Honda Civic Resmi Dijual di US, Harga Mulai 329 Jutaan!

Honda Civic Resmi Dijual di US, Harga Mulai 329 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda Civic Sedan generasi terbaru telah resmi dijual di dealer nasional Amerika Serikat mulai minggu lalu. Honda mengumumkan harga resmi dan rincian varian yang ditawarkan. Honda telah mematok harga Civic Sedan 2022 generasi ke-11 ini mulai $22.695 (atau sekitar Rp 329 Jutaan) untuk base trim LX , termasuk destination charge (biaya yang ditambahkan untuk mengganti biaya pengiriman dari pabrikan ke dealer) sebesar $995. Mulai generasi ini, Honda Civic dilengkapi dengan seperangkat Honda Sensing yang lebih lengkap yang mencakup Traffic Jam Assist, Adaptive Cruise Control, dan Lane Keep Assist, sebagai standar di semua varian yang dijual di AS. Mari kita bedah lebih lanjut.

Apa Sajakah Varian yang Dijual

Trim entry-level LX dilengkapi mesin empat silinder 2.000cc bertenaga 158 HP dengan transmisi CVT. Fitur standarnya mencakup sistem infotainment 7 inci dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, panel instrumen semi digital, dan lampu depan LED. Lalu ada trimSport dengan harga mulai dari $ 24.095 (Sekitar Rp 349 jutaan). Trim ini memiliki semua fitur yang ada di trim LX ditambah velg 18 inci, aksen eksterior hitam, sistem audio 8-speaker yang lebih ciamik, setir dan tuas transmisi berlapis kulit dan mode berkendara yang diberi nama sport mode. Jika menginginkan tenaga lebih, pilihlah trim EX dengan harga $25.695 atau setara dengan Rp 372 jutaan, yang ditenagai oleh mesin empat silinder 1,500cc turbocharged dengan tenaga 180 HP.

Sayangnya, varian ini hanya dilengkapi dengan transmisi CVT, tidak ada pilihan transmisi manual. Mungkin dengan pilihan transmisi otomatis torque conventer atau bahkan dual clutch bisa menjadi opsi yang lebih baik, sayangnya tidak ada opsi tersebut. Selain itu, trim EX juga dilengkapi fitur yang lebih tokcer, seperti blind-spot monitoring, sunroof elektrik, pemanas kursi, dan dual zoneclimate control pada sistem pendinginan kabinnya. Yang terakhir dan paling mahal adalah varian Touring, dengan harga $29.295 atau sekitar Rp 424 jutaan. Sudah dilengkapi jok kulit elektrik, sistem infotainment 9 inci dengan navigasi, wireless Apple CarPlay dan Android Auto, Bose audio system, cluster instrumen digital 10,2 inci, wireless charghing phone, dan masih banyak lagi.

Akankah masuk ke pasar Indonesia?

Setelah unit spy-shot yang tertangkap di Thailand Agustus 2020 silam dan versi produksi di Tiongkok yang bocor pada maret lalu rasanya belum ada Negara di benua Asia yang sudah menjualnya secara resmi. Biasanya penelitian dan pengembangan mobil Honda seperti Civic, Accord, Odyssey, CR-V dan lain-lain memang muncul di Amerika dahulu, lalu yang berukuran kompak seperti HR-V dan Jazz biasanya muncul di Jepang. Honda Civic Turbo juga sebelumnya resmi meluncur di Amerika terlebih dahulu sebelum prototipe Honda Civic Turbo untuk pasar Asia Tenggara diuji coba di Thailand. Apalagi karena isu mesin turbonya yang dikenal “haus oli” membuat honda harus berpikir ulang agar mesin turbo di generasi berikutnya bisa lebih baik lagi.

Mesin yang digunakan Honda Civic Turbo saat ini, yaitu 1.500 cc 4 silinder turbo berkode L15B7 sepertinya masih akan diandalkan untuk model terbarunya nanti, mengingat Honda juga belum punya mesin turbo baru untuk mobil mereka. Tenaga dan torsi nampaknya akan ada perubahan dibanding generasi sebelumnya, tapi kami harap Honda meningkatkan daya tahan dan keawetan mesinnya karena merek Jepang biasanya punya reputasi bagus soal durabilitas. Mengingat namanya yang cukup legendaris, sepertinya HPM akan menjual civic generasi ini setelah dirilis di Thailand, apalagi Toyota juga masih menjual Corolla Altis secara resmi dengan model terbaru dan fitur yang lebih lengkap. Namun dengan permintaan sedan yang saat ini sedikit menurunkan ekspetasi kami, apalagi sampai saat ini honda belum juga memasarkan Honda City generasi terbaru yang sudah dijual di Thailand sejak november 2019 silam.

Bagaimana pendapat kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: