Honda Stop Penjualan Clarity EV, Fokus PHEV & Fuel-Cell

by  in Berita&Honda&International
Honda Stop Penjualan Clarity EV, Fokus PHEV & Fuel-Cell
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok Honda Clarity? Mobil yang awalnya bernama Honda FCX Clarity ini kini sudah masuk ke generasi kedua, dimana nama FCX sudah ditanggalkan, dan kini malah hadir dalam 3 macam varian, yaitu hydrogen fuel cell seperti identitas awalnya, lalu plug-in hybrid alias PHEV, serta EV alias mobil listrik. Namun sayangnya, salah satu varian dari Honda Clarity harus disuntik mati karena kurangnya minat konsumen pada varian tersebut.

Yap, sesuai dengan judul diatas, Honda Clarity menanggalkan varian EV dan meninggalkan mobil ini dengan dua varian saja yaitu hydrogen fuel cell dan PHEV semata. Malahan, sejatinya produksi dari Honda Clarity EV sudah dihentikan sejak tahun 2019 silam. Sehingga, eksistensi dari Honda Clarity EV terbilang cukup singkat, yaitu hanya 3 tahun sejak April 2016 diperkenalkan dahulu. Honda Clarity EV sendiri harus disuntik mati karena minimnya minat konsumen di pasar Amerika. Alasannya sederhana, karena konsumen di Amerika Serikat kini kurang menyukai mobil dengan proporsi rendah, seperti sedan. Tentunya Honda Clarity termasuk di dalamnya.

Selain itu, baru – baru ini beberapa warga Amerika Serikat juga memproklamasikan diri bahwa mereka kurang bisa menerima mobil listrik. Tentunya dua hal ini menjadi vonis bagi Honda Clarity EV. Nampaknya, Tesla menjadi satu – satunya pabrikan EV dengan produk sedan yang masih bisa laris manis di pasar Amerika Serikat. Jika kita berkaca pada penjualan Honda Clarity tahun 2019 silam, sejatinya angka yang dicapai masih lumayan, yaitu 11.654 unit. Namun, kalau kita perhatikan tren penjualannya, bisa dikatakan bahwa penjualan Honda Clarity cenderung negatif.

Angka penjualan Honda Clarity di tahun 2019 menurun sebanyak 42% dibandingkan dengan tahun 2018 silam. Tentunya bukan hasil yang bisa membuat petinggii Honda tersenyum. Walaupun begitu, pihak Honda masih cukup optimis dengan varian PHEV dan fuel cell dari Honda Clarity. Natalie Kumaratne, Juru Bicara Honda menyebutkan via USA Today, “Kami akan terus mengembangkan porfolio produk kami, dan saat ini, kami akan lebih fokus pada generasi produk berelektrifikasi yang akan datang. Kami juga akan memperkenalkan kendaraan listrik baru yang menarik untuk pasar Amerika Serikat di tahun – tahun mendatang

Sedikit mengenang Honda Clarity EV, mobil ini dipersenjatai motor listrik 160 hp dengan baterai 25,5 kWh. Perpaduan ini membuat Honda Clarity EV bisa berjalan sejauh 143 km dari kondisi penuh. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: