz.com – Jika ada yang lupa, kami ingatkan kembali bahwa Toyota segera kembali ke ajang reli dunia alias WRC. Di sana, mereka akan mengandalkan Yaris WRC bermesin 1.600 cc turbo dengan tenaga 300 hp, siap untuk menjegal Ford Fiesta, VW Polo, Hyundai i20 dan lain-lain. Kepala timnya adalah Tommi Makinen, mantan juara reli dunia yang namanya diabadikan Mitsubishi melalui Lancer Evolution 6,5 Tommi Makinen Edition.

Tentunya ada pertanyaan, tumben Toyota mau balik lagi ke WRC setelah sekian lama pensiun, apa alasannya? Menurut Akio Toyoda,”Karena jalananlah yang membuat mobil. Kami mencari jenis-jenis jalanan yang berbeda di seluruh dunia. Tidak ada batas untuk membuat mobil yang lebih baik dari hari ke hari.” Tambah Toyoda,”Sekali lagi, saya merasakan sesuatu yang mendalam antara komunikasi saya dan jalanan. Sangat menyentuh.”

Toyota-Yaris-spek-reli-dunia

Sepertinya Toyoda ingin total dalam merepresentasikan slogan Toyota di Jepang yang berbunyi,”Fun to Drive. Again.” Ingat, di Jepang ya, bukan di sini.”Kita kembali ke WRC  untuk bisa membuat mobil yang lebih baik, membuat lebih banyak orang tersenyum. Reli itu digelar di jalanan di mana orang akan berkendara sehari-hari, dan mobil reli berasal dari mobil yang dijual di pasar. Kami akan terus berkomunikasi dengan jalanan untuk meningkatkan kemampuan kami dalam membuat mobil yang lebih baik,” ungkap Toyoda.

Pernyataan ini didukung kuat dengan video baru yang diunggah di media sosial Toyota yang menyorot khusus ajang TRD Rally Challenge di Jepang dan Australia. Di video ini, terlihat sebuah Toyota 86 4WD dipacu di berbagai kondisi jalanan, baik itu tanah, kerikil, jalanan basah maupun kering. Mobil itu dikendarai oleh Akio Toyoda sendiri.

toyota-86-4wd

Menurut beberapa sumber di luar sana, Yaris WRC akan memulai tes reli pada bulan ini. Okelah, mungkin memang pesona Yaris WRC belum seheboh Celica GT4 tim Toyota Castrol yang legendaris itu, tapi langkah ini patut dihargai. Penasaran dengan video dari Toyota? Simak tayangannya di bawah ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

We are looking for different types of roads all over the world.There is no limit to making ever-better cars.So we are coming back to the WRC road.#Car#Vehicle#TOYOTA#WRC#Rally

Posted by Toyota Global on Wednesday, March 30, 2016

Read Prev:
Read Next:
  • haikal fahmi almaidani

    Yaris WRC? Wooow. Impresif.

    Apalagi kepala timnya Tommi Makinen. Tapi, kenapa ya Tommi Makinen hijrah dari Mitsubishi ke Toyota? Padahal kan Tommi Makinen identik dengan Mitsubishi.

    • Aryo Wicaksono

      tahun terakhir balap Tommi Makinen pake Subaru, lho. trus subaru anak perusahaan toyota, jadi wajar TM direkrut toyota.

      • Apri

        subaru anak perusahaan toyota? serius bro?

        • Aryo Wicaksono

          iya. kan Hachiroku dan BRZ itu hasil kerjasama induk dan anak perusahaan yang bisa kita nikmati.

        • Always35

          Lumayan kok anak perusahaan toyota, ada yamaha, daihatsu, hino, subaru, isuzu. Tapi subaru sama isuzu saham toyota masih minoritas~

          CMIIW

      • pescarolo

        Subaru trhadap Toyota itu lebih ke partnership daripada anak perusahaan mas, dan Toyota itu cuma minor stakeholder d FHI.

        • Johnny MacRea

          Iya betul tuh bro, subaru toyota masih cuman hubungan partnership

      • haikal fahmi almaidani

        Tommi Makinen pakai Subaru di akhir karier balapnya?

        Subaru anak perusahaan Toyota?

        Wah. Saya baru tau fakta ini, mas. Berarti, saya ketinggalan informasi dong.

  • Aryo Wicaksono

    walaupun aku sendiri berharap Citroen, Ford, atau Peugeot juara lagi, lumayan lah toyota kembali ke WRC dengan yaris, apalagi kelas R3 pakai Hachiroku seperti AE86 sedan dulu juara reli di kelas penggerak dua roda. udah bosen dengan volkswagen dan hyundai.

  • Dio Abdala

    Toyota 86 atau subaru brz? Ane sih pilih subaru, lebih murah soalnya

  • Upik Upike

    Honda gak ngikut juga nih turun ke WRC?

    • Aryo Wicaksono

      hmm, sasis civic type-r fk2 nggak punya terowongan transmisi seperti fd2 jadi nggak bisa dibikin jadi penggerak empat roda cuma bisa jadi penggerak roda depan, Gan. 😐 doakan saja aku bisa bikin civic atau fit jadi lebih bagus seperti dulu lagi, dikasih terowongan transmisi juga biar bisa jadi penggerak empat roda.

      • farid

        honda gak cuma jago bikin mobil FWD gan,honda juga punya teknologi penggerak AWD nya sendiri yg disebut SH-AWD yg dipake di model acura dan supercar NSX

        • Aryo Wicaksono

          nah, cuma awd honda sekarang nggak pakai propeller shaft, tapi pakai motor listrik jadi mobil hibrida. mau dipasang transmisi wrc xtrac bingung euy nggak ada tempat.

    • Levy Simanjuntak

      Honda bentar lagi punya nsx, yang gak kalah fenomenal tentunya.. pengen ngegondol atu kerumah :v

  • nusantara nusantara

    di F1 ada mercedes & ferrari, rally dakar ada Peugeot & mini, wtcc ada Citroën & Chevrolet, indy car pake chevrolet & honda, kejurnas itcc ahon jazz menang terus, nah cuman di nascar us menang (taon lalu)

    toyota toyota, kasian banget ente, jualan banyak, untung gedhe,mau mengenang pegang piala wrc kayak awal taon 90an, Imho, toyota cuma jago jual mobil doang, dari pada duit riset buat balap, mending kurangan margin penjualan boil aj, biar gak over price

    • farid

      Toyota juga pernah ikut balap F1 dgn tim panasonic toyota racing dan mesinnya itu asli rancangan toyota lho bukan dicomot dari mesin lain,walau prestasinya gak bagus amat di F1.soal balapan toyota punya reputasi balap yg bagus,sebut saja balap rally dgn mobil celica yg legend itu dan balap endurance seperti balap le mans 24 hour

  • Arya Tresna Kamajaya

    Semoga slogan “Fun To Drive. Again” itu menyebar keluar Jepang ya, khususnya Indonesia. Hehehe

  • Enrile Indro Prasetyo

    Toyota Yaris TMG Sportivo Ultimo..

    • alfian

      Beda yaris ini benar2 sportivo beda dengan yaris sportipu….

    • qoqo

      Dipikir2 kenapa konsonannya banyak O-nya ga.

      Yaris Sportivo Utomo Santoso Kuncoro Suwondo. Edisi khusus dengan GPS bahasa jawa.