Spoon Tawarkan Paket Kencang Honda Civic Turbo,Worth It?

by  in Aftermarket&Berita&Honda
Spoon Tawarkan Paket Kencang Honda Civic Turbo,Worth It?
0  komentar

Autonetmagz.com – Basis Honda Civic terkenal sebagai mobil yang bisa dibilang sebuah “kanvas ” dikarenakan potensi modifikasi yang banyak. Bisa diambil contoh Honda Civic SiR yang memberikan rasa berkendara sporty dengan praktikalitas sebuah sedan, atau Honda Civic Type R yakni versi paling ekstrim dari sebuah Honda Civic. Dengan sejarah seperti itu, tentunya Honda Civic RS Turbo terkini masih memiliki jiwa tuner seperti pendahulunya.

Dengan mesin 1.5 liter Turbocharged yang menghasilkan 173hp dan torsi sebesar 220nm, Honda Civic RS Turbo tidak bisa dibilang mobil pelan. Dan akselerasi dari 0-100km/jam dicapai dalam waktu 7.5 detik bisa dibilang impresif untuk sebuah mobil bertransmisi CVT dan penggerak roda depan di kelasnya. Tapi seperti biasa, pasti ada saja orang yang menginginkan lebih banyak tenaga dari mesin mobil mereka. Disanalaah Spoon masuk dan memberikan solusi. Eits, tapi Spoon yang dimaksud bukan sendok ya. Lebih tepatnya tuning shop Spoon dari Jepang yang dikenal sebagai tuner dan produsen aftermarket performance parts untuk mobil-mobil Honda.

Spoon hadir bagi kalian yang ingin membuat Honda Civic RS Turbo kalian lebih kencang dengan menyediakan sebuah turbo kit khusus untuk Honda Civic RS Turbo. Dengan turbo kit racikan Spoon ini, performa Honda Civic RS Turbo kalian bisa meningkat secara signifikan. Tenaga 175hp naik menjadi 275 dan angka torsi menjadi highlight karena cukup mengejutkan. Yap, torsi-nya mencapai 414 Nm, dan sebagai komparasi, torsi dari mesin 1.5 liter turbo ini bahkan 14 Nm lebih besar dibanding yang dikeluarkan mesin 2.0 liter turbo milik Honda Civic Type R FK8. Jadi, walaupun tenagaknya kalah, torsinya malah unggul dari Type-R.

Prospek yang menarik bukan? Tapi tunggu dulu jangan terburu-buru, karena memasang turbo kit ini tidak segampang yang dikira. Mengapa? Dikarenakan turbo kit ini hanya bisa dipasang pada mesin 1.5 turbocharged yang bertransmisi manual. Kalau ingin mengakalinya, transmisi CVT bisa di ganti dengan yang manual tapi itupun belum memenuhi kriteria untuk memasang turbo kit ini. Spoon menyatakan bahwa transmisi manual itupun masih memerlukan heavy duty clutch untuk bisa menangani torsi besar dari mesinnya.

Tetapi kalau tidak mau repot, Spoon juga menawarkan opsi lebih mudah dan murah. Mereka juga menyediakan sebuah Flashpro Engine Management Unit dari Hondata dan alat ini dikabarkan mengeluarkan tenaga sebesar 203hp. Walaupun tenaga yang ditawarkan tidak sebesar turbo kit-nya Spoon, tetapi kenaikan 30hp dari tenaga aslinya sudah lumayan menggiurkan. Sebenarnya kalau tidak mau ribet bisa saja beli Honda Civic Type R dengan tenaga 316hp dan torsi sebesar 400nm, plus sudah memiliki manual dari pabrikan.

Namun, ide memiliki sebuah Honda Civic non Type R yang bisa mendekati tenaga dan torsi Honda Civic Type R tentu menarik. So bagaimana menurut kalian, apakah kalian tertarik untuk memodif Honda Civic Turbo kalian? Tulis di kolom komentar dibawah ya.

Read Prev:
Read Next: