Honda Pamerkan Teknologi Mesin i-MMD di GIIAS 2018

Honda Pamerkan Teknologi Mesin i-MMD di GIIAS 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan teknologi mesin i-MMD milik Honda? Sebenarnya kami pernah sekilas membahas mengenai teknologi mesin yang menggantikan teknologi mesin i-DCD yang ada di beberapa mobil Honda seperti Honda Freed Hybrid itu. Nah, kali ini kita malah bisa mempelajari dan melihat langsung bagaimana cara kerja dan konsep yang diusung oleh mesin i-MMD Honda tersebut dengan mampir ke booth dari Honda Indonesia di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Yuk kita bahas.  

Nah, Honda i-MMD sendiri merupakan singkatan dari mesin Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Mesin ini sendiri memiliki kemampuan untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dan menambah jarak tempuh mobil secara signifikan, menurut klaim dari Honda. Mobil yang sudah menggunakan teknologi ini salah satunya adalah Honda CR-V Hybrid yang muncul pertama kali di Tokyo Motor Show 2017 silam. Untuk cara kerja, secara singkat Teknologi mesin Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) bekerja dengan menggunakan
tenaga motor tanpa menyalakan mesin terus menerus, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Secara berkelanjutan, tenaga motor dan mesin berbahan bakar akan bekerja secara bergantian selama perjalanan sehingga teknologi i-MMD menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dari mesin konvensional.

Honda juga mengklaim bahwa Teknologi i-MMD unggul dalam akselerasi jikalau dibandingkan mesin konvensional, memang cukup masuk akal sih. Saat menginjak pedal gas, teknologi i-MMD menggunakan tenaga motor yang dapat memberi respon lebih cepat, sehingga waktu yang diperlukan untuk berakselerasi secara logika akan menjadi lebih singkat dibandingkan dengan mesin konvensional yang biasanya membutuhkan waktu dari sejak pedal gas ditekan hingga mobil melaju. Untuk urusan efisiensi sendiri teknologi milik pabrikan berlogo H ini juga cukup oke dengan melibatkan 5 sistem berbeda yang bekerja dan bersinergi bersama. Kelimanya meliputi Generation and Drive Motors, mesin 2.0L Atkinson-cycle DOHC i-VTEC, Lithium-Ion Battery, Engine-linked Clutch dan sebuah PCU (Power Control Unit).

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM mengatakan bahwa Ajang GIIAS merupakan momen yang tepat bagi Pihak HPM untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai berbagai teknologi Honda, salah satunya adalah dengan memeragakan cara kerja mesin Hybrid i-MMD sebagai inovasi untuk mesin yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Sesuai dengan tema yang Pihak HPM usung di ajang ini, Pihak HPM akan terus berinovasi menciptakan teknologi canggih untuk memudahkan mobilitas manusia di masa depan, tutup Jonfis. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk melihat bentuk nyata dari teknologi mesin i-MMD milik Honda, pihak HPM sendiri membawa langsung bentuk riil dari mesin dengan teknologi tersebut beserta dengan beberapa visualisasinya.

Jika kalian kepo, kalian bisa menghadiri gelaran GIIAS 2018 yang masih akan dihelat hingga hari Minggu, 12 Agustus 2018 mendatang. Nah, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: