First Impression Review All New Toyota Kijang Innova 2016

First Impression Review All New Toyota Kijang Innova 2016
0  komentar

Review Innova baru All New 2015 - 2016AutonetMagz.com – Hampir 30 tahun nama Toyota Kijang dikenal di masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi, jadi jangan heran kalau gegap gempita peluncuran Toyota Kijang Innova baru ini membuat keramaian di mana-mana. Bahkan setelah bertambah namanya menjadi Kijang Innova, minat konsumen tak terbantahkan meski harganya sudah tidak bisa dibilang ramah di kantong rakyat menengah ke bawah.

All New Kijang Innova yang diluncurkan Toyota di Fairmont Hotel minggu kemarin sekaligus merupakan World Premiere, jadi merupakan pertama kalinya ia tampil di dunia. Bagaimana sih Toyota Kijang Innova berubah setelah hampir 10 tahun beredar lama di Indonesia? Saksikan First impression review All New Toyota Kijang Innova dari AutonetMagz!

Eksterior

all new toyota kijang innova front

Toyota mengatakan, konsep eksterior Toyota Kijang Innova baru adalah tough & sophisticated. Toyota ingin menonjolkan hal itu pada bagian mukanya, terutama dengan grilnya yang besar. Meski besar, grilnya tidak terkesan tonggos seperti facelift terakhir pada Toyota Kijang Innova. Bagusnya lagi, hiasan chrome-nya tidak norak, karena dipadu dengan warna abu-abu dan hitam dengan kombinasi yang pas.

headlamp all new toyota kijang innova

Headlamp bergaya Alphard di Innova lama ditinggalkan, diganti dengan headlamp yang agak sipit dan memanjang ke samping. Pada tipe V dan G, ia masih bertipe diamond cut tanpa DRL, lain halnya dengan tipe Q yang sudah diberikan LED projector lens dan DRL sebagai standar. Di bagian atas dan bawah lampunya, ada lis chrome yang menyatu dengan gril. Lampu sein pindah ke dekat foglamp yang juga punya hiasan chrome, dan di depan ada corner sensor.

pelek all new toyota kijang innova

Jika anda menyimak bocoran video Innova yang pernah kami beritakan, disebutkan pelek Innova baru sudah berukuran 17 inci. Tapi itu hanya untuk tipe Q diesel, sementara varian lainnya menggunakan pelek yang lebih kecil dengan ukuran 16 inci. Desain baru peleknya tidak jelek sebenarnya, tapi kami lihat yang 17 inci membuat kuda-kuda Kijang Innova ini lebih mantap. Peleknya belum dilengkapi finishing two tone yang bisa ditemui pada Corolla Altis, misalnya.

all new toyota kijang innova side

Banyak yang memperdebatkan kaca paling belakang saat melihat sosok Innova dari samping. Entah itu bilang mirip Datsun GO+ Panca atau Suzuki Ertiga, terserah anda saja, tapi jelas ini dibuat biar tidak sama dengan Innova yang lama. Daripada Datsun GO+ Panca atau Suzuki Ertiga, kami lebih melihat kalau tarikan garis jendela ini mirip dengan Toyota Caldina.

Paling kami sedikit heran, jika Fortuner dan Yaris dilengkapi aksen floating roof, di Innova kok tidak ya? Ah sudahlah, mungkin memang cocok begini saja. Khusus untuk tipe Q, pegangan pintu dan kaca jendela bagian bawahnya sudah diberikan aksen chrome. Dari pilar A hingga pilar C, semuanya masih menyiratkan aura Innova lama.

reme belakang all new toyota kijang innova

Dari samping juga kami menyadari sesuatu, bahwa rem belakang Innova masih mengandalkan teromol serta bagian kolong spakbornya tidak ditutupi pelindung sehingga kesannya kurang rapi sedikit. Meski rem belakangnya teromol, paling tidak ABS dan EBD sudah jadi standar di semua tipe. Oh ya, meski banyak yang ribut soal kaca baris ketiganya, pasti seiring makin berseraknya mobil ini di jalan lambat laun kita akan terbiasa.

all new toyota kijang innova rear

Di sisi belakang Innova ini, perhatian kami tertuju pada desain lampu belakang yang lebih menyerupai mobil keluaran rival, yakni Honda HR-V. Agak mengganjal sih, terutama dia belum memakai lampu LED. Di bagian belakang ini pula terdapat kamera parkir, sensor parkir 4 titik, roof spoiler dan antena bermodel sirip hiu.

Interior

interior all new toyota kijang innova q

Desain interior yang mirip Hilux dan Fortuner ini sebenarnya cukup menarik bagi beberapa orang, meski di balik desainnya yang atraktif itu materialnya masih menggunakan bahan plastik yang biasa-biasa saja. Sebenarnya tidak masalah dengan bahan plastik, asal plastiknya yang bagus supaya sepadan dengan harganya. Berita baiknya, fit dan finishing-nya juara.

doortrim all new toyota kijang innova

Berikutnya, kami menilai desain nyeleneh di doortrim-nya punya sisi plus dan minus. Plusnya, kesannya sangat sedap dipandang dan tidak monoton. Minusnya, desain ini membuat kita tidak bisa menyenderkan penuh tangan kita di pintu, karena pasti tangan kita tidak tertopang semuanya. Sayang sih, padahal bahan fabric di doortrim-nya bagus lho,lembut saat diraba dan terkesan mahal. Jangan lupa, pada Innova tipe Q semua power window-nya sudah otomatis.

panel instrumen all new toyota kijang innova

Dengan memasangkan panel instrumen yang mirip dengan Toyota Camry, Alphard atau Vellfire, aura mobil mahal makin terasa jika anda jadi pengemudi. Seluruh informasi pada layar MID di tengahnya bisa diakses dengan kontrol dari setir yang banyak tombolnya, baik di bagian kiri maupun kanannya. Tombol pada setir terdiri dari tombol MID, tombol audio dan tombol telepon. Cruise control? Sayangnya tidak ada di Innova tipe manapun, tapi setirnya bisa diatur tilt maupun telescopic.

interior all new toyota kijang innova v

Sementara tipe G dan V mengandalkan silver panel untuk menghias dashboard, maka tipe Q menggunakan wood panel. Diferensiasi lainnya adalah jika jok Innova G dan V berwarna agak cokelat, maka tipe Q diberi warna hitam, namun semuanya sama-sama bermotif kulit zebra atau harimau.

jok all new toyota kijang innova

Sayangnya, tipe Q hanya punya jok fabric, belum dilapis bahan kulit. Agak aneh sebenarnya jika mengingat berapa harganya, tapi jok Innova baru lebih nyaman diduduki berkat bantalan samping yang lebih menopang, dan pengaturan ketinggian seatbelt hadir untuk pengemudi dan penumpang depan. Khusus pengemudi, ada height adjuster di samping sliding dan reclining.

ac all new toyota kijang innova

AC digital tetap dipertahankan, namun kini desain tombol dan layarnya lebih elegan dan pastinya sudah lengkap dengan mode auto. Hembusan AC triple blower-nya mengalir hingga baris ketiga. Head unit-nya kini modelnya sama dengan Toyota-Toyota lainnya, tapi ada perlakuan yang bagus di mana touch screen-nya cukup responsif, tidak seperti milik Yaris yang kurang sensitif. Ada fitur air gesture juga di beberapa tipe, tapi saran kami sih tidak usah dipakai, useless.

head unit all new toyota kijang innova

Saran kami untuk Toyota, sepertinya akan baik jika fitur air gesture dihilangkan dan diganti dengan navigasi GPS sebagai standar, karena head unit-nya tidak punya hal itu. Menyinggung soal konektivitas, Innova baru sangat lengkap karena punya internet browser, HDMI, DLNA, bluetooth, voice command, miracast, dan masih banyak lagi. Persis di bawah head unit dan AC, ada tombol untuk mengaktifkan mode Eco, mode Power dan mematikan stability control.

tempat penyimpanan all new toyota kijang innova

Sebagai mobil keluarga, kepraktisan Innova kini membaik. Di bagian depan, 3 cup holder sudah siap siaga dan ada storage yang memadai di doortrim dan bagian depan tuas transmisi. Untuk pertama kalinya, Toyota Kijang Innova punya laci berpendingin di atas glovebox utama, cocok untuk menjaga kesegaran minuman dingin lebih lama atau cokelat batangan supaya tidak cepat meleleh. Glovebox-nya juga bagus, karena ia jatuhnya perlahan saat dibuka sehingga terkesan mewah.

kabin tengah all new toyota kijang innova

Salah satu poin penting Innova adalah space bagi penumpang, dan itu tidak hilang di generasi barunya ini. Saat masuk ke bangku baris kedua, saya masih merasa memiliki legroom dan headroom yang lega meski tinggi saya mencapai 178 cm. Khusus tipe Q, hadirnya captain seat membuat dia hanya bisa dinaiki 7 orang. Kalau mau yang daya angkut orangnya lebih banyak, tipe V dan G hadir tanpa captain seat, sehingga bisa memuat 8 orang.

meja lipat all new toyota kijang innova

Seperti jok penumpang depan, jok penumpang tengah mendapatkan fasilitas sliding dan reclining. Toyota sangat bangga memamerkan meja lipat yang disediakan untuk penumpang belakang Innova tipe V dan Q, karena ini tidak ada di Innova yang kemarin. Pelipatannya mudah, mejanya pun rigid. Meja lipat ini mampu menahan beban hingga 10 kg dan sudah punya cup holder, jadi total ada 4 cup holder di bagian kabin tengah, belum termasuk kantong di pintunya.

ambient light all new toyota kijang innova

Kebanggaan Innova baru lainnya adalah ambient lighting berwarna biru, yang diilhami oleh duo Alphard dan Vellfire. Kesan mewahnya sangat dapat, dan terang serta redupnya bisa diatur dari tombol di sebelah tombol-tombol AC baris kedua yang bertengger di atap. Karena untuk pengaturan AC baris kedua ada tombol auto juga, kami rasa Innova baru ini sudah dual zone climate control.

bangku tengah all new toyota kijang innova

Ada sedikit hal mengenai joknya, entah kenapa secara visual kami merasa jok tengah Innova baru ini menipis dibanding jok Innova lama, meski saat diduduki rasanya masih fine, bahkan joknya sudah komplit dengan ISOFIX. Bagi konsumen yang butuh asupan listrik buat gadgetnya, power outlet untuk baris kedua tersedia di bagian tengah bawah.

cup holder all new toyota kijang innova

Gang di antara captain seat-nya cukup sempit jika anda adalah orang yang suka menunjukkan kebesaran anda (baca : gendut), apalagi di antara kedua jok tengah ada cup holder untuk 2 gelas atau botol di bagian bawah sehingga akan menyulitkan jika harus melangkahinya. Oleh karena itu, akses termudah untuk masuk ke kabin belakang adalah dengan one touch tumble yang sudah disediakan Innova baru, bukan lewat gang senggol di antara captain seat-nya.

bangku belakang all new toyota kijang innova

Seperti yang diduga, kabin baris ketiganya pas-pasan untuk orang dewasa, tapi tidak dalam kategori menyiksa. Orang dewasa masih bisa duduk di sini, tapi bakal pegal juga kalau duduknya untuk waktu yang lama. Toyota sekarang lebih perhatian dengan bangku baris ketiga, karena kini sudah layak untuk menampung 3 orang dengan aman dan layak. Terbukti dengan adanya headrest dan seatbelt 3 titik untuk semua penghuni baris ketiga, apalagi storage dan AC pun masih diberikan.

bagasi all new toyota kijang innova

Bagasi Innova baru tergolong sebelas-dua belas dengan Innova lama, tidak ada perbedaan kapasitas yang mencolok, demikian juga mekanisme pelipatan bangkunya yang masih menyamping. Bedanya, jika bangku Innova lama bisa membuat otot bisep anda kekar karena berat saat dilipat, bangku Innova baru jauh lebih mudah untuk dilipat karena sudah ada per di engselnya. Sentuhan kecil, tapi bermanfaat untuk mengurangi beban hidup sekian persen.

pelipatan kursi all new toyota kijang innova

Pintu bagasi Innova baru di tipe Q sudah punya teknologi vacuum door atau soft closing door, jadi jika kita tidak sengaja menutup pintu bagasi kurang rapat, pintu bagasi akan merapat dengan sendirinya (cara kerja bisa dilihat di video). Bagus sih, tapi jika kami boleh menyarankan, kehadiran electric tailgate seperti pada Nissan X-Trail atau Ford Everest bakal lebih useful daripada soft closing door ini. Hanya saran saja lho ya.

Mesin dan Fitur Safety

Seperti yang sudah diberitakan jauh-jauh hari sebelumnya, highlight jantung Innova baru adalah mesin diesel pengganti mesin KD lama yang dinamai GD berspesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo diesel. Dengan tenaga 149 PS di 3.400 rpm, ia jauh melampaui pendahulunya yang tenaganya hanya 100 PS lebih sedikit, sementara torsinya 359 Nm (1.200 rpm – 2.600 rpm) untuk yang matik dan 342,2 Nm (1.200 rpm – 2.800 rpm)untuk yang manual.

mesin bensin all new toyota kijang innova

Sementara mesin bensinnya masih berkode 1TR-FE, namun kini dengan Dual VVT-i, maka dari itu kini mesin tersebut punya tenaga 139 PS di 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm. Pilihan transmisinya adalah manual 5 percepatan atau matik 6 percepatan, dan khusus yang matik, ada mode manual yang merupakan pertama kalinya hadir di Toyota Innova.

Kami cukup bingung dengan absennya peredam di bagian kap mesin Innova bensin, namun peredam itu ada di varian bermesin diesel. Sebenarnya ada sesi test drive, tapi karena areanya terbatas, kami tidak bisa mencari tahu banyak hal. Hanya sedikit yang bisa kami sampaikan sekarang, yakni : mesin dieselnya jauh membaik performanya di putaran bawah, setirnya tambah berat dan tuas transmisi Innova diesel manual sangat bergetar saat dipegang. Sudah, itu saja.

mesin diesel all new toyota kijang innova

Soal fitur safety, Toyota sangat royal untuk Innova tipe Q diesel. Di tipe inilah kita akan menemukan 7 airbags, stability control, hill assist control yang tidak ada di Innova lain. Untuk semua varian, sudah mendapatkan ABS+EBD sebagai standar, namun tipe V dan G hanya dapat 3 airbags dan tidak ada immobilizer untuk Innova G.

Kesimpulan

Akhirnya kijang yang dulu berasal dari padang rumput kini menjadi peliharaan VIP di Istana Bogor. Maksudnya adalah, evolusi Kijang dari mobil yang dulu dibuat sebagai mobil yang sederhana dan pas untuk mayoritas rakyat Indonesia kini sudah mencapai standar yang tinggi jika dibandingkan 4 generasi Kijang pertama, terutama di segi fasilitas pemanja pengemudi dan penumpang.

Bukan apa-apa, diambilnya elemen “mahal” dari Alphard, Vellfire dan Camry seperti panel instrumen, ambient lighting, driving mode selector, meja lipat, penyimpanan berpendingin dan sederet fitur safety pada Innova Q diesel membuatnya sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi seperti Innova lama yang selama 10 tahun begitu-begitu saja. Bahkan secara fitur, sudah menyerempet pasar Serena, Biante, Delica dan NAV1.

foto all new toyota kijang innova

Kami juga kaget dengan perhatian dari Toyota untuk memfasilitasi pengemudi dengan sistem-sistem yang membantu keasyikan, keamanan dan fleksibilitas mengemudi. Padahal yang namanya mobil keluarga biasanya lebih memprioritaskan kenyamanan penumpang dan masa bodoh soal pengemudi. Bukti-bukti nyatanya ada pada transmisi matik dengan mode manual, tilt and telescopic steering, pengaturan jok lengkap dan seterusnya.

Bukan berarti Kijang ini tanpa cela mentang-mentang sudah jadi piaraan VIP. Ada beberapa item sepele yang sedikit kurang menunjang fasilitasnya yang sudah oke punya. Sebut saja desain doortrim aneh yang tidak bisa dipakai sebagai armrest, tidak ada jok kulit untuk tipe V atau bahkan Q, belum ada GPS, rem belakang teromol, pelindung spakbor dan peredam kap mesin absen, bahkan ketiadaan immobilizer untuk tipe G mungkin bakal menjadi catatan yang menghiasi pertimbangan konsumen.

wallpaper all new toyota kijang innova

Masih ada lagi, dengan rentang harga yang sekarang (280 juta Rupiah hingga 424 juta Rupiah), banyak konsumen melihat Toyota Kijang Innova bukan lagi menjadi mobil rakyat yang terjangkau. Daripada mobil rakyat, harganya sudah mendekati mobil wakil rakyat. Singkatnya, harga Kijang ini bikin kejang seperti tertusuk kujang.

Tapi pada akhirnya, konsumen akan bingung juga saat mau membeli Toyota Innova Q, karena banyak alternatif lain dengan harga yang selisihnya tidak jauh beda dengan Innova Q seperti Mazda Biante dari kelas MPV roti tawar, Nissan X-Trail dari kelas SUV, Ford Focus Ecoboost dari kelas sedan/hatchback dan mobil-mobil lainnya.

Bagaimana pendapatmu tentang All New Toyota Kijang Innova baru ini? Sampaikan di kolom komentar dan simak video review kami saat Innova baru diluncurkan!

Read Prev:
Read Next:
  • Enrile Indro Prasetyo

    MPV Lifestyle dengan Ladder Chassis, dengan harga segitu populasinya mungkin gak sebanyak Innova sebelumnya..

    • dsainbar

      Setuju, mugkin populasinya tidak sebanyak gen sebelumnya dan 400juta masih pake ladder frame enggak lah sayang uang, btw kompetitor yg lain mana nih suaranya? masak gak ada saingan sih?

      • Oki Ngew

        Trus kalo ladder frame kenapa? Innova ini ditujukan buat di medan kasar, kalo mau halus ya beli serena/biante. Soal kenyamanan, ada malah yg ngomong di serayamotor kalo innova ini nyamannya setara mazda 8, yg notabene dia sasis monokok

        • SMass

          Serayamotor dipercaya, fanbase toyota mah sana
          Coba deh ngomong soal kekurangan toyota kalo gak di counter habis habisan

          • rsteele

            Hanya 1 orang di Seraya Motor yang berkomentar seperti SMass ini. Satu-satunya perusuh lintas forum yang kerjanya selalu black campaign Toyota, tapi ID-nya pakai embel2 Toyota.
            Bukankah begitu, hai toyotaman a.k.a. Resale Value?

            Masihkah beredar di Kaskus, Modcom dan forum lainnya, tetap dengan black campaign anda?

          • SMass

            Gw bukan toyotaman, dkk
            Tp kesimpulan yg gw dapet selama di SM ya emang gitu
            Produk toyota di puja habis habisan, produk lain ada kekurangan dikit langsung di bully
            Bukannya yang doyan black campaign itu toyota?
            Innova Avanza – Grand Livina gak kuat nanjak
            Rush – Hrv fiturnya kalah dari rush

          • rsteele

            Kata siapa Toyota dipuja? Salah anda. Justru Mazda yang dipuja.

          • SMass

            Kalo grand livina gak kuat nanjak semua udah pada tau ya, banyak di youtube
            Apalagi yang mau anda dustakan ?

          • Astra

            hahaha…gw stuju sama lu…toyota emg doyan black campaign

          • rsteele

            Kasihan ya, tidak tahu bedanya FWD dengan RWD. Grand Livina kuat nanjak kok, sudah saya buktikan sendiri.

          • Shark Owner

            Baca Kekurangan Rush bikin ngakak aja

          • Nebula

            ente fanboy atoyot juga y

          • rsteele

            Saya fanboy 3 berlian, bukan 3 ellips. Hehehe…

          • Nebula

            ane juga fanboy 3 berlian…kita sama bro hehehe

          • rsteele

            Toss kalo gitu… 🙂

        • Sporky

          Doyan baca2 forum sih boleh2 aja buat seken opinion tapi musti lebih percaya hasil penilaian subjektif anda sendiri setelah anda test drive sendiri mobilnya dibandingkan penilaian orang lain, nyaman buat yg lain belum nyaman buat kita. Intinya jangan sampai batal atau jadi beli mobil cuma gara2 percaya sama komentar2 di forum, jadi musti test drive dan rasakan sendiri baru ambil keputusan.

          • Oki Ngew

            Gw cuma mbandingkan, tapi rata2 semua review bilang kalo innova ini lebih nyaman daripada sebelumnya. Lagian, kan gw bilang ‘katanya’, artinya kebenarannya juga masih blm pasti

        • Jangan menjelek jelekan sesama car enthus, haram hukumnya disini, kita bahas produk aja okay?

          • Oki Ngew

            Kok jadi gw yg salah

          • wkwkwkwk, maap :v

          • test

            Yg membahas SM pertama itu si SMass bukan agan oki ngew nif

        • mahakucing

          Hmmm… Ane salah satu reviewer di SerayaMadcat… So, ada masalah? Statement Innova GUN140 nyamannya setara Mazda8 itu kesimpulan saya selaku pemilik Mazda8. Jika ada yang bilang SM itu fanbase toyota, salah besar, SM itu fanbase nya Mazda dan Honda.

          • mahatikus

            kalo ane..ane fanboy nya SM..ada masalah?..hehehehe

          • Oki Ngew

            Oh, ane kemarin2 aja baca reviewnya agan ini. Ane gk punya akun sm sih. Tapi so far ane gk menemukan bau2 fanbase toyota. Katanya agan mau beli stirnya cx7 buat di m8 agan yah?

          • ju

            tul SM tu fanbase honda-mazda, sama satu lagi ketinggalan D4D, haha

  • farid

    Tumben semangat amat bikin videonya dibanding artikelnya buat first impression kijang innova,duluan bikin videonya dibanding nulis artikel.ditunggu review dan test drive nya,oh ya bikin juga dong review khusus buat jelasin fitur head unit nya kaya ford fiesta dulu

  • JiM

    G manaa perform mesin diesel nya? Kalo diliat atas kertas naik 47ps dibanding tenaga diesel yang dulu 102ps.
    Trus kalo di banding dengan bensin 137ps.
    Berarti lebih ada tenaga diesel dibanding bensin.

    Kalo dulu kan lebih tenaga bensin dibanding diesel

    BENER??

    • Oki Ngew

      Innova lama yg manual 102 hp & 200nm, sedangkan yg diesel 102hp & 260nm

      • JiM

        Oh ya HP maksudny bukan ps
        Kalo gitu innova diesel baru tenaganya jauh naikny dari 102 ke 149hp
        Apa krn faktor adanya turbo krn yang lama kan ga ada turbo. Loyo

        Gw pake innova diesel. Tenaga ny kurang.

        • Hillarius Satrio

          yaelah, innova lama juga pake turbo kok

          • JIiIM

            Tapi kok ga ada emblem2 turbo seperti fortuner yg ada emblem vnt nya.
            Baru tau gw kalo innova lama udah ada turbo. Hehe

          • Hillarius Satrio

            memangnya kalo mesinnya turbo harus pake emblem turbo? Chevrolet Trax, Subaru WRX sama Nissan GTR pake turbo semua, tapi gaada emblem turbo.

            yaampun, mas, buku manual atau brosur innovanya dibaca deh, itu turbo diesel lho

          • ojon

            Innnova e bukannya gak pake turbo ya?

          • Davis Jenson

            tipe E,G,V diesel cuma beda fitur nya doang, tapi kalo mesinnya sama pake turbo semua

    • Wendy Musherto

      Innova lama kencengan diesel daripada bensinnya. At least tarikan bawahnya. Saya punya innova diesel, trus pernah sewa innova bensin. Yah lebih diem mesinnya, kabin lebih tenang. Tapi tarikan bawah lemot bgt. Innova diesel lebih kerasa tarikannya. Yah wajar sih, torsinya jauh gedean yg diesel hehe

      • JIiIM

        Kalo menurut pengalaman saya punya innova lama diesel. Kurang bertenaga, suara mesin masuk kabin, hemat bbm juga ga seberapa la.
        Dan menurut pengalaman saya pake innova teman bensin. Tenaganya beda banget. Bensin lebih bertenaga.

        Atau salah gw?

        Pikir saya mau ada rencana ganti ke yang baru Diesel kalo misalkan tenaganya benar2 jauh naik dibanding yang lama (diesel).

        • Wendy Musherto

          Kalo suara mesin masuk kabin sih bener hahaha. Getarannya jg lumayan. Kalo masalah bbm emang ga irit sama sekali hahahahaha. 1:8 lah kurang lebih. Innova saya keluaran 2012 (harusnya mesin msh sama dgn innova diesel sejak 2001), kalo saya bandingin ama innova bensin yg saya sewa, rasanya tarikan awal innova diesel jauh lbh terasa. Kalo tarikan atas saya ga tau soalnya ga sempet bawa yg bensin di tol (saya sewa di daerah yg ga ada tol hehe). Konsumsi bbm jg menurut saya boros bgt yg bensin.

          Menurut tmn saya yg pake fortuner vnt, tenaganya jauh lbh gede dan lebih irit bbm juga. Kalo innova baru kan turbonya harusnya udah vnt juga, jadi harusnya lebih bagus drpd innova diesel yg skrg. Maticnya juga udah bukan 4-speed kyk innova lama, jadi harusnya bbm lebih irit. Kalo menurut first impression di atas sih seharusnya mesin diesel baru jauh lbh bagus drpd innova lama. Saran saya sih Test drive dulu aja bos.

          • JIiIM

            Bener juga musti di test drive dulu biar tau seberapa naik ini performa mesin sama yang lama. Tapi kalo d liat di atas kertas angka kenaikanya hampir 50% di banding sama yang lama. Makin tergiur untuk tukar sama yang baru.
            Innova lama kalo udah diatas 100km/j itu mainny sudah ke rpm. Soalnya ga ada gigi lanjutannya. Hehe. Jadi kalo yg suka diatas 100 pasti boros bbm dan suara mesin masuk benerr

          • gtd

            Kyknya susah amat ya kl nimbang2 mobil. Gini, pertama masbro cari tau info sebanyak2nya dr internet antara lain kyk website ini. Pake Google aja kalo mau lbh fokus, masukin kata kunci merk mobil yang mau dipelajari. Nah dr situ cocokanlah hasil review2 yg ada dg KEBUTUHAN masbro sendiri. Tetapkan apa2 aja yg jd POINT2 UTAMA KEBUTUHAN DAN SELERA masbro. Lalu, dg modal pengetahuan tsb di otak, datanglah ke SHOWROOM mobil inceran anda. PELAJARI brosurnya, BACA baik2 data dan spesifikasi. Lalu, lakukan TEST DRIVE. Di sini masbro bisa kyk MEMVERIFIKASI antara data2 review2, data/spek dg YOUR OWN FEELINGS saat di dlm mobil, rasakan interiornya, posisi nyetir dan saat mengemudi. Lalu, ya nego harga lah. Simpel kan ya?

  • Vinc Varrel

    Seperti biasa, bagus review impressionya! Cuma mau saran aja, peluncurannya kan sudah 1 minggu lalu, kalo review impression artikelnya baru sekarang agak terlambat kali ya.

    • Lagi skripsi masnyah… hahaha

      • Shark Owner

        Pantesan kok lama, kirain nggak jadi keluar, ditunggu yg Chevy Trax

      • Vinc Varrel

        Ohhh paham” hahaha, keep the good work!

  • aiueo

    Gak banget lah velgnya, cingkrang banget
    Harusnya g dan v 17″, q 18″
    Paling velg two tone, leather seat, stoplamp led disiapkan buat facelift

  • Oki Ngew

    Mending fitur air gesturenya dihilangkan, diganti gps. Trus mending smart close backdoor nya dihilangkan aja, soalnya kebanyakan orang kalo nutup pintu bagasi belakang selalu dibanting. Trus diganti sama velg 17″, biar gak rugi

    • Levi

      GPS katanya sih bisa pakai Miracast, jadi Smartphone kita nnti pakai G-Map, tp ditampilin di HU kita.

      Lagian gw lbh percaya G-Map drpd GPS mobil :v

    • Bejo Wakwaw

      Ane dah banting sampe beberapa kali di pameran yg tipe Q diesel… Biasa2 aja tuh, gk ada bunyi2an, apalagi rusak bagasinya.. Awalnya ane pikir kyk pendapat ente, tpi pas prakteknya gk rusak tuh

      • Astra

        maksud dia fitur soft closing door itu useless bro,bukan gampang rusak …soalnya pintu bagasi suka dibanting2 ama satpam pengecek bom kalo masuk mol..

        • Bejo Wakwaw

          Oh gtu ya bro, salah paham ane

          • Astra

            gpp,santai aja bro…

  • evjeth

    Yang menarik dari mobil ini buat saya cuma mesin dieselnya yg sangar sama transmisinya. Sisanya yahh begitulah

  • Levi

    Fiturnya wah, harganya bah :v kira” bakal lgsg disc gede gak ya ? Scra avanza br 3 bln skrg disc 20jt’an lbh

  • Muhamad Fakhri

    mantap! Innova 2016 emang keren banget beda dari yang sebelumnya

  • antman

    Kyaknya yg bakal bnyk mengaspal yg versi V bensinnya… Toyota gt lho… mau semahal apapun namanya di Indonesia pasti laris manis…

  • bams

    Tagline baru Toyota kena banget nih….. “Let’s Go Beyond”……your wallet
    #bukanmobilrakyat
    #semakintakterbeli

  • Ronny Rasdyantoro

    innova ini uda ibarat artis yang jalani operasi plastik 😛

  • mas boy

    kurang krom-nya di samping dan belakang, jadi kelihatan kurang mewah 🙁

    • Oki Ngew

      Jangan khawatir, masih ada aksesoris luxurynya. Nambah 7 jutaan.

  • agusa

    Mobil ini gak lebih baik dari mobilio, dr segi built quality, performa dan harga. Oh ya merk honda itu udah jaminan dunia. Kli kijang mah buatan indonesia.

    • aiueo

      Dari segi harga memang kemahalan, but built quality? really? mobilio? gak salah mas?

    • Pembenci Toyota Fortuner

      ga tau mobil ni orang wkwwk…jelas2 mobilio build qualitynya ccd…masih dibela

      • biji

        bener, gw sendiri paling ilfeel sama mobilio dan brio, kesannya sangat murahan dan merusak image honda

    • zul ari

      built quality mobilio sama dengan innova??….coba masuk dulu ke kabin innova baru mas baru komen ?

    • kabe kabe

      SALES honda ya mas, ? wkwkwk mobil alakadarnya begitu di puja2, MOBILOYO

      • gtd

        jd sales mobil jg gak bakalan bs jual kalo tiba2 kok bilang mobilio dibandingin innova? set dah.

    • farid

      Apa!?…di segi performa unggulan mobilio dibanding innova?,coba bandingin mesin 1500cc mobilio dgn mesin dual vvti 1TR FE 2000cc nya innova atau mesin diesel seri GD terbarunya.belum lagi soal transmisi,transmisi matic innova baru itu lebih responsif dibanding CVT nya mobilio

    • gtd

      what? r u on fkg drugs or just anak2 nih kyknya. Buset dah, mobilio dibandingin innova. pls. lain kali komen di autonet pk umur aja kali ya biar kita gak terheran2 sm komen macam ginian haha. Kalo msh awam mending baca2 yg banyak dulu, jgn komen2 ginian lah. hehe.

  • Bejo Wakwaw

    Bang hillsat, kok fitur2 seperti welcome light, follow me home gk di tulis… Padahal di kompetitornya pun belom tentu punya fitur itu. Ada satu lagi fitur yg kecil tpi mobil di kelasnya atau bahkan diatasnya pun gk punya. Yaitu auto headlamp… Gk ngeliat kan bang hillsat….! Tpi ane gk tau di tipe V nya. Soalnya ane liat di tipe Q bensin hadir fitur itu. Dan pas ane liat tipe G, fitur itu hilang.

    • Valkry

      bisa dilihat sendiri di website TAM…btw ente sales toyota bukan?

      • Bejo Wakwaw

        Kan ane cuma ngelurusin doang, BTW ane gk terlalu suka amat sama ni merk 3 ellips… Klo di website mah gk ditulis.. Byk merk2 yg lain gk nulis auto tpi kenyataannya ada… Liat dgn mata kepala sendiri deh mas… Ada 4 pengaturan di tuasnya (off, auto, lampu senja, utama)

    • saab

      biasa aja keles auto headlamp doang.. juke, ehkoksport ya udh ada juga.. di rentang harga yg sama dgn innova Q diesel, tentu hampir semua udh punya itu auto headlamp.. paling yg belom punya CRV (kena sunat massal jonpis).. nothing special with that thing..

      • Bejo Wakwaw

        Kan gk semuanya punya… Delica apalagi NAV1 punya gitu??? Sssttttt gk usah disebutin tuh mobil jonpis. Wkwkwkkwkw

        • Hillarius Satrio

          ini napa jadi pada kemana-mana dah ngeributinnya? dia cuman ngasi tau gw lupa tulis fitur apa kok, bukan mau nunjukkin atau mamerin apa

  • gatau

    Lama2 gw lebih doyan liat web sebelah yang gak ada kolom2 komentarnya. Agak risih yaa, lo cuma konsumen juga ngomongnya saling hujat udh kemane2, so bener lo semua, noh si empunya pabrik mah selow ae ongkang2 kaki.
    Daripada beli ipah 400 jeti mending gw beli rumah / tanah.
    Yang mau hibah gw siap terima yee haha

  • Honda BR-V Prestige

    Tipe G di kasih Immobilizer dong… sama AC nya jangan model knop putar2 begitu

  • Farrel

    Makin joss lah innova desain makin keren,fitur makin banyak dan mesin makin powerful mudah2an bisa kebeli, amin.

  • YS

    Makin sayang sama Kia Carens 2013 gw abis liat review ini. 🙂

  • Shark Owner

    “…namun semuanya sama-sama bermotif kulit zebra atau harimau.” yg G beda Om motifnya kotak-kotak.

  • Rahmat Samsui

    Loh emang Innova baru sudah ada yg dianter ke konsumen ya? Kok gue tadi lihat tu mobil di jalan

  • hanhan

    Betul jok tengah jadi lebih tipis dari generasi sebelumnya, bagasi sepertinya malah jadi lebih luas dari innova yg lama. Tarikan mesin bensin dengan transmisi matic 6 speed-nya payah, untuk yang tertarik versi matic rasanya harus pilih yg bermesin diesel.

  • baru 2x ketemu all new innova di jalanan, yang pertama pas sebelum libur long weekend kemaren di banyumas.. sepintas terlihat dari atas kok langsung keinget mobilio ya..

  • Always35

    nih mobil udah mulai berkeliaran di jalanan, apalagi di daerah pelosok aja udah ada yang punya nih mobil “kijang” yang hanya tinggal nama saja….

  • wisda epri

    mas, rencananya aku mau ambil innova yg tipe Q Diesel A/T.. tp kurang senang dengan captain seat.. bisa ngga ya di tukar aja jok nya dgn yg biasa,
    dan worthit ngga ya?

    • ismail

      Pronlemx sama… gak bisa muat banyak orang jdi beralih k type v aja…