Honda URV Segera Meluncur Bulan Depan

by  in Honda&Mobil Baru
Honda URV Segera Meluncur Bulan Depan
0  komentar

Autonetmagz.com – Jadi pemberitaan tentang produk baru honda belum berakhir, setelah Civic hatchback di Thailand, dan City Facelift di Indonesia, nyatanya ada produk lain lagi yang akan di luncurkan di China dalam tempo dekat ini. Apa ya produknya? Bukan CRV Turbo, Bentuknya adalah crossover antara Coupe dan SUV. Ya, yang sering update berita otomotif pasti tahu bahwa model ini adalah milik URV. Tapi beberapa yang teliti pasti akan bertanya, bukankah oktober lalu Honda telah merilis Avancier di China. Avancier adalah kembaran dari URV untuk pasar china, lalu ngapain Honda bikin URV lagi?? Bukankah akan memakan pasar Avancier? Tenang, ada penjelasannya.

Alasannya tak lain karena prinsipal Honda sendiri yang memiliki dua joint venture di China. Jadi katakanlah memiliki dua APM seperti kasus KTM di Indonesia. Tetapi beda dengan KTM Indonesia yang membagi zona penjualan mereka berdasarkan kubikasi, Guangzhou-Honda dan DongFeng-Honda justru bersaing satu sama lain. Guangszhou punya Avancier, DongFeng punya URV. Dan kedua APM ini memang selalu mendatangkan dan membuat mobil yang sama, yang mana hal ini terkesan buang – buang waktu, tenaga, dan uang tentunya. Merk sama, beda APM, saingan. Tapi begitulah cara kerja di China, karena kebutuhan akan produksi mobilnya yang jauh melebihi Indonesia, sehingga ada regulasi khusus yang memperbolehkan satu merk memiliki lebih dari satu APM. Honda pun tak sendiri, Toyota dan VW juga memiliki lebih dari satu APM.

Oke, kembali ke produknya, URV walaupun serupa dengan Avancier, nyatanya memiliki perbedaan juga. Jika orang kembar saja pasti ada bedanya, begitu pula dengan sang crossover. URV nyatanya lebih panjang 9mm, lebarnya sama, dan lebih tinggi 1mm daripada Avancier, sedangkan jarak sumbu rodanya sama panjang. Jika kita amati, walau desain masalah selera, tetapi URV nyatanya terlihat lebih cakep daripada Avancier. Bahasa desain solid wing face Honda yang kekinian terlihat diaplikasikan dengan baik, sedikit berbeda dengan Avancier yang malah menggunakan grill ala – ala mobilio lama berlapis krom.

Dan yang cukup melegakan adalah absennya kisi kisi udara palsu seperti di Avancier yang terletak di dekat pilar A. Lampu depan dan belakang pun turut berbeda, lampu depan yang mengikuti tren alis Honda terlihat lebih pas di URV daripada di Avancier. Lampu belakang URV menyambung dari kanan ke kiri, sedangkan Avancier terpisah, cakepan URV sih. Dan yang cukup enak dipandang dari URV adalah pipe tips-nya yang diposisikan di sudut bumper belakang.

Nah, karena desainnya yang sporty, dan jati dirinya yang gabungan coupe dan SUV, URV dan Avancier hanya akan memiliki 5 bangku pengemudi. Tidak ada cukup ruang untuk menambahkan baris ketiga, toh kalau dipaksa, bisa – bisa kepala penumpang baris beakang bisa keseleo karena atap belakangnya landai. Oke, mari kita bahas bagian dalamnya. Dashboard kedua produk ini memiliki desain yang sama, warna abu – abu yang sama, panel kayu yang sama, dan instrumen analog yang sama pula. Emang kembar sih. Nah, yang unik ada di headunit-nya, posisi slot DVD-nya tersembunyi. Beberapa anda pasti tahu jika anda pemilik Honda Jazz dan Honda City yang menggunakan head unit “floating” ala Honda, yang posisi slot DVD ada di sisi belakang layar. Namun berbeda dengan headunit Jazz dan City yang menekuk ke bawah, di URV layar akan bergeser ke atas.

Sedangkan perkara dapur pacu, URV dan Avancier menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin K20C3 2000cc Turbo dengan tenaga 272 HP dan torsi 370 Nm yang dialirkan ke penggerak 4 roda melalui transmisi 9 speed matiknya. Selain itu ada pilihan mesin 1500cc Turbo dengan 180 HP, dan 240 Nm. URV diberikan emblem 240 dan 370, sehingga tebakan kami versi 240 adalah versi berkubikasi 1500cc Turbo sedangkan 370 untuk kubikasi 200cc Turbo. Itulah sedikit bocoran tentang URV yang akan mulai dipasarkan bulan maret nanti, sayang memang hanya di pasar China. Bagaimana komentarmu kawan?

Read Prev:
Read Next: