Gemini T-014 : Himalayan Dengan Sentuhan Dakar

Gemini T-014 : Himalayan Dengan Sentuhan Dakar
0  komentar

AutonetMagz.com – Memang tak ada habisnya jika membicarakan kapabiltas modifikasi dari sebuah motor kanvas. Dengan desain retro serta teknologi yang simpel, Royal Enfield (RE) Himalayan bisa menjadi sebuah karya epik hanya lewat modifikasi ringan. Kini Thrive Motorcycle beserta Den Dimas membuktikan hal tersebut lewat karya terbarunya, Gemini T-014 (GT14).

Gunakan Teknologi 3D-Printing

Modifikasi yang dilakukan oleh modifikator yang berbasis di Jakarta ini, tidak meliputi proses potong rangka sama sekali. Hal tersebut memang merupakan tantangan yang diberikan oleh Den Dimas, influencer otomotif pemilik basis Himalayan tersebut. Tapi tantangan tidak berhenti sampai di situ, kali ini Thrive dan Den Dimas sepakat menggunakan teknologi 3D-printing untuk membentuk cetakan panel unibody guna menghemat usaha serta waktu. Ketika hasil cetakan sudah memenuhi harapan, Thrive menambahkan fiber glass ke seluruh cetakan untuk unibody Himalayan.

Selain itu, Thrive juga menambahkan elemen lain seperti lampu sein THRV terbaru, Footpegs THRV Odipus Mk 2, stang aluminium THRV Scrambler 7/8, knalpot stainless kustom THRV, sistem kunci kursi cetak 3D, brace headlight 3D Printed, tail tidy, undertail cover, dan passenger footstep cover. Hanya parts seperti foglight PIAA, sepasang ban Pirelli Scorpion MT60, drybag Kriega, dan suspensi belakang Öhlins RE907 yang dibeli oleh Thrive.

Terinspirasi Dakar Rally

Barata Dwiputra selaku Co-Founder Thrive Motorcycle yang memimpin desain serta fabrikasi GT14, mengutarakan bahwa motor ini terinspirasi dari balap Dakar Rally. Dalam proses modifikasi, tim Thrive melepas panel samping asli dan spakbor belakang untuk melihat anatomi kerangka asli dan memindainya ke kanvas digital. “Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan spakbor belakang sebagai satu kesatuan,” ujarnya.

“Saya sangat tertarik untuk memodifikasi Royal Enfield Himalayan saya, karena saya belum pernah melakukan kustomisasi menggunakan sepeda motor yang memiliki akar British dan jiwa India,” ucap Den Dimas. Dirinya mengakui bahwa Himalayan adalah kanvas sempurna untuk proyek ini karena memiliki jiwa petualang yang kuat, sangat tangguh untuk semua medan, namun tetap memiliki sentuhan klasik ikonik.

Memang jika melihat skema warnanya, motor ini seperti sebuah Porsche 959 Rothmans Dakar tahun ’86 dalam bentuk roda dua. Permainan kombinasi empat warna serta desain retro-Dakar look, membuat GT14 terlihat outstanding baik on maupun off-road. Terlebih Thrive dan Den Dimas sepakat untuk men-duplikasi cetakan 3D-printed agar kalian para pemilik Himalayan juga bisa memiliki GT14 ini. Jadi, tertarik meng-kustomisasi motor RE kalian di Thrive?

Read Prev:
Read Next: