Honda NSX Type S, Inilah Salam Perpisahan Mobil Super Honda

Honda NSX Type S, Inilah Salam Perpisahan Mobil Super Honda
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak pertama kali muncul di tahun 2016, Honda NSX generasi kedua harus meniti jalan yang tidak mudah. Meski menggendong sejumlah teknologi canggih di bawah kulitnya seperti sistem hybrid, penggerak AWD pintar dan kemampuan berjalan dengan tenaga listrik saja, bayang-bayang mobil super lain yang lebih jumawa selalu menutupinya. Honda pernah menyegarkan NSX sebanyak satu kali, tapi tak membawakan hasil berarti.

Karena usia Honda NSX juga sudah tidak segar lagi, Honda akhirnya memutuskan untuk menyudahi masa baktinya. Untuk itulah, mobil yang juga dijual sebagai Acura NSX ini kini hadir dalam varian spesial. Ini adalah Honda NSX Type S, dan ini akan jadi NSX terakhir yang diproduksi. Total ada 350 unit Honda NSX Type S, di mana 300 unit sudah dijatah untuk pasar Amerika dan sisanya dibagi-bagi ke negara lain. Bedanya apa saja?

Body Kit Baru dan Ekstra Carbon Fiber

Bagian depan Honda NSX Type S ini dihiasi gril pentagon seperti mobil-mobil Acura lainnya, misalnya Acura TLX. Sedikit terkesan dipaksakan, namun Acura mengklaim ini berguna untuk memaksimalkan pendinginan dan menambah efisiensi aerodinamika, khususnya gaya tekan ke bawah. Spion dan handle pintu kini dicat warna hitam, sementara kaliper remnya pakai warna merah. Peleknya bisa dipilih mau warna hitam atau abu-abu, dan ada emblem “Type S” di dekat roda belakang.

Atap Honda NSX Type S ini sudah pakai bahan carbon fiber dari standarnya, demikian juga dengan spoiler kecil di bagian belakangnya. Sektor diffuser Honda NSX Type S terbaru kini dibagi jadi 2 bagian, kiri dan kanan. Lubang udara belakang dibuat lebih kecil, sementara knalpotnya membesar di tengah-tengah. Ban Pirelli P Zero yang terpasang sudah didesain khusus untuk NSX Type S, mengincar daya cengkram lebih baik daripada ban standar NSX.

Pada bagian interior, Honda dan Acura tidak mengubah banyak hal. Honda NSX Type S ini masih punya kabin yang identik dengan NSX biasa. Perbedaan paling mencolok ada pada plafon berbahan beludru, emblem “Type S” di laci penumpang, jahitan “NSX” di kedua sandaran kepala dan jahitan baru. Sisanya sama saja, sistem infotainment jadul bawaan NSX lama pun tidak diubah sama sekali. Untungnya, ada perbedaan yang patut diacungi jempol di jantungnya.

Honda NSX Type S Bertenaga 600 HP

Mesin Honda NSX Type S masih berjenis hybrid, kawinan dari mesin 3.500 cc V6 twin turbo plus 3 motor listrik untuk menggerakkan keempat rodanya. Revisi yang dilakukan adalah pemakaian turbo dari Honda NSX GT3 Evo, intercooler baru, baterai dengan rentang kapasitas yang lebih besar dan output lebih baik. Hasilnya, Honda NSX Type S kini bertenaga 600 hp dan torsi 667 Nm, lebih besar 27 hp dan 22 Nm daripada NSX standar.

Selain mesinnya, girboks kopling ganda 9 percepatannya juga sudah disetel ulang supaya naik dan turun giginya bisa lebih cepat. Sistem SH-AWD pun mengalami revisi, demikian pula dengan keempat mode berkendaranya (Quiet, Sport, Sport+, Track) yang lebih berfokus ke setelan suspensi dan suara mesin yang lebih jos. Yah, sudah berakhirlah kiprah NSX generasi kedua, semoga Honda NSX Type S ini bisa menjadi edisi penutup yang pantas. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: