Imbas Kerugian Nissan, Datsun Terancam!

by  in Berita&Datsun&International
Imbas Kerugian Nissan, Datsun Terancam!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah sempat mengabarkan bahwa Nissan sedang berada dalam masa sulit pasca turunnya profit mereka secara signifikan dalam kuartal pertama tahun 2019 ini. Dan imbasnya, pihak Nissan bakal mengencangkan ikat pinggang dengan mengurangi jumlah pegawai mereka sebanyak 12.500 orang serta menyuntik mati beberapa produk yang dirasa kurang memberikan sumbangsih dalam pendapatan Nissan. Nah, kira – kira produk apa yang bakal disuntik mati?

Mengutip dari laman AutoNews, CEO dari Nissan, Hiroto Saikawa menyebutkan bahwa mobil – mobil yang berpeluang disuntik mati adalah jajaran mobil berukuran kompak. Sejauh ini, Nissan yang memiliki dua sub brand yaitu Infiniti dan Datsun telah memiliki lebih dari 60 produk di seluruh dunia. Dan jika mengacu pada produk berukuran kompak, nampaknya Infiniti bisa dikatakan aman dari kebijakan ini. Nah, Saikawa-san dalam konferensi pers-nya pada minggu lalu menyebutkan bahwa mobil – mobil kompak yang bakal disuntik mati juga bisa saja berasal dari merk satelit mereka, Datsun.

Tentunya, kabar ini menjadi kabar yang tidak menggembirakan bagi merk mobil murah milik Nissan ini. Sejauh ini, Datsun sendiri sudah memiliki 6 produk yang dijual di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Tentunya kita mengenal sosok Datsun Go dan Datsun Go+ yang mendapatkan tambahan nama ‘Panca’ untuk ikut dalam progam LCGC di Indonesia. Belum lagi nama Datsun Cross yang menjadi produk termahal Datsun di Indonesia. Di India, ada produk lain bernama Datsun redi-Go yang berbentuk lebih jangkung. Dan di Russia, ada duet Datsun on-Do dan Datsun mi-Do yang keduanya merupakan hasil rebadge dari pabrikan lokal Russia, Lada.

Mobil kompak lain yang berpotensi disuntik mati adalah Nissan Versa dan Nissan Sentra. Selain jajaran mobil kompak, tak menutup kemungkinan pihak Nissan juga akan menghentikan produksi dari beberapa mobil sport maupun coupe. Sebut saja sang legenda Nissan 370Z dan juga Infiniti Q60. Nah, semua nama yang kami sebutkan diatas sementara ini masih menjadi sebuah prediksi saja, karena pihak Nissan belum menyebutkan nama produk yang akan didiskontinyu tersebut secara rinci. Jadi, kita tunggu saja bagaimana kebijakan Nissan pada produk – produknya ini. Yang jelas, akan sangat sayang jikalau jajaran produk Datsun yang dikampakkan.

Bagaimanapun juga, produk – produk Datsun berhasil memberikan warna dan opsi untuk calon konsumennya. Jadi bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: