IIMS 2023 : Hyundai Hadirkan Sustainable Space Sebagai Dasar Inovasi Masa Depan Berkelanjutan

IIMS 2023 : Hyundai Hadirkan Sustainable Space Sebagai Dasar Inovasi <strong>Masa Depan Berkelanjutan</strong>
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengusung visi global ‘Progress for Humanity.’ Visi tersebut sebagai dasar dari setiap inovasi yang dilakukan di Indonesia untuk berkontribusi atas masa depan yang berkelanjutan. Mulai dari produk yang dihadirkan, hingga memanfaatkan 70% sisa bahan dari pabrik untuk membangun Hyundai Sustainable Space di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlokasi di Hall D JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Terinspirasi dari Ioniq 5

Inisiatif ini merupakan wujud dari upaya yang diambil Hyundai dalam mengambil langkah-langkah di luar inovasi mobilitas untuk terlibat dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Melalui Hyundai Sustainable Space, Hyundai Motors Indonesia menghidupkan kembali sisa bahan dari pabrik sehingga dapat menciptakan ruang pameran yang unik. Sekaligus juga berkontribusi dalam upaya memperbaiki lingkungan. 

Kehadiran Hyundai Sustainable Space pada IIMS 2023 sendiri terinspirasi dari Hyundai IONIQ 5 yang menggunakan material ramah lingkungan sebagai komponennya. Komponen tersebut meliputi Bio Paint berbahan dasar ekstrak minyak dari tanaman untuk melapisi dasbor, switch, roda kemudi dan panel pintu. Lalu kulit yang diekstraksi dari tebu dan jagung untuk kulit jok, headlining dan karpet, bagian interior IONIQ 5 yang diwarnai menggunakan minyak biji rami. Kain yang digunakan juga terbuat dari botol PET daur ulang pada bagian kursi dan sandaran lengan pintu.

Apa Sajakah Bahan-bahannya

Berdirinya sustainable booth seluas 1.350 m2 ini dibangun dengan menggunakan sisa bahan dari pabrik. Bahan-bahan tersebut di antaranya: 

  • Pallet plastik dan kayu: material yang biasa digunakan sebagai landasan berbagai barang selama proses pemindahan tersebut dimanfaatkan sebagai lantai dan panggung Hyundai.
  • Kardus bekas: Hyundai memanfaatkan kardus bekas setebal 12mm untuk melapisi permukaan dinding booth.
  • Waferboard atau oriented strand board (OSB): papan yang terbuat dari sisa potongan kayu ini digunakan untuk mempercantik dekorasi pada lantai booth.
  • Scaffolding: Melakukan sesuatu yang berbeda, Hyundai memanfaatkan scaffolding sebagai dinding booth yang dipadupadankan dengan mesh/jaring tembus pandang.

Selain itu, Hyundai turut menghadirkan kampanye global “Hyundai Continue” di ajang Asia Pacific Media Forum (APMF) 2022 dengan menampilkan area booth berbahan material ramah lingkungan yang terbuat dari sampah plastik dan gabah padi. Kemudian, Hyundai juga mendonasikan satu unit Hyundai IONIQ 5 dan donasi ke Yayasan konservasi laut Indonesia Ocean Pride (IOP) untuk berbagai kegiatan konservasi laut Re Shark. Yakni pemulihan populasi Hiu Zebra di kawasan Raja Ampat, Papua.

Read Prev:
Read Next: