EICMA 2017 : Honda Rilis Africa Twin Adventure Sports, Khusus Offroad

by  in Berita&EICMA&Honda
EICMA 2017 : Honda Rilis Africa Twin Adventure Sports, Khusus Offroad
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih berkaitan dengan gelaran tahunan yaitu EICMA 2017, setelah sebelumnya kami membahas tiga produk baru dari merk asal Jepang yaitu Honda, ada sebuah motor baru lagi dari pabrikan ini. Mungkin bukan sepenuhnya baru, melainkan sebuah varian baru dari Honda CRF1000L atau yang kita kenal sebagai Honda Africa Twin.

ya, sebuah varian baru diluncurkan oleh pihak Honda bagi para pecintanya, yaitu Honda Africa Twin Adventure Sports, panjang juga namanya. Seperti namanya, maka penggunaan dari motor ini akan menyasar pada adventure dan sports, dan jika menilik segmentasinya, sudah jelas kedua kata tersebut akan mengacu pada sebuah kata lain yaitu off-road. Ya, motor ini dilahirkan untuk menggaruk tanah kawan, bukan berjalan di aspal mulus. Lalu, apa hanya itu bedanya dibandingkan dengan Honda Africa Twin standar? Tentu tidak, motor ini diberikan beberapa ubahan sehingga sudah siap langsung menggaruk tanah.

Ubahan pertama yang diberikan pada Honda Africa Twin Adventure Sports adalah pada tangkinya. Tangki pada motor ini diperbesar menjad 24,2 liter sehingga bisa menampung bahan bakar lebih banyak untuk perjalanan lebih jauh, yaitu hingga 500km. Selanjutnya, posisi mengemudi motor ini dibuat lebih tinggi, plus dengan set up suspensi yang travel-nya lebih panjang. Selain itu, Honda Africa Twin Adventure Sports mengapatkan hand grip dengan penghangat dan juga bagian fairing baru. Salah satu dampak peninggian posisi duduk membuat ground clearance motor ini naik 20mm dari versi standar, lebih aman tentunya di jalanan off-road.

Selain itu, motor ini juga mendapatkan sistem gas ride by wire, tiga riding modes, extra tracton control levels, dan revise intake & exhaust. Untuk urusan mesin, Honda Africa Twin Adventure Sports masih akan mengandalkan mesin yang sama, yaitu unit berkubikasi 998cc paralel twin dengan tenaga maksimal 94 hp dengan torsi maksimal 99 Nm. Dan masih sama denga versi standar, anda bisa memilih jenis transmisi yang digunakan oleh motor ini, baik manual enam percepatan ataupun otomtis dengan DCT. Beralih ke desain, Honda Africa Twin Adventure Sports mendapatkan sedikit ubahan pada sisi depannya, menyesuaikan dengan tangkinya yang membesar.

Selain itu, windscreen dari motor ini pun menjadi lebih tinggi, dan sebagai identitas, ada logo ‘Adventure Sports’ di buritan motor ini. Yang menarik, Honda Africa Twin Adventure Sports kini mendapatkan crash bar yang akan melindungi body motor saat bertabrakan, mirip motor petualang dari pabrikan Jerman. Dan salah satu komponen baru lain adalah baterai lithium ion baru yang tertanam baik di versi ini maupun versi standar, penggunaan baterai baru ini mereduksi bobot hingga 2,3 kg. Secara umum, bobot dari Honda Africa Twin Adventure Sports adalah sebesar 243 kg untuk versi manual, dan 253kg untuk versi tanpa tuas kopling.

Untuk varian manual dari Honda Africa Twin Adventure Sports ini sendiri juga akan dimanjakan dengan hadirnya fitur quickshifter yang hadir sebagai opsional. Honda Africa Twin Adventure Sports sendiri akan hadir dengan laburan livery khusus yaitu livery 3oth XRV650 Africa twin. Bagaimana menurut kalian motor ini? menarik? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: