Mencoba 2 Jenis DJI Mavic 2, Mana Favoritmu?

by  in Hot Stuff
Mencoba 2 Jenis DJI Mavic 2, Mana Favoritmu?
0  komentar

AutonetMagz.com – Membaca dari judulnya, kali ini kita akan membahas soal drone lagi. Drone baru dari DJI yang baru saja beberapa hari lalu diluncurkan, yaitu DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom, memang menjadi salah dua produk yang ditunggu-tunggu bagi para pengguna drone. Setelah meluncur kemarin, DJI kembali mengajak rekan-rekan dari media buat langsung mencoba drone keluaran anyarnya di Taman Cattleya (12/10).

Kalau dilihat dari tampilan luar aircraftnya sendiri, memang tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua versi ini karena memang hanya dari kameranya saja yang berbeda. Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sensor yang disematkan kali ini lebih banyak untuk menciptakan drone yang semakin cerdas.

Sejauh ini, kedua drone buatan mereka diklaim sebagai drone yang paling canggih dari segi fotografi dan keamanan. Untuk membedakan antara DJI Mavic 2 Pro dengan DJI Mavic 2 Zoom, bisa dilihat dari bentuk kameranya saja. Kalau yang DJI Mavic Pro 2, kameranya lebih besar, kotak,  dan menggunakan kamera dari Hasselblad. Sedangkan yang DJI Mavic 2 Zoom, kameranya lebih kecil dan berbentuk lingkaran. Sesuai dengan namanya, DJI Mavic 2 Zoom dibenamkan kamera yang bisa zooming bawaan DJI. Penasaran gimana soal masing-masing drone baru dari DJI ini? Yuk kita bahas satu-satu.

Mavic 2 Pro

Sudah pasti kalau kamera dari Mavic 2 Pro ini yang diunggulkan – pakainya saja Hasselblad yang harganya bisa buat DP mobil. By the way, DJI Mavic 2 Pro ini adalah drone pertama di dunia yang menggunakan kamera Hasselblad loh. Pastinya sudah terintegrasi dan bisa menghasilkan kualitas gambar yang oke banget dengan kinerja cahaya dan warna yang unggul. Kamera ini bisa menangkap empat kali lebih banyak tingkat warna per saluran dibandingkan Mavic Pro sebelumnya.

Bisa menangkap bidikan gambar mencapai 20 MegaPixel, dengan akurasi warna paling tinggi menggunakan teknologi Hasselblad Natural Color Solution (HNCS). Didukung pula dengan HDR 4K 10-bit, Mavic 2 Pro dapat dihubungkan dengan TV 4K dan HLG, yang akan memutar kembali rekaman dengan komposisi warna yang tepat.

Mavic 2 Zoom

Drone konsumen lipat pertama yang bisa zoom ini bisa memberikan hasil penceritaan yang lebih kreatif. Dengan Mavic 2 Zoom, pengguna bisa lebih dekat dengan subjek dengan menggabungkan dua kali optical zoom (24-48mm), dengan dua kali digital zoom untuk mensimulasikan lensa telefoto 96mm yang bisa menghasilkan gambar dengan resolusi HD penuh. Ada pula hybrid auto-focus yang disematkan, yang menggabungkan phase and contrast detection untuk akurasi fokus yang lebih tinggi dengan peningkatan kecepatan fokus hingga 40% lebih cepat. Salah satu fitur andalannya, dolly zoom juga sudah sempat di bahas di artikel sebelumnya.

Mirip bukan berarti sama. Dari segi ukuran, drone terbaru ini memiliki ukuran yang lebih panjang dari yang sebelumnya, dengan baterai yang lebih besar, jadi otomatis kapasitasnya juga lebih besar. Beratnya pun juga bertambah sekitar hampir 100 gram dari versi sebelumnya. Membahas soal safety, ada 10 sensor di semua sisi aircraft. Jadi bisa dipastikan lebih aman ketimbang generasi sebelumnya. Sebagai tambahan untuk safety, di bagian bawah juga ada lampu yang digunakan untuk landing dalam keadaan gelap – layaknya helikopter.

Meskipun lebih besar, drone ini lebih lincah dan ‘nendang’. Seperti beberapa mobil, drone ini juga punya mode sport yang bisa melaju hingga 72 kmph dengan waktu penerbangan maksimum 31 menit. Joy stick di remote control juga bisa dilepas-pasang. Untuk harga, Mavic 2 Pro dibanderol dengan harga 26.499.000 rupiah. Buat Mavic 2 Zoom, dibanderol dengan harga 21.999.000 rupiah. Bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk menocba bermain drone?

Read Prev:
Read Next: