Dinantikan di Indonesia, Karimun Melar ini Justru Hadir di Cina

Dinantikan di Indonesia, Karimun Melar ini Justru Hadir di Cina
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya sebuah kekecewaan dimana beberapa tahun lalu sempat hadir sebuah versi konsep dari Suzuki Karimun Wagon R yang memiliki konfigurasi 7 penumpang, namun sampai kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, PT Suzuki Indomobil Sales masih belum terlihat bergerak merealisasikan versi melar dari Suzuki Karimun Wagon R.

Kabar terbaru justru cukup mengejutkan, dimana sebuah mobil putih yang memiliki tampang ala Suzuki Karimun Wagon R justru termonitor memiliki bodi yang lebih panjang, namun bukan di Indonesia namun di Negeri Tirai Bambu, Cina. Mobil ini seolah adalah bajakan dari Suzuki Karimun Wagon R, namun kami sedikit tergelitik, mengapa membajak versi LCGC dari Suzuki? Toh biasanya kalau dibajak adalah Mobil – mobil dengan harga selangit macam Porsche Macan, atau Range Rover Evoque. Namun apa yang terlihat mata memang kadang tidaklah sesungguhnya benar, karena sejatinya mobil ini bukan sekedar versi bajakan dari Suzuki Karimun Wagon R.

Mobil ini adalah Changhe Beidouxing, yang jika ditilik dari sejarah merupakan versi Cina dari Suzuki Karimun. Changhe sendiri merupakan kompatriot bisnis Suzuki di dataran Cina, dan Changhe Beidouxing sendiri sudah ada sejak generasi Suzuki Karimun kotak yang kita kenal pada akhir tahun 90 an tersebut. Dan sama seperti varian terbarunya ini, Changhe Beidouxing versi lawas pun memiliki body yang lebih panjang dari Suzuki Karimun kotak yang mudah kita temui di jalanan tanah air. Kembali ke Changhe Beidouxing generasi terbaru, mobil ini dikabarkan sudah siap dirilis dan sekitar September 2017 mendatang mobil ini akan mengaspal.

Changhe Beidouxing generasi terbaru ini akan diproduksi di pabrik Changhe Auto yang sekarang sudah merupakan bagian dari Beijing Auto Industry Corporation ( BAIC ). Namun beberapa kabar yang beredar menunjukkan bahwa setelah pengambil alihan Changhe Auto oleh BAIC, perjalanan perusahaan ini makin tak menentu. Walaupun begitu, Suzuki Beidouxing sendiri masih dijual saat ini dengan harga 39.900 Yuan hingga 44.900 Yuan, atau setara 78,3 juta Rupiah hingga 88,1 juta Rupiah yang menggendong mesin 1.400 cc bensin bertenaga 97 hp. Selain Suzuki Beidouxing, masih ada pula Changhe Beidouxing X5 yang masih dijual, dan model ini adalah model bertubuh panjang yang dijua oleh pihak Changhe dan Suzuki.

Untuk Changhe Beidouxing generasi terbaru akan memiliki ukuran yang lebih melar dibandingkan Changhe Beidouxing maupun Changhe Beidouxing X5. Changhe Beidouxing Generasi terbaru akan memiliki panjang 3950 mm dengan lebar 1740 mm dan tinggi 1690 mm. Dimensi tersebut tentu cukup mirip dengan versi konsep Suzuki Karimun Wagon R yang memiliki tujuh tempat duduk. Jarak sumbu roda dari Changhe Beidouxing generasi terbaru ini juga memanjang hingga menjadi 2.530 mm. Belum ada kabar yang jelas terkait basis pengembangan dari Changhe Beidouxing generasi terbaru, yang jelas mobil ini akan meneruskan mesin 1.400 cc bensin yang dimilikinya, walau kini tenaganya naik menjadi 101 hp.

Yang jelas selain lampu depan dan siluet body damping yang memang ditengarai diambil dari Suzuki Karomun Wagon R, sudah tak ada lagi kesan Suzuki di Changhe Beidouxing generasi terbaru, bahkan emblem Suzuki pun sudah absen di mobil ini. Yang ada sekarang adalah emblem Beiqi Changhe di sisi kiri, dimana Beiqi merupakan akronim dari Beijing Qiche yang berarti Beijing Auto. Sedangkan emblem di sebelah kanan adalah nama sang produk, Beidouxing. Secara keseluruhan, mobil ini memang tak rupawan, dimana tampang deoan yang jelas menggunakan lampu Suzuki Karimun Wagon R GS, dengan grille krom mirip milik Toyota Calys serta LED DRL dan foglamp yang berdampingan.

Bumper depannya sendiri cukup simpel dan tak banyak bentuk yang atraktif, sedangkan dari sampin mobil ini menganut velg model kipas yang biasa saja secara desain. Jika menilik dari samping pula, maka kita pasti menyimpulkan kesan Suzuki Karimun Wagon R cuku kuat kecuali pilar C ke belakang. Sedangkan bagian belakang justru terkesan kurang cantik dengan lampu yang kotak dan kaca belakang yang …. begitulah. Walau begitu, mobil ini dilengkapi dengan empat titik sensor parkir, rear upper spoiler dengan high mount stoplamp, wiper belakang dan mata kucing. Mobil ini sebenarnya adalah bukti bahwa Suzuki Karimun Wagon R bisa dibuat melar, walau memang belum ada konfirmasi apakah Changhe Beidouxing generasi terbaru berkonfigurasi 7 penumpang atau tidak, namun sebenarnya Suzuki Indonesia tentunya mampu membuat mobil macam ini kan? Bagaimana menurut kalian? Tapi desainnya nggak seperti ini juga sih, hehehe.

Sampaikan pendapatmu ya kawan.

Sumber Foto : Carnewschina.com

Read Prev:
Read Next: