Hyundai India Tahan Proyek MPV Murah, Fokus Kepada SUV Dulu

Hyundai India Tahan Proyek MPV Murah, Fokus Kepada SUV Dulu
0  komentar
Hyundai-HexaSpace-Concept-Front

AutonetMagz.com – Di India, mobil seperti Maruti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan beberapa MPV entry level – khususnya yang bermesin diesel di bawah 2.000 cc – termasuk tinggi jumlah konsumennya, jadi wajar jika ada merek lain yang mau ikut terjun ke segmen yang “basah” ini. Kemarin, Hyundai India membuat publik siaga satu karena dikabarkan tengah merealisasikan sebuah MPV entry level yang dibuat untuk konsumen menengah ke bawah.

Mengambil rupa konsep Hyundai Hexaspace dan dengan kode produksi IP, harusnya MPV ini sudah setengah jalan. Akan tetapi, rupanya proyek MPV ini tidak diprioritaskan dulu untuk sekarang, begitulah menurut laporan dari Overdrive. YK Koo selaku Managing Director dari Hyundai Motor India Ltd. adalah orang yang melontarkan pernyataan tersebut.

Hyundai-Creta-tampilan-depan

“Saya tidak pernah membicarakan MPV untuk pasar India. Untuk pasar India, pertumbuhan di segmen SUV jauh lebih tinggi dibandingkan MPV. Jadi kami akan berkonsentrasi penuh pada small SUV Creta, lalu Tucson akan meluncur tahun ini, plus 2 buah SUV dengan panjang kurang dari 4 meter pada 2 tahun ke depan,” katanya.

Pernyataan ini jelas kontradiktif dengan apa yang disampaikan oleh kepala koordinator penjualan dan pemasaran Hyundai Motor India Ltd., yakni Y J Ahn yang bilang kepada sebuah surat kabar pada bulan Oktober 2015 kalau desain dan spesifikasi MPV Hyundai berkode IP tersebut sudah mau tahap final. Harusnya pun MPV itu meluncur tahun ini.

all new hyundai tucson indonesia photo

Ah sudahlah, sekarang memang trennya SUV dan crossover sih, jadi sangat masuk akal kalau mereka mau fokus kepada segmen mobil seperti ini, karena sedang banyak yang mau beli. Di India saja, Honda BR-V sedang hangat-hangatnya, belum kalau membicarakan yang harganya sangat murah seperti Datsun Redi-GO atau Renault Kwid. Menurutmu, apa proyek MPV Hyundai ini harus tetap lanjut atau ada opini lain? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ju

    knapa musti dibatalkin, tinggal di-suv-in kayak brv. aca aca aca..

  • Arief

    Tuh creta masukin sini laaah… Harga lebih murah dr HR-V prestige tapi fitur lebih lengkap. Bakal jadi opsi menarik buat yg ga suka build quality hpm belakangan ini

    • Putra

      Hmmm gak mungkin deh kayanya kalo fitur creta bisa diatas hr-v. Tucson aja fiturnya basic banget. Itu karena mereka CBU jadi mesti nyunat lumayan banyak fitur buat nekan harga jual.

      • Andra Febrian

        Hyundai sunat2 fitur, katena tanpa nyunat bakla mahal… mengingat build qualitynya bagus bgt

      • Rockmeo

        Bisa aja kok tergantung marketing strategy ny tinggal keluarin 2-3 tipe antara standar, mid dan full spec
        Mahal dikit g masalah

        Tucson yg baru kemaren diluncurin itu versi mid nya (GLS), trim termahal kalo di nomenkaltur hyundai itu XG

        • Arief

          Yup, karena dia kan masih 385 jtan. Sementara yg selevel misal crv 2.0 harganya udah 410an. Ada gap 30 jutaan yg bisa buat nambahin fitur2 macem sunroof, hu touchscreen, dll di tipe termahal nantinya. Hyundai mungkin masih mau tes pasar dulu dgn yg murah tp basic. Tapi sebenernya salah menurut sy krn uniknya market sini itu cenderung tipe termahal yg paling laku, gengsinya tinggi

          Buat creta mungkin bisa lbh murah krn dia cbu India, bukan korea kaya tucson.

    • Indra

      Sebenarnya mau masukin kesini tapi kehalang sama mesin 1.6nya, ya lagi2 masalah pajak, padahal jd pilihan alternatif buat pasar compact SUV disini.

  • Ronny Rasdyantoro

    cakep juga creta, sekilas mukanya kayak cx5

  • Adamgus

    “plus 2 buah SUV dengan panjang kurang dari 4 meter pada 2 tahun ke depan”

    Ini posisinya bakal dibawah Creta apa diantara Creta sama Tucson? Hmm….

    Mending MPV nya dibuat untuk kelas diatas ertiga mobilio dkk tapi dibawah innova (nyrempet2 innova trin paling bawah). Jangan sesempit Livina, freed, sienta sih tapi….

    • Indra

      Ada konsepnya namanya Hyundai carlino, sudah dilaunching di Auto Expo 2016 di India Januari kemarin

  • alfian

    update web nya keren gan =) jadi gampang cari infonya

  • loki

    wah tampilan website baru! sampe pangling ngerefresh page kirain kenapa napa hehehe

  • ydsputra

    Kenapa ya SUV skg modelnya mirip2 kayak hatcback dimelarin ma ditinggiin?

  • Always35

    Yahh sayang, kalo mau sih coba tiru kyk GL xgear, spin activ atau brv kalo emang niat~ mpv mix suv gitu lahh

  • Bang Didit

    Manteb nih merk H..

    Sayang H miring bukan H tegak

    Selagi merk selain tiple elips dan H tegak banting diskon besar2an RV pasti jatuh. Tpi klo ga banting diskon mobil2nya ga laku. Ya sudhlah perbanyak aja 3S makin lama juga RV naik sendiri

    • Indra

      Tapi di India H miring itu penjualannya setara dgn H tegak di Indonesia, sedangkan Suzuki di India setara penjualannya dgn T elips di Indonesia.

      • Bang Didit

        H miring itu build quality trmsk bagus dibanding dgn H tegak. Podo wae S jg lbh bagus dripdan triple elips.

        Konsumen India udh sadar dan lbh nyari mutu. Setidaknya sdh tahu mobil yg value for money itu spt apa. Kebalik dgn konsumen Indonesia yg terlalu terfokus dgn RV. Malah lebih rela naik mobil tdk nyaman, tdk aman dan tdk berkualitas yg penting RV bagus. Begitu ada kecelakaan teriak sana teriak sini dibilang mobilnya tdk memenuhi standar nyaman dan aman. Lah dari awal sdh terlalu banyak review di media mobil value for money itu kebanyakan tdk ada di merk T elips dan H tegak. Tetep aja dibeli hahaha #Ironis

        • Indra

          Di India, S dan H miring bisa besar karena punya produk yg sgt digemari orang sana (citycar dan hatchback), seperti Alto, Swift, Wagon R, Santro (Atoz), Grand i10, i20, dan Baleno (hatchback). S lebih lama hadir disana sejak tahun 80an dgn mitra lokal Maruti, sdgkan H miring baru 20 tahun yg lalu. Sehingga bisa dibilang orang India sgt prefer H miring dan S yg mendarah daging. Soal build quality, itu hal bonus. Utk T elips dan H tegak, disana tdk sebesar mereka tapi masing2 unggul dgn City dan Amaze (Brio sedan) serta Innova yg jd MPV no.1 di India. T di India dicitrakan sbg merek mewah (kalaupun ada Etios, ia tidak selaku produk S dan H miring)

        • farid

          merek S dan H miring yg laku di india justru mobilnya juga tidak memiliki kenyamanan dan keamanan yg bagus begitupun dgn build qualitynya,tapi itu tergantung harga dan segmentasi mobilnya,kalau makin murah pasti makin jelek sedangkan di india mobil yg laku itu kaya citycar,hatchback atau sedan dan crossover”kerdil” yg berharga murah