Inilah Toyota FC Bus, Bus Bertenaga Hidrogen

Inilah Toyota FC Bus, Bus Bertenaga Hidrogen
0  komentar

AutonetMagz.com – Yang suka naik Trans Jakarta mungkin sudah tidak asing dengan bus berbahan bakar gas atau yang disingkat BBG. Itu langkah bagus, namun untuk ke depannya mungkin bisa dipertimbangkan soal bus lain yang tidak hanya soal transportasi massal, namun juga soal ramah lingkungan. Toyota Fuel Cell Bus ini contohnya, bus ini memakai tenaga hidrogen dan siap menebus kemacetan di Jepang.

Namanya simpel saja, Toyota FC Bus, dan FC sudah pasti Fuel Cell. Bus ini menggunakan sumber tenaga yang sama seperti Toyota Mirai, namun dikembangkan lagi supaya tidak kedodoran membawa bobot yang jauh lebih berat. Sepasang motor listrik siap untuk menghasilkan tenaga masing-masing 125 hp dan torsi 338 Nm, jadi jika ditotal, bus ini adalah bus hidrogen bertenaga 250 hp dan bertorsi 676 Nm.

Mesin mobil listrik Toyota Mirai engine 2015

Di balik kulitnya, Toyota FC Bus membawa tak kurang dari 10 tangki untuk menampung hidrogen yang memungkinkannya untuk menempuh jarak sepanjang 198,4 kilometer dari kondisi tangki penuh hingga habis. Tidak jauh-jauh amat memang, tapi pengisian tangkinya bisa dikerjakan dalam waktu kurang lebih 10 menit. Bus ini tidak berisik, minim kabel dan hanya menghasilkan emisi berupa uap air, bukan emisi karbon.

Tidak hanya itu saja, karena seperti Toyota FCV Plus dan Honda Clarity Fuel Cell, Toyota FC Bus punya baterai nickel-metal hydride  (NiMH) 235kWh yang bisa dipakai sebagai sumber listrik darurat. Kasarnya, ini powerbank yang berbentuk bus. Kedengarannya menjanjikan, namun jangan harap Pemprov DKI Jakarta, Jabar, Jateng, D.I. Yogyakarta dan provinsi lain di Indonesia bisa langsung pesan bus ini.

mesin-toyota-mirai

Alasannya, selain karena pemerintah Indonesia tidak pernah memberikan keringanan untuk kendaraan ramah lingkungan, harga Toyota FC Bus ini cukup mahal, sekitar 100 juta yen (12,5 M Rupiah). Sebagai perbandingan, bus biasa yang bermesin diesel harganya bisa 4-5 kali lebih murah, tergantung model. Toyota yakin, mereka bisa menjual setidaknya 100 unit sampai tahun 2020. Apa opinimu mengenai bus ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: