Honda Akan Rilis 2 Mobil Listrik Hasil Kerjasama Dengan GM

by  in Berita&Chevrolet&Honda
Honda Akan Rilis 2 Mobil Listrik Hasil Kerjasama Dengan GM
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya kami membahas mengenai kerjasama yang terbangun antara BYD dan Toyota yang bertujuan untuk R&D Mobil listrik, kini giliran dari rival senegara dari Toyota yaitu Honda. Honda selama ini sudah bekerja sama dengan General Motor, dan fokus kerjasama mereka adalah pengembangan kendaraan listrik, khususnya untuk komponen baterai. Baru – baru ini, pihak Honda dan GM mengumumkan bahwa akan ada 2 mobil listrik yang akan diperkenalkan Honda dari hasil kerjasama ini.

Pernyataan ini disampaikan oleh pihak GM dan Honda, dimana nantinya kedua mobil listrik tersebut akan mulai dijual di Amerika Utara per tahun 2024 mendatang. Untuk produksi, kedua mobil ini akan diakit di pabrik perakitan GM yang ada di kawasan tersebut. Pernyataan ini nampaknya menjadi kelanjutan dari pengumuman GM dan Honda yang telah menemukan teknologi baterai Ultium dan juga platform modular untuk mobil listrik yang disampaikan di bulan Maret 2020 kemarin. Tentunya, platform tersebut akan digunakan sebagai basis dari kedua mobil listrik Honda ini, dan baterai Ultium sebagai sumber tenaganya.

Nah, mari kita sedikit membahas mengenai kedua teknologi ini. Platform modular EV yang dikembangkan GM dan Honda ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi, sehingga bisa dijadikan basis untuk kendaraan FWD, RWD, ataupun AWD. Jadi, baik GM maupun Honda bisa berkreasi dengan platform ini untuk menghasilkan kendaraan sebagaimana dibutuhka pasar. Sedangkan teknologi kedua yaitu baterai Ultium merupakan sebuah baterai untuk EV uang memiliki kandungan cobalt yang rendah dan selnya bisa bertumpuk baik vertikal maupun horisontal. Posisi sel ini sendiri berguna untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan energi.

Dalam pengembangan teknologi EV ini, Honda dan GM berhasil meraih sejumlah keuntungan. Untuk GM sendiri bisa mengirit penyediaan dana untuk pengembangan baterai dan platform modular tersebut, sembari melancarkan produksi mereka dengan menyediakan ruang untuk membantu Honda memproduksi mobil listrik tersebut. Sedangkan Honda terbantu untuk mempercepat pengenalan dan pengembangan mobil listrik berjarak tempuh jauh mereka. Jadi, besar kemungkinan kerjasam antara Honda dan GM ini akan bertahan cukup lama. Oiya, kedua mobil listrik Honda tersebut bukan mobil pertama yang dihasilkan kolaborasi ini. Sebelumnya sudah ada GM Cruise Origin Concept.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: