Inilah Mazda Flair, Kei Car Kembaran Suzuki Wagon R Stingray di Jepang

Inilah Mazda Flair, Kei Car Kembaran Suzuki Wagon R Stingray di Jepang
0  komentar
mazda-flair

AutonetMagz.com – Tadinya kami pikir kalau masa iya sih ini benar terjadi, tapi memang fakta kalau Mazda dan Suzuki punya sejumlah model kembar sebagai hasil kerja sama antar keduanya. Sebut saja Mazda Carol dan Suzuki Alto, Mazda VX-1 dan Suzuki Ertiga dan masih banyak lagi. Yang paling baru, Mazda me-rebadge Suzuki Wagon R Stingray untuk dijual sebagai kei car Mazda Flair. Ingat, Suzuki Wagon R Stingray ya, bukan Suzuki Karimun Wagon R GS.

mazda-flair-models

Dari ketiga model Suzuki Wagon yang memiliki muka berbeda, semuanya di-rebadge oleh Mazda. Yang paling mirip dengan Suzuki Wagon R Stingray adalah Mazda Flair Custom. Kami tak tahu, habis membaca artikel ini apa pemilik LCGC Suzuki Karimun Wagon R GS akan langsung berburu logo Mazda untuk menggantikan logo Suzuki biar bisa mengaku-ngaku sebagai Mazda Flair? Semoga tidak sih ya.

interior-bunga-mazda-flair

Interiornya pun persis dengan Suzuki Wagon R Stingray, masih dengan desain dashboard ala kadarnya dan minus penutup glove box bawah. Ada hal centil yang ditawarkan Mazda bagi para wanita yang berminat membeli Mazda Flair, yakni opsi interior Flower Style yang membungkus semua jok dengan bahan bermotif bunga-bunga berwarna pink. Pasti bakal jadi kesukaan para wanita kalau interiornya bermotif bunga seperti itu.

kepraktisan-interior-mazda-flair

Meski kecil, akomodasi dan kepraktisannya masih bisa diandalkan. Bagasinya memang bukan yang paling luas di kelasnya, tapi kami salut dengan pelipatan kursinya. Selain jok belakang bisa dilipat rata lantai, jok penumpang depan juga bisa dilipat rata lantai. Meski begitu, melipat jok depan perlu sedikit waktu ekstra, sebab mekanismenya sama seperti melipat jok baris kedua Nissan Grand Livina, yakni sandaran punggung dan tempat duduknya dilipat terpisah.

kabin-mazda-flair

Kalau soal fitur, jelas Mazda Flair dan Suzuki Wagon R Stingray di Jepang sana bisa membuat LCGC Suzuki Karimun Wagon R GS di Indonesia kelihatan seperti mobil tahun 1980-an. Selain memiliki pencahayaaan interior berwarna biru yang futuristik, kita juga dapat keyless entry, push button start, automatic climate control, jok berpemanas , serta sistem ISG yang sama seperti Suzuki Spacia.

Tak hanya fitur kenyamanan dan pendukung kehematan BBM saja, tapi segala fitur keselamatan canggih sudah menjadi standar Mazda Flair. Sebut saja stability control, traction control, dual airbags serta auto braking yang aktif hingga 30 km/jam.

fitur-safety-mazda-flair

Seperti umumnya kei car, mesinnya harus berspesifikasi 660 cc 3 silinder agar dapat keringanan pajak dari pemerintah Jepang. Transmisinya hanya ada pilihan manual dan CVT saja, sementara penggeraknya ada pilihan 2WD dan 4WD. Jangan harapkan performanya, tapi harapkan efisiensinya. Konsumsi BBM teriritnya menurut tes JC08 Jepang mencapai 33 km/liter. Masih okelah untuk bersaing dengan kei car lainnya.

varian-mazda-flair

Harga termurah Mazda Flair di Jepang adalah 1.155.600 Yen (125,7 juta Rupiah) dan termahalnya mencapai 1.737.720 Yen (189,1 juta Rupiah). Ingin mobil ini dijual di Indonesia? Jangan harap. Mazda membuat Flair khusus untuk dijual di Jepang saja. Lagi pula agak tengsin kalau sudah mahal-mahal beli Mazda Flair CBU dari IU seharga 300 jutaan lebih disamakan dengan LCGC Suzuki Karimun Wagon R GS yang harganya hanya setengah atau bahkan sepertiganya.

Bagaimana menurutmu Mazda Flair ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: