Honda Jazz 2019 Siap Diet Hingga 30 Kilogram dan Pakai Mesin 1.000 cc Turbo!

Honda Jazz 2019 Siap Diet Hingga 30 Kilogram dan Pakai Mesin 1.000 cc Turbo!
0  komentar

Honda Jazz turboAutonetMagz.com – Di Jepang maupun Indonesia, Honda Jazz sama-sama sedang struggling. Bedanya, jika di Jepang, Jazz yang dikenal sebagai Honda Fit ini harus membenahi diri demi melawan Toyota Aqua, di sini Honda Jazz malah lebih tergerus segmennya oleh saudaranya sendiri daripada oleh rivalnya, dan saudaranya itu adalah Honda HR-V. Yup, mungkin lebih susah bagi Jazz untuk merebut kembali konsumennya yang lari ke HR-V daripada lari ke Yaris, Swift, Mazda 2, Rio atau Grand Avega.

render honda jazz facelift 2019

Di rumah asalnya, Jazz sedang diracik ulang oleh Honda Jepang, dan sebuah majalah Jepang sudah melakukan render untuk prediksinya. Menurut info mereka, Jazz facelift akan memakai muka Civic Turbo yang masih baru diluncurkan di sini. Hmm… Sepertinya ke depannya produk-produk Honda akan pakai muka Civic ya? CR-V 2017 yang sedang dites prototipenya di luar sana bahkan pakai muka beraura Civic plus lampu belakang yang mirip Civic juga? Ah, tapi ini kan masih prediksi.

mesin-honda-civic-2016

Masih menurut majalah tersebut, Jazz baru juga akan dikebiri bobotnya hingga 30 kilogram lebih ringan daripada yang sekarang. Entah di bagian mana mereka bakal mengurangi bobot, pasalnya 30 kilogram itu tidak sedikit lho. Antara Civic FD2 biasa dan Civic FD2 Type R saja beda bobotnya 25 kilogram lebih ringan untuk type R, dan diet 25 kilogram itu sulit. Satu yang sudah ketahuan mungkin di mesinnya, karena Jazz baru akan mengadopsi mesin kekinian, berkapasitas kecil plus turbo.

Lebih tepatnya, mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang dipinjam dari Civic Eropa, punya tenaga 127 hp dan torsi 200 Nm. Kedengarannya nikmat, tapi ada kemungkinan tetap pakai transmisi CVT. Untuk mesin 1.500 cc i-VTEC dari Jazz lawas, akan dioptimalkan lebih lanjut terutama di versi hybrid dari Jazz ini. Wajar, soalnya kemarin menurut hasil tes di Jepang, Honda Jazz hybrid kalah tipis dari Toyota Aqua dalam hal efisiensi BBM.

mesin honda cr-z hybrid

Tapi karena kita sudah menikmati Jazz hybrid di sini dalam bentuk CR-Z, mungkin Jazz hybrid yang asli tidak akan dijual di sini. Kalau Jazz turbo? Hmm… Masih ada kemungkinan untuk masuk ke sini, tentunya. Mumpung subcompact hatchback di sini tidak ada yang pakai turbo lagi selain Ford Fiesta Ecoboost yang kelanjutan mereknya masih agak abu-abu, tidak ada salahnya Honda ikut merangsek dengan turbo. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: