Huawei Mau Ikutan Bikin Mobil, Ada Apa Sih?

by  in Berita&Hi-Tech&Hot Stuff
Huawei Mau Ikutan Bikin Mobil, Ada Apa Sih?
0  komentar

AutonetMagz.com – Entah kebetulan atau tidak, transformasi dunia otomotif yang sedang dalam fase peralihan menuju mobil bertenaga listrik malah mengundang perusahaan-perusahaan yang tadinya tidak bikin mobil jadi tertarik bikin mobil. Contoh paling gampang ya Apple, mereka dikabarkan ingin bikin mobil listrik dan mencari teman untuk membantu, tapi tidak ada yang mau. Mulai dari Hyundai, KIA dan Nissan semuanya ogah membantu Apple.

Contoh lainnya adalah Sony, produsen asal Jepang yang terkenal dengan barang elektronik seperti kamera, konsol game, TV dan lain-lain. Mereka membuat mobil konsep Sony Vision S yang diklaim Sony hanya untuk unjuk gigi di bidang teknologi saja, mereka tidak berpikir untuk ikut-ikutan jualan mobil saat ini. Nah, berikutnya apa lagi? Ternyata ada salah satu merek HP asal China mulai melirik industri otomotif lho.

Ingin Mobil Listrik

Sesuai judul, Huawei terindikasi ingin terjun ke dunia permobilan. Menurut Reuters, Huawei sudah ngobrol dengan beberapa produsen mobil asal China juga untuk membantu mereka menciptakan mobil bermerek Huawei. Paling tidak ada 2 pihak yang konon sudah didekati Huawei, yakni BUMN China bernama Changan Automobile yang kini turut membantu Ford merakit mobil listrik Ford Mustang Mach-E khusus pasar China.

Pihak kedua adalah grup asal Beijing bernama BAIC, lebih tepatnya BluePark New Energy Technology. Sampai sekarang belum ada kata-kata resmi yang mengindikasikan rencana produksi mobil listrik bagi Huawei, namun diisukan bahwa Huawei punya keinginan agar mobil pertamanya bisa diperkenalkan ke publik paling tidak akhir tahun 2021 ini.

Huawei Menampik Isu Tersebut

Juru bicara Huawei membantah informasi tersebut dalam sebuah pernyataan kepada Reuters. Katanya,” Huawei bukan produsen mobil. Namun, melalui teknologi informasi dan komunikasi, kami bertujuan untuk menjadi pemasok suku cadang yang mengutamakan mobil digital dan baru, memungkinkan produsen suku cadang asli merek mobil untuk membuat kendaraan yang lebih baik.” Singkatnya, tidak mau bikin dulu, tapi teknologi pendukungnya bisa dibuat.

Masih menurut Reuters, proyek ini sebenarnya akan berjalan melalui desain mobil secara internal dulu, fokusnya adalah mobil listrik yang terjangkau untuk rakyat kebanyakan. Entah jadi atau tidak, kita lihat saja Huawei sebenarnya mau bikin apa. Kemarin Xiaomi juga sempat diisukan mau bikin mobil juga, dan kalau jadi, mungkin itu bakal otomatis naik sebagai mobil idaman tim mending-mending. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: