Honda Civic Type R Turbo Baru Makin Beringas, Ini Dia Spesifikasinya!

Honda Civic Type R Turbo Baru Makin Beringas, Ini Dia Spesifikasinya!
0  komentar
Honda-Civic-Type-R-turbo-red

AutonetMagz.com – Sensasi kencang Honda Type R selalu menjadi andalan Honda untuk memamerkan kemampuan engineering, brand image dan heritage merek Jepang berlogo H tegak ini. Sebagai klan Type R terbaru, Honda Civic Type R Turbo hadir untuk memperkuat serangan Honda terhadap hot hatch lain di kelasnya. Menurut Honda, Civic Type R Turbo adalah Type R paling ekstrim dan bertenaga yang pernah mereka buat (setidaknya sebelum NSX Type R 2018 muncul menurut kami).

honda-civic-type-r-turbo-face

Oke, mari kita lanjut. Wujud luarnya masih mencirikan muka Civic dengan solid wing face seperti yang bisa kita simak di Honda Jazz ataupun Honda HR-V, tapi sejumlah perangkat aerodinamika yang keren dan fungsional seolah menjadi jubah kebesaran untuk menegaskan kastanya kalau ia ini Honda Type R, lengkap dengan pelek berdiameter besar dan rem Brembo performa tinggi dengan 4 piston dan diameter 350 mm.

Honda-Civic-Type-R-genrations

Honda Civic Type R Turbo hanya punya 2 varian dan 5 pilihan warna : Championship White, Crystal Black (pearlescent), Polished Metal (metallic), Brilliant Sporty Blue (metallic) dan Milano Red. Kami bersyukur warna khas Type R yakni Championship White masih dihadirkan Honda. Akan tetapi, jika Civic Type R EP3 dan FN2 sebelumnya berbentuk hatchback 3 pintu, Civic Type R baru ini hanya ada dalam versi hatchback 5 pintu saja.

honda-civic-type-r-turbo-red-side

Di interiornya, kesan sporty masih berlanjut via kehadiran jok sport berbahan suede hitam dan fabric merah dengan jahitan yang juga berwarna merah, lalu ada setir berdiameter kecil yang rata di bagian bawahnya. Fitur standarnya tergolong lengkap dengan hadirnya Honda Connect Infotainment System, AC dengan automatic climate control serta cruise control dengan speed limiter.

interior-honda-civic-type-r

Selain sporty, ia juga punya mainan canggih yang akan dicintai para adrenalin junkie berupa i-MID yang menampilkan banyak data performa seperti G-meter, tekanan rem atau akselerator, boost pressure, temperatur air, temperatur oli dan tekanan oli, lap time serta acceleration time (0-100 km/jam, 0-100 m, atau 0-402 m). Komplit nih, jadi pengen.

honda-civic-type-r-turbo-wallpaper

Tapi hal terbaik dari Type R ini ada di balik kap mesinnya. Di sana, ada mesin 2.000 cc VTEC Turbo yang ganas dengan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm yang siap dimuntahkan kapan pun sang pengendara mau, tapi Civic Type R Turbo hanya punya transmisi manual 6 percepatan.

Ini bagus sebenarnya terutama bagi kaum hot hatch purist yang suka mengekspresikan kesenangan mengendalikan hot hatch dengan cara memindahkan gigi secara manual dan harus menginjak kopling. Lagi pula, sepanjang sejarah Honda hampir tak ada Honda Type R pakai transmisi matik.

Honda-Civic-Type-R-turbo-red-rear

Dengan semua tenaga dan torsinya disalurkan ke roda depan, akselerasinya cukup ganas. Dari 0-100 km/jam hanya butuh 5,7 detik saja dan top speed-nya bisa mencapai 270 km/jam. Berkat teknologi VTEC dan Dual-VTC baru yang memungkinkan boost diprioritaskan di putaran bawah-menengah, konsumsi BBM-nya bisa ditekan hingga 13,6 km/liter.

Cukup manusiawi juga konsumsi BBM-nya, dengan catatan kaki kanan anda harus bisa menahan emosi untuk tidak sering-sering gas pol saat bertemu jalanan kosong sedikit saja. Sama seperti ketika diajak nonton di bioskop oleh gebetan saat tanggal tua, itu adalah salah satu godaan yang susah ditahan, apalagi kalau bawa mobil kencang.

honda-civic-type-r-turbo-white-side

Suspensi Honda Type R ini juga diklaim lebih manusiawi dibanding sebelumnya, berkat teknologi Adaptive Damper System yang memungkinkan kontrol independen secara kontinu di setiap roda untuk meningkatkan handling, namun juga memberikan kontribusi untuk kenyamanan dan kelembutan jika dipakai berkendara sehari-hari. Jika anda pernah naik Honda Civic Type R FD2R sedan JDM, mobil itu suspensinya sangat keras meski secara pribadi itu adalah Honda Civic Type R favorit saya.

Dengan pilihan tipe standar dan GT, Honda Civic Type R Turbo yang menjadi mobil FWD terkencang di Nurburgring ini sudah bisa dipesan. Bagi Honda Enthusiast di Indonesia, bisa saja kalau mau mendatangkan mobil ini via IU, karena kami yakin Honda Prospect Motor tidak akan menjualnya secara resmi di Indonesia.

honda-civic-type-r-nurburgring-lap-time

Tapi mungkin peminatnya harus sedikit merogoh kocek lebih dalam, soalnya kami prediksi harga Civic Type R Turbo di Indonesia akan sangat mahal, kenapa? Soalnya harga Civic hatchback biasa yang diimpor via IU saja bisa tembus 700 juta, terus mau berapa harga Civic Type R ini nanti kalau sudah masuk Indonesia? 800 juta? 900 juta? 1 Miliar? BHAY…

Bagaimana, apakah anda tertarik dengan Honda Civic Type R Turbo ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: