Hyundai i30 N Fastback 2019, 5-Door Coupé Yang Beringas

by  in Hyundai&Mobil Baru
Hyundai i30 N Fastback 2019, 5-Door Coupé Yang Beringas
0  komentar

Autonetmagz.com – Jika mengingat kembali sub-brand khusus performa tiap manufaktur yang ada di dunia ini, apa yang pertama kali kalian ingat? Nismo, STi, ataukah GR? Tapi itu baru yang di Jepang saja, belum di Amerika ataupun Eropa. Sebut saja SRT, AMG, M Performance, hingga John Cooper Works. Banyak sekali sub-brand otomotif khusus performa yang sudah lama eksis di dunia kita. Namun baru-baru ini, ada sub-brand performa yang patut diperhitungkan karena kemunculannya yang bagaikan petir bagi para kompetitor.

Ialah N Performance, divisi atau sub-brand Hyundai yang baru saja muncul pada 2014 lalu. Mengambil huruf N dari kota asal gedung R&D Centre Hyundai yaitu Namyang (sekarang Hwaseong), divisi ini benar-benar serius mengembangkan mobil yang sports oriented agar mobil road legal buatan Hyundai menjadi lebih buas. Dengan memfokuskan ubahan pada sisi eksterior dan juga modifikasi mesin agar memiliki performa yang tinggi, N Performance sukses membuat sub-brand performa asal Korea Selatan ini patut diperhitungkan.

Turun dalam kancah reli paling bergengsi di dunia yaitu World Rally Championship (WRC), divisi ini telah menciptakan berbagai model seperti i30N dan Veloster N untuk produk road legal mereka. Setelah kemunculannya, kedua mobil tersebut pun langsung mendapat julukan hot hatch rasa ginseng. Namun untuk kali ini, bukanlah sebuah hot hatch yang baru saja dirilis oleh N Performance. Mobil ini adalah sebuah fastback Hyundai yang baru keluar tahun lalu namun diubah menjadi lebih beringas sesuai keinginan divisi performa tersebut. Mari kita sambut, Hyundai i30 Fastback N 2019.

Hasil modifikasi oleh N Performance yang dilakukan pada i30 Fastback 2018 ini, sukses membuat sang coupé menjadi lebih galak. Bagaimana tidak? Jika kita lihat sisi eksteriornya saja, ubahan besar banyak sekali terjadi untuk memunculkan aura performanya juga. Seperti pada fascia depan yang menggunakan bemper dengan penggunan garis tegas lebih banyak. Posisi DRL yang berubah, kontur grille yang lebih sporti,  dan penambahan hal kecil seperti garis merah pada bagian lips bemper membuat mobil ini semakin terlihat aura N-nya.

Walaupun memang lampu depan tidak mengalami perubahan dari versi standarnya, dan bagian depan ini juga tak berbeda dengan saudaranya yaitu i30 N. Pindah ke sisi samping, dan yang terlihat berbeda hanyalah bagian spion yang berwarna hitam, side skirt, dan velg yang bentuknya masih sama dengan i30 Fastback biasa namun sekarang dual-tone.

Pada bagian buritan dari i30 Fastback N ini, hanya sedikit ubahan yang dilakukan oleh divisi N tersebut. Adanya lips spoiler dan bemper belakang yang juga lebih beraura sporti mengikuti bemper depan, membuat aura sportscar dari sang fastback semakin muncul. Kesan monoton pada bagian bemper belakang pun hilang seketika. Walaupun lagi-lagi lampu utama belakangnya (taillight) tidak berubah sedikitpun, sama seperti pada bagian depannya. Mungkin kalau diubah bentuknya akan jadi lebih menarik, tapi untuk sektor yang ini sepertinya no big dealstill a ‘good job’ Hyundai.

Masuk ke dalam interiornya, dan anda akan disuguhkan berbagai emblem N Performance di setiap detail yang ada seperti pada bagian skid plate, takometer, shift knob, hingga kursi depan. Bentuk setirnya pun berubah dari i30 Fastback standar, dari mulai desain bentuk hingga konfigurasi tombolnya pun sama sekali berbeda. Untuk mengubah mode berkendara pun ada pada bagian roda kemudi ini. Dari Eco, Normal, Sport, N, dan N Custom, semua bisa diubah hanya dari setir saja layaknya supercar asal Italia. Oh iya, rem tangan mobil ini juga bukan elektrik namun masih memakai tuas konvensional, hal itu makin menguatkan sisi sporti sang fastback.

Penggunaan bahan kulit yang ada pada interior dengan paduan stitching atau aksen merah dan pemakaian bahan beludru pada bagian kursinya, membuat i30 Fastback N ini semakin menguatkan sisi beringasnya. Walaupun sayang, bentuk maupun bahan pedal kaki tak berubah sama sekali. Namun melihat kembali model shift knob-nya yang bulat dengan paduan kulit dan aksen merah tersebut dan juga setirnya yang lebih sporti, membuat mobil ini menggoda iman kita yang tak tahan akan kecepatan. Ingin rasanya mencoba langsung sang fastback ganas tersebut.

Eksterior dan interior sudah selesai kita eksplorasi, mari kita ulas sektor utamanya yaitu dapur pacu dari Hyundai i30 Fastback N ini. Untuk mesinnya sendiri Hyundai menyediakan trim standar dan performa yang keduanya tetap memiliki output gahar. Konfigurasinya tetap sama dengan i30 N hatchback, inline-4 2,0L turbocharged yang pada varian standar memuntahkan 248 hp dan versi performanya 272 hp.

Walaupun berbeda horsepower, namun kedua trim tersebut memiliki torsi yang sama, yaitu 353 Nm. Tetapi dengan fitur OverBoost N Performance yang aktif pada saat mencapai torsi maksimal, mobil ini bisa memuntahkan torsi sebesar 378 Nm! Jadi waktu yang dibutuhkan mobil ini dari 0-100km/h hanya membutuhkan 6,4 detik untuk versi standar dan 6,1 detik untuk trim performanya.

Untuk teknologinya sendiri, mobil ini dilengkapi dengan paket Hyundai SmartSense yang di dalamnya terdapat Forward Collision-Avoidance Assist, Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist, dan High Beam Assist sebagai fitur standar. Sementara untuk fitur Intelligent Speed Limit Warning hanyalah sebuah opsi pilihan saja.

Bagaimana menurutmu mobil hot fastback rasa ginseng ini, apakah dapat mencukupi rasa penasaran kalian akan berkendara yang menyenangkan? Sayang untuk harganya Hyundai masih menutupi hal yang satu ini. Tetapi jika kita kesampingkan hal tersebut, kirimkan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah mengenai Hyundai i30 Fastback N tersebut.

Read Prev:
Read Next: