Honda Investasi Hingga 2 Miliar Dollar di Teknologi Autonomous GM

by  in Berita&Hi-Tech&Honda
Honda Investasi Hingga 2 Miliar Dollar di Teknologi Autonomous GM
0  komentar

Autonetmagz.com – Teknologi yang satu ini sepertinya sedang menjadi tren tersendiri untuk seluruh manufaktur-manufaktur otomotif yang ada di dunia. Tak dapat dipungkiri, setiap manufaktur sekelas global pun menjadikan teknologi autonomous sebagai target untuk produk massal mendatang. Sebut saja Audi, BMW, Porsche, Toyota, Nissan, Yamaha, dan masih banyak lagi pabrikan otomotif yang menyombongkan teknologi autonomous ciptaannya.

Bahkan pabrikan di luar otomotif saja tertarik untuk membuat kendaraan tanpa awak tersebut. Ada Google, Apple, IKEA, hingga Motorola pun membuat mobil tanpa awak dengan kegunaan uniknya masing-masing. Mirip dengan yang ada pada film-film sci-fi, sepertinya teknologi canggih ini sudah menjadi masa depan cerah untuk dunia otomotif global. Maka dari itu, Honda melihat peluang emas tersebut.

Manufaktur asal Jepang yang sudah terkenal karna kendaraan inovatifnya yang bervariasi, juga gencar mengguncang dunia otonom. Dengan riset dan pengembangan yang terus dilakukan, Honda berharap teknologi autonomous ciptaannya bisa menggebrak pasar segmen kendaraan tanpa awak. Sehingga produknya patut diperhitungkan seperti model-model mereka yang sekarang ini.

Namun Honda tahu, ia mesti melakukan fase step up the game agar dapat terus mengimbangi kemajuan teknologi yang tak ada ujungnya. Pabrikan karya Soichiro Honda tersebut pun mulai bekerja sama dengan divisi autonomous kepunyaan General Motor (GM), yaitu Cruise. Tak tanggung-tanggung, Honda langsung menggelontorkan uang senilai $ 2 Miliar untuk investasi kepada GM! Jumlah yang sangat ambisius memang, namun melihat dua pabrikan otomotif besar ini? Sepertinya bukanlah hal yang tidak mungkin.

Perusahaan yang memiliki basis di San Francisco ini baru diakuisisi oleh GM pada 2016 lalu sebesar $ 1 Miliar, dan fokus divisi Cruise sendiri memang mengembangkan teknologi autonomous untuk keperluan moda transportasi ataupun mobilitas masyarakat dunia. Lalu apakah hasil dari kerjasama GM dan Honda ini sudah membuahkan hasil? Jawabannya adalah sudah, ya walaupun masih sebuah konsep gambar saja. Tetapi dari ilustrasi tersebut kita bisa membayangkan masa depan dari kerja sama antar dua perusahaan besar ini.

Untuk track record-nya sendiri, GM dan Honda sudah bekerja sama dalam membuat next-gen battery. Lalu pada 2013, GM pun bekerja sama dengan Honda dalam risetnya membangun kendaraan berbahan bakar fuel-cell hydrogen. Jadi ikatan antar kedua manufaktur otomotif itu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bukan? Saat ini pun Honda berencana mengeluarkan kocek sebesar $ 750 Juta untuk investasi ekuitas pada pabrikan Amerika tersebut.

Menurut kalian apakah langkah yang diambil oleh Honda ini sudah benar? Apa benar peluang teknologi otonom dalam dunia otomotif sangatlah besar? Tuliskan komentar kalian pada kolom Disqus di bawah.

Read Prev:
Read Next: