Honda Tutup Rumah Produksi Civic Type-R di Inggris Pada 2021, Era Listrik Dimulai

by  in Berita&Honda&International
Honda Tutup Rumah Produksi Civic Type-R di Inggris Pada 2021, Era Listrik Dimulai
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan telah dilontarkan oleh pihak Honda, dan pernyataan ini resmi. Peryataan tersebut terkait dengan rencana penutupan pabrik mereka di Swindon, Inggris per tahun 2021 mendatang. Bagi kalian yang asing dengan nama pabrik ini, pabrik Swindon sendiri adalah pusat produksi dari Honda Civic Type-R, mulai dari generasi EP3, FD2, FK2 hingga FK8 semuanya diproduksi di pabrik ini. Lantas, mengapa pihak Honda mengakhiri pabrik ini?

Pihak Honda membeberkan bahwa langkah ini sendiri dilakukan sebagai bagian restrukturisasi Honda Global untuk meningkatkan fokus mereka ke era mobil listrik. Pihak Honda menyebutkan bahwa restrukturisasi ini menjadi komitmen pihak pabrikan untuk berakselerasi di bidang elektrivikasi mobil. Honda juga menambahkan bahwa ketatnya tantangan di segmen mobil listrik membuat pihaknya harus merevisi tatanan produksi global mereka, dan berfokus pada area yang diharapkan memiliki jumlah produksi yang besar.

Untuk saat ini, pabrik Honda di Swindon memiliki kapasitas produksi sebanyak 150.000 unit per tahunnya yang menjadi rumah bagi produksi Honda Jazz, Honda CR-V, Honda Civic Hatchback, dan juga Honda Civic Type R FK8 tentunya. Nah, di pabrik ini pihak Honda memperkerjakan sebanyak 3.500 orang karyawan, dan tentunya akan banyak karyawan yang terkena imbas dari kabar penutupan produksi ini. Pihak Honda sendiri segera memulai konsultasi terkait karyawan yang bakal terkena imbas dari keputusan ini. Nampaknya, selain perkara era mobil listrik, isu Brexit juga berpengaruh cukup besar.

Namun, walaupun keputusan yang berat ini diambil, pihak Honda masih akan menjadikan Inggris sebagai negara yang penting. Headquarter Honda Eropa masih tetap berlokasi di Inggris untuk kedepannya. Nah, selain Pabrik Honda di Swindon, Inggris, restrukturisasi ini juga berpengaruh pada Honda Turki. Saat ini Honda Turki memiliki kapasitas produksi sebanyak 38.000 unit dengan salah satu komoditas produksinya adalah Honda Civic Sedan. Namun di tahun yang sama, yaiu 2021, pihak Honda akan menghentikan produksi dari Honda Civic di Turki.

Nah, kita tunggu saja seperti apa langkah berikutnya dari Honda setelah keputusan ini. Namun pertanyaan besarnya, jikalau Honda Civic Type-R hanya diproduksi di Swindon saja, dan pabrik tersebut berhenti beroperasi, akankah tahun 2021 menjadi akhir dari Honda Civic Type-R?

Sumber : Paultan

Read Prev:
Read Next: