Honda Jade RS Pakai Mesin VTEC Turbo, Makin Sporty dan Dinamis!

Honda Jade RS Pakai Mesin VTEC Turbo, Makin Sporty dan Dinamis!
0  komentar
honda-jade-rs

AutonetMagz.com – Ingat dengan Honda Jade? Mobil keluarga yang tingkatnya di atas Honda Fit Shuttle yang belum lama diluncurkan ini baru saja diberikan varian RS oleh Honda Jepang. Tunggu dulu, jangan berpikir kalau ia hanya ditambah pernak – pernik yang lebih sporty dan dinamis saja seperti varian RS kebanyakan. Tidak, namun lebih dari itu, Honda membenamkan mesin VTEC Turbo khusus untuk Jade RS. Nah, ini baru Real Sporty, bukan Rada Sporty.

Mesin yang diandalkan oleh Jade RS adalah mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo dengan tenaga 148 hp dan torsi 203 Nm. Honda berkata, mesin 1.500 cc turbo ini larinya bisa setara dengan mesin 2.400 cc tapi tetap dengan keiritan bahan bakar mesin 1.500 cc. Pilihan transmisinya adalah CVT 7 percepatan virtual lengkap dengan paddle shift.

mesin-vtec-turbo-honda-jade

Tujuan mesin ini memang bukan untuk kebut-kebutan meski figur tenaga dan torsinya terdengar amat menjanjikan untuk sebuah mobil keluarga, namun tak ada salahnya jika kita berharap mesin turbo ini bisa hemat BBM. Hasilnya? Tidak buruk, menurut pengujian berstandar JC08 di Jepang, Jade RS mampu menorehkan hasil 18 kilometer per liter. Oh ya, mesin ini juga akan dipasang di Honda Civic baru nanti.

Di samping itu, banyak faktor yang menunjukkan kalau Jade RS benar-benar Real Sporty dan bukan “Rada Sporty”. Misalnya, Jade RS punya sasis yang sudah disetting secara khusus, sementara suspensinya lebih keras 15 persen (depan) dan 20 persen (belakang).

Honda-jade-rs-turbo

Sistem pengendalian elektronik bernama Agile Handling Assist (AHA) disematkan pula di mobil ini, tujuannya untuk meningkatkan kedinamisan mobil melalui kontrol rem, namun Jade juga sudah dilengkapi fitur keselamatan Honda Sensing yang terdiri dari sejumlah fitur cerdas.

Honda-jade-rs-blue

Ubahan Jade RS di eksterior lumayan tepat sasaran jika ingin tampil sporty, sebab Honda memberikan gril depan berdesain mesh, emblem RS di depan dan belakang, dark chrome garnish di sekitar fog lamp, molding pegangan pintu dan bagasi, serta pelek 17 inci berbahan aluminium. Sementara di dalamnya, Honda menawarkan 2 pilihan warna interior, yakni cokelat atau hitam.

dashboard-honda-jade-rs

Joknya dilapisi bahan paduan antara fabric dan Prime Smooth, setir berlapis kulit dan pedal-pedal yang didesain khusus untuk Jade RS. Untuk interior warna hitam, kita akan mendapatkan aksen berupa jahitan warna merah. Harga Honda Jade RS adalah 2,53 juta Yen (274,9 juta Rupiah), tapi jangan berharap kita dapat 7 tempat duduk, karena Jade hanya menyediakan 6 tempat duduk saja.

kabin-hitam-honda-jade-rs

Bagaimana para pembaca? Jika anda sempat ogah dengan Fit Shuttle karena joknya hanya 2 baris, Jade RS sepertinya bisa juga jadi idaman. Coba bayangkan , Jade RS ini adalah MPV dengan tampilan sporty luar-dalam, mesin turbo, jok 3 baris dan ubahan berkarakter sporty yang tergolong menyeluruh. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: