Skoda Vision RS Concept : Tenaga Maksimal 245 hp, Jarak Tempuh Bisa 70km

Skoda Vision RS Concept : Tenaga Maksimal 245 hp, Jarak Tempuh Bisa 70km
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu lakon otomotif asal Ceko, Skoda, tak mau kalah unjuk kecanggihan mobil konsepnya di ajang pameran otomotif Paris Auto Show 2018. Salah satunya adalah dengan debut produk barunya, Skoda Vision RS, di mana mereka juga sekaligus mengungkap versi baru dari SUV Kodiaq RS. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Skoda Vision RS ini memiliki mesin plug-in hybrid yang terdiri dari mesin bensin turbo 1,5 liter TSI dengan tenaga 150 hp, yang juga dipasangkan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 102 hp.

Jadi, kalau digabungkan dengan yang sebelumnya, bisa menghasilkan tenaga sebesar 245 hp. Tenaganya akan disalurkan lewat girboks kopling ganda 6 percepatan. Dengan segala yang ada pada mesin tadi, bisa membuat mobil konsep Skoda Vision RS ini mencapat 0-100 km/jam dalam 7,1 detik. Sedangkan akselerasi dari 80-120 km/jam dilewati dalam 8,9 detik. Sementara itu, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh konsep Skoda Vision RS ini adalah 210 km/jam, menurut Skoda. Dari sisi teknologi baterai, Skoda Vision RS Concept bisa melaju hingga 70 km hanya dengan tenaga baterai saja, dan saat dikombinasikan dengan mesin konvensionalnya, emisi CO2nya ada di angka 33 g/km

Baterai litium-ion nya sendiri memiliki kapasitas 13 kWh, dan bisa di-charge dengan kabel dalam waktu 2,5 jam di stasiun pengisian baterai tentunya. Di rumah pun juga bisa diisi, serta saat melalui pemulihan energi ketika sedang dikendarai. Tapi, Skoda sendiri belum memberi tahu tentang protocol pengisian atau konektor yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai. Soal mode berkendara, Vision RS Concept ini memiliki tiga mode, yaitu normal, EV, dan sport. Saat mode normal, mobil akan menentukan sendiri apa yang dianggapnya sebagai kombinasi paling optimal dari penggerak bensin dan mesin.

Kalau pada posisi EV, sesuai namanya, Electric Vehicle, mobil akan fokus pada tenaga dari listriknya. Sementara di mode sport, mobil akan mengerahkan semua tenaga yang bisa dihasilkannya sesuai dengan keinginan pengemudi. Skoda Vision RS Concept bakalan dicat dengan Xirallic yang bisa memberikan efek berkilau – seperti kristal, dengan semburat halus warna biru. Selain membuat tampilan makin keren, komponen organik dalam cat bisa memantulkan panas, jadi bisa mengurangi suhu dalam mobil. Visual pada eksteriornya dihasilkan dari elemen serat karbon hitam yang dipasang di grille, spoiler depan dan belakang, spion, lubang udara, pijakan kaki bagian samping, serta diffuser.

Di bagian ‘kaki’ mobil, dipasang Rolling Stock, velg 20 inci yang dioptimalkan untuk mengurangi hambatan angin sekaligus memamerkan logo Skodanya yang terbuat dari kaca. Di rodanya juga ada detail serat karbon. Mengintip bagian dalam, Skoda Vision RS Concept memiliki kursi yang dilapisi dengan Alcantara, menggunakan tekstil karbon yang terbuat dari 100% benang polyester daur ulang. Sementara alasnya menggunakan tekstil Pinatex dengan tenunan karbon. Kata Skoda, seratnya diambil dari daun pohon nanas. Bagian konsol utama semuanya terbuat dari serat karbon. Aksen-aksen yang mempercantik mobil ini bahkan terbuat dari kaca kristal yang bisa saling berinteraksi

Ada juga fitur hiburan yang tentunya juga sudah touchscreen tentunya. Bagian dalam pintu juga sedikit disisipi serat karbon. Sungguh estetik sekali sekaligus memberi kesan sporty ya mobil ini kalau dilihat-lihat. Nah, jadi bagaimana menurut kalian sosok Skoda Vision RS Concept ini? Yuk sampaikan pendapatmu.

Read Prev:
Read Next: