Tokyo Motor Show 2017 : Honda Jamin Sebagian Modelnya Akan Bertenaga Listrik

by  in Honda&International
Tokyo Motor Show 2017 : Honda Jamin Sebagian Modelnya Akan Bertenaga Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Panggung Honda di Tokyo Motor Show 2017 sekarang bukan milik mobil konvensional lagi, melainkan mobil listrik. Lihat saja, di panggung utama ada 3 mobil konsep yang semuanya adalah mobil listrik. Sebut saja Honda NeUV, Honda Urban EV dan Honda Sports EV. Euforia ini juga merambah ke divisi roda dua Honda dengan munculnya Honda PCX Electric dan konsep Riding Assist-e.

Rupanya Honda tidak hanya berniat “menyetrum” pameran TMS 2017 saja, melainkan “menyetrum” seluruh dunia. Seperti yang pernah disampaikan CEO Honda, Takahiro Hachigo bahwa dua pertiga dari jajaran model Honda akan memakai tenaga listrik pada tahun 2030. Visinya ya melalui konsep-konsep tadi, termasuk skuter Honda PCX Electric. Mobil yang paling dekat dengan jadwal produksi massalnya adalah Honda Urban EV, konsep mobil yang bentuknya mirip Civic generasi pertama.

Versi produksi dari Honda Urban EV akan siap untuk pasar Eropa pada tahun 2019, lalu akan diperkenalkan ke pasar Jepang di tahun 2020,” kata Hachigo-san. Selain itu, Honda juga akan memakai platform baru mereka yang dirancang khusus bagi mobil listrik. Menurut Honda, antara Urban EV Concept dan Sports EV Concept berdiri di atas platform yang sama meski beda peruntukan, di mana satunya adalah city car dan satu lagi mobil sport.

Itu untuk jangka panjangnya, sementara untuk jangka pendeknya Honda akan mengandalkan sistem hybrid. Honda CR-V Hybrid i-MMD, PCX Hybrid, Clarity Plug-in Hybrid, Odyssey Hybrid, Legend Hybrid dan Honda NSX menjadi pembuka bab tenaga hybrid Honda dalam cakupan yang luas dari skuter hingga supercar. Selain listrik, Honda turut andil dalam evolusi mobil bertenaga hidrogen via Honda Clarity FCV.

Karena bertenaga hidrogen, tangki milik Honda Clarity FCV bukan berisi bensin, melainkan gas hidrogen. Keuntungannya jelas, ia 100% bebas emisi karena hasil pembakaran hidrogen hanyalah uap air yang aman untuk makhluk hidup. Sebenarya ini bukan mobil hidrogen pertama Honda, karena Honda dulu pernah memasarkan FCX Clarity sebagai mobil hidrogen pertama yang bisa dibeli di Amerika. Hmm… Semoga masa depan dengan tenaga alternatif ini bisa menarik. Apa opinimU? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: