Honda Spacy Resmi Disuntik Mati Per Bulan April 2018

by  in Berita&Honda&Merek Motor
Honda Spacy Resmi Disuntik Mati Per Bulan April 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2018 kemarin kami sempat bertanya – tanya apa alasan dari pihak Astra Honda Motor (AHM) masih mempertahankan model Honda Spacy, padahal motor ini sudah terlihat sangat tua dan juga sudah kalah secara desain, teknologi, dan juga mesin jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Nah, akhirnya skutik berbagasi lega ini disuntik mati oleh pihak AHM di bulan April 2018 kemarin.

Yap, Honda Spacy sudah dihentikan produksinya per bulan lalu, dan menandai 7 tahun sudah Honda Spacy bersaing di pasar skutik  di Indonesia. Honda Spacy sendiri pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2011 silm, dan diluncurkannya motor ini kala itu cukup memberikan kejutan karena mengusung kapasitas bagasi yang lega, yaitu mencapai 18 liter disaat para pesaingnya seperti Suzuki Spin dan Yamaha Mio memiliki bagasi yang ala kadarnya. Beberapa komponen seperti side stand switch, tuas pengunci rem, dan juga pengaman kunci yang menggunakan magnet menjadi nilai tambah motor ini selain bagasinya yang mampu memuat helm full face tersebut.

Mengutip dari laman Kompas, Direktur Pemasaran dari AHM yaitu Bapak Thomas Wijaya menyebutkan bahwa produksi dari Honda Spacy sudah resmi dihentikan per bulan April 2018 silam. Thomas juga menambahkan bahwa keputusan ini didasari ada penyesuaian pihak AHM terhadap perkembangan tren dan permintaan kebutuhan konsumen di pasar skutik Indonesia. Penjualan dari Honda Spacy sendiri semakin lama semakin menurun, dimana menurut data AISI, penjualan Honda Spacy di tahun 2016 masih ada di angka 6.170 unit dan di tahun 2017 mencapai 5.042 unit. Di bulan Januari 2018 kemarin Honda Spacy juga mencatatkan capaian 33 unit, dan di bulan februari 0 unit.

Belum jelas apakah akan ada generasi penerus dari Honda Spacy di masa yang akan datang, namun jika iya-pun, nilai tambah yang dimiliki oleh Honda Spacy di masa lalu yaitu masalah bagasi yang lega sudah menjadi hal yang lumrah di jajaran skutik yang dijual di tanah air. Tentunya pihak AHM harus menggodok lebih matang lagi jika pihaknya ingin menghadirkan generasi terbaru dari Honda Spacy. Pihak AHM sendiri saat ini masih menjadi penguasa di segmen skutik dengan penjualan yang masif dari Honda BeAT series dan juga Honda Vario baik yang 125cc maupun yang 150cc. Praktis, dengan matinya Honda Spacy maka jajaran skutik bermesin 110cc dari Honda hanya menyisakan Honda BeAT dan Honda Vario 110 eSP saja.

Nah, kalau menurut kalian, apakah suatu hari nanti Honda Spacy layak untuk dihadirkan kembali oleh pihak AHM? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: