Hyundai Creta alias Hyundai ix25 Mendapatkan Mesin Turbo Baru

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Creta alias Hyundai ix25 Mendapatkan Mesin Turbo Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika meniliki beberapa hari kebelakang, pemberitaan tentang Hyundai dipastikan merujuk pada sosok CUV baru mereka Hyundai Kona yang di beberapa daerah akan dipanggil sebagai Hyundai Kauai. Hal tersebut tentu normal karena ekspektasi kemunculan Hyundai Kona sangat tinggi berkat teaser yang membuat beberapa penyuka otomotif menjadi kepo.

Namun sebenarnya Hyundai masih memiliki sebuah CUV yang sudah terlebih dulu eksis sebelum Hyundai Kona. Dan crossover itu adalah Hyundai Creta yang di Cina dikenal sebagai Hyundai ix25. Hyundai Creta alias Hyundai ix25 di Cina sendiri nantinya akan mendapatkan penyegaran, setidaknya di dalam tahun ini versi facelift dari Hyundai ix25 akan meluncur. Dan tak hanya mengubah hal – hal yang kelihatan mata saja, Hyundai Cina juga akan mengubah dapur pacu dari Hyundai ix25.

Hyundai ix25 disinyalir akan menggunakan mesin baru yang dilengkapi Turbo, namun bukanlah mein 1.600 cc T-GDI yang digunakan oleh generasi Hyundai ix25 saat ini maupun Hyundai Tucson dan Hyundai Kona, dan juga bukan mesin 1.000cc tiga silinder T-GDI pula, namun adalah mesin baru dengan kubikasi 1.400cc T-GDI. Mesin ini adalah mesin baru yang merupakan downsize dari versi 1.6oo cc T-GDI, sehingga jika mesin ini meluncur nantinya, maka varian bermesin 1.600cc T-GDI dan varian bermesin 2.000cc Nu akan disuntik mati.

Mesin 1.400 cc T-GDI milik Hyundai ix25 nantinya akan menemani mesin 1.600cc Gamma naturally aspirated yang sudah dijual terlebih dahulu. Mesin turbo ini akan menghasilkan tenaga 128 PS dan torsi 211 Nm. Sedangkan mesin 1.600cc Gamma milik Hyundai ix25 akan menghasilkan tenaga 122 PS dengan torsi 150 Nm. Sepertinya perubahan mesin ini merupakan sinyal bahwa pihak Beijing-Hyundai ingin membuka ruang untuk kehadiran Hyundai Kona kedepannya.

Hyundai ix25 facelift sendiri nantinya akan bertambah panjang 20 mm dari 4.270 mm menjadi 4.290 mm. Sedangkan untuk urusan tampang, disinyalir akan ada perubahan yang membuat penampilan depannya menjadi lebih segar lagi, selain itu masih belum ada informasi lebih lanjut. Hyundai ix25 atau Hyundai Creta sendiri juga diprediksi akan diberikan facelift di India dengan membawa teknologi mild hybrid sembari mempertahankan mesin bensin 1.600 cc Dual VTVT bertenaga 123 PS, lalu mesin diesel 1.400 cc U2 CRDi bertenaga 90 PS dan terakhir mesin diesel 1.600 cc U2 VGT CRDi.

Sayangnya, baik Hyundai ix25 alias Hyundai Creta maupun Hyundai Kona, keduanya belum terpantau akan masuk ke tanah air tercinta, sesunggunya kedua produk ini cukup menarik jika dibawa ke tanah air dan bersaing dengan Honda HR-V maupun Mazda CX-3 dan Nissan Juke. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: