Menteri Luhut : Hyundai Pasti Bangun Pabrik di Karawang

by  in Berita&Hyundai&Merek Mobil
Menteri Luhut : Hyundai Pasti Bangun Pabrik di Karawang
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kita sudah sama – sama tahu bahwa pabrikan asal Korea Selatan yaitu Hyundai menyatakan minatnya secara terang – terangan untuk berinvestasi di Indonesia. Dan Investasi ini tentunya membutuhan fasilitas produksi berupa pabrik perakitan. Pihak Hyundai sendiri juga sebelumnya dikabarkan telah melakukan survey pada beberapa lokasi di kawasan Jawa Barat yang memungkinkan untuk lokasi pabrik mereka.

Nah, kabar terbaru, pihak Hyundai dikabarkan telah memiliki keputusan terkait lokasi calon pabrik mereka. Informasi ini didapat dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut menyebutkan bahwa pihak Hyundai dipastikan akan membangun pabrik di Indonesia, karena pabrikan asal Negeri Ginseng ini sudah membeli tanah untuk calon pabrik perakitan. Tanah ini sendiri disebutkan berada di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat. Selain perihal lokasi calon pabrik perakitan Hyundai di Karawang, Luhut juga memberikan informasi mengenai besaran nilai investasi Hyundai di Tanah air.

Luhut menyebutkan bahwa Hyundai menggelontorkan investasi dengan angka mendekati 1 juta USD. Jikalau di konversikan, maka investasi yang dilakukan oleh Hyundai ada di angka belasan Triliun Rupiah. Investasi yang besar ini disebut Luhut juga melingkupi fasilitas produksi mobil listrik, jadi tidak hanya fasilitas untuk memproduksi mobil konvensional saja. Pabrik Hyundai di Indonesia sendiri dikabarkan akan memiliki output mencapai 250 ribu unit per tahunnya, sebuah angka yang besar. Dan selain itu, Pabrik Hyundai juga ditargetkan menyerap 3.500 tenaga kerja.

Dari angka produksinya, 60% akan dialokasikan untuk pasar Indonesia, dan sisanya untuk pasar ekspor. Luhut menambahkan, bahwa sebenarnya bukan hanya Hyundai yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia. Beliau menyebutkan ada banyak investor otomotif yang berminat untuk menanamkan modal di Indonesia. Apalagi, jikalau Indonesia sudah memiliki pabrik baterai Lithium. Nampaknya, Indonesia akan menjadi lokasi yang prospektif untuk memproduksi mobil listrik jika syarat yang disebutkan tadi terpenuhi.

Jadi, kia tunggu saja bagaimana realisasi dari Hyundai terhadap calon pabriknya di Karawang. Bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : CNN Indonesia

Read Prev:
Read Next: