Subaru XV PHEV Akan Debut Di Tahun Ini, Pakai Teknologi Toyota

Subaru XV PHEV Akan Debut Di Tahun Ini, Pakai Teknologi Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa waktu terakhir ini pemberitaan yang ada kaitannya dengan nama Subaru kebanyakan bersifat negatif. Hal ini tak lepas dari kasus pemalsuan data yang dilakukan oleh beberapa pegawai dari pabrik perakitan Subaru di Jepang yang ironisnya sudah terjadi bertahun – tahun. Nah, namun saat ini kabar terkait Subaru akan berbeda, karena akan menyinggung produk baru mereka.

Yap, sebuah produk baru sedang disiapkan oleh pihak Subaru, dan yang lebih menarik adalah kepastian bahwa produk ini menggunakan mesin dengan teknologi plug in hybrid yang dicomot dari Toyota. Produk ini sendiri juga akan menjadi produk dengan teknologi PHEV pertama yang dimiliki oleh pihak Subaru. Lalu, akan jadi seperti apa produk PHEV ini? Kalian sudha bisa menebaknya dari judul diatas. Subaru akan menggunakan basis dari Subaru XV atau yang juga dikenal sebagai Subaru Crosstrek untuk memproduksi produk terbaru mereka ini. Pihak Subaru juga menjamin bahwa versi PHEV dari Subaru XV ini akan hadir dan membawa nilai advanced & eco-friendly.

Subaru XV PHEV sendiri dikabarkan akan hadir di pasar Amerika Serikat pada akhir tahun 2019 ini, namun hingga kini pihak Subaru masih menyimpan rapat detail dan spesifikasi dari mobil ini. Karena menggunakan basis dari Subaru XV terbaru, maka yang jelas produk ini akan menggunakan SGP alias Subaru Global Platform, yang mana sudah mendukung untuk penggunaan teknologi hybrid dan juga mesin bertenaga listrik. Walaupun teknologi PHEV yang akan ditanamkan di produk ini adalah milik Toyota, namun pihak Subaru masih akan mengandalkan mesin empat silinder boxer sebagai pendampingnya. Sistem gerak empat roda khas Subaru juga masih akan diberikan di produk ini.

Walau Subaru tak membocorkan detail mobil ini, namun Chief Technical Officer mereka yaitu Takeshi Tachimori memberikan beberapa informasi mengenai produk ini. Tachimori-san menyebutkan, produk ini sedikit banyak akan dipengaruhi oleh Toyota Prius Prime. Apa artinya? Bisa saja sistem dan komponen yang ada di Toyota Prius Prime seperti electronically controlled continuously variable transmission, dua motor elektrik, dan juga baterai lithium ion 8,8 kWh akan dipasangkan di produk ini. Secara kasar, kombinasi tersebut membuat Toyota Prius Prime bisa menjelajah sejauh 40 km dengan mode listrik murni. Nah, bisa saja versi PHEV dari Subaru XV ini mendapatkan kapabilitas yang serupa, atau bahkan lebih baik.

Sayangnya, pihak Subaru sendiri sudah angkat kaki dari Indonesia, sehingga tak ada harapan bagi mobil ini menyapa pasar Indonesia. Semoga saja suatu hari nanti Subaru akan kembali beroperasi di Indonesia. Kalau menurut kalian bagaimana, kawan?

Read Prev:
Read Next: