Indonesia Akan Gelar Balapan MotoGP di 2021!

by  in Berita&Motorsports&Nasional
Indonesia Akan Gelar Balapan MotoGP di 2021!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah beberapa tahun terakhir banyak muncul rumor terkait digelarnya MotoGP di Indonesia, kini kepastian terkait hal tersebut sudah dikonfirmasi. Yap, Indonesia akhirnya akan kembali menggelar balapan bergengsi tersebut setelah 24 tahun lamanya sejak gelaran bergengsi ini mampir ke tanah air. Lantas bagaimana detailnya? Mari kita bahas.

Mengutip dari laman Okezone, konfirmasi terkait penyelenggaraan MotoGP di Indonesia diberikan oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer. Beliau menyebutkan bahwa
penyelenggara MotoGP, yakni Dorna Sport telah memberikan ijin kepada Indonesia untuk menggelar seri balap MotoGP di Nusantara pada tahun 2021 mendatang. Namun kali ini MotoGP tidak akan mengambil lokasi di sirkuit Sentul, melainkan di sirkuit baru di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kontrak mengenai kepastian penggelaran seri MotoGP ini sudah ditanda – tangani pada bulan Januari 2019 kemarin.

Abdullah menyatakan bahwa pihaknya bersaing dengan Brazil untuk mendapatkan kesempatan ini. Nah, pihak Dorna yang diwakili langsung oleh sang petinggi, yaitu Carmelo Ezpelata pun sudah mengujungi calon lokasi penyelenggaraan di Mandalika pada penghujung tahun 2018 kemarin. Pihak ITDC pun kini dihadapkan pada pembangunan sirkuit Mandalika untuk gelaran yang akan dilaksanakan 2 tahun dari sekarang. Beberapa pihak kabarnya digandeng ITDC untuk menyukseskan pembangunan sirkuit ini, termasuk perusahaan konstruksi asal Perancis, Vinci Construction Grands Peojects.

Nah, penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 2021 sekaligus menjadi ajang obat rindu karena pada tahun 1996 dan 1997 silam gelaran serupa pernah mampir di Tanah air. Kala itu, gelaran grand prix dilaksanakan di Sirkuit Sentul dan menampilkan 3 kelas, yaitu kelas 500cc yang kala itu dihuni pembalap kenamaan, Mick Doohan, lalu kelas 250cc dan juga kelas 125cc. Di kelas 125cc, ada nama Valentino Rossi, sedangkan di kelas 250cc ada nama Max Biaggi. Sayang beribu sayang, kegoncangan ekonomi di Asia, khususnya di Indonesia pada 1998 memaksa seri grand prix Indonesia berakhir.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik dengan capaian terbaru dari negeri kita tercinta ini? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: