Honda Civic Type R Bakal Mejeng di Tokyo, Tapi…

by  in  Berita & Honda & International
Honda Civic Type R Bakal Mejeng di Tokyo, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau generasi baru Honda Civic sudah wara-wiri, artinya varian terkencang yang memakai nama Type R tinggal menunggu waktu saja. Sudah generasi ke-11, dan Honda pun sudah mengonfirmasi bahwa Honda Civic Type R generasi terbaru masih dalam tahap pematangan. Mobil tesnya sudah diuji ke mana-mana, termasuk di Sirkuit Suzuka di Jepang, tentunya dengan stiker penyamaran. Lalu, kapan sih mobil ini meluncurnya?

Pameran Tokyo Auto Salon 2022 akan dibuka sebentar lagi di Jepang. Honda turut meramaikan acara ini, dan mereka akan membawa Honda Civic Type R generasi terbarunya untuk tampil di publik pertama kalinya. Akan tetapi, ia tampil bukan untuk acara peluncuran resmi, namun hanya sekedar sneak peek ringan saja, sebab ia akan tetap dibungkus stiker kamuflase. Yah, paling tidak sudah boleh tampil di muka umum nih.

Tampilan Baru Honda Civic Type R demi Aerodinamika

Meski masih ditutup stiker, bukan berarti tidak ada yang bisa diteliti. Honda Civic Type R baru tetap berbentuk hatchback namun urat-urat bodinya tidak segalak kemarin. Kini Honda memberikan wide body kit yang lebih halus dan alami, bukan yang tegas macam pendahulunya. Desain spoiler belakangnya juga beda, ditemani dengan body kit depan, samping dan belakang desain baru. Satu-satunya elemen eksterior tergalak ada di 3 lubang knalpotnya, sama seperti generasi FK8R.

Untungnya, bagian kaki-kaki lumayan terekspos. Kemungkinan Honda Civic Type R akan pakai pelek besar, rem cakram besar dengan kaliper Brembo dan ban Michelin untuk menjamin daya cengkramnya. Oh ya, stiker yang dipakai membungkus Civic Type R ini bukan sembarang stiker, sebab ada siluet Honda Civic Typer R dari berbagai macam generasi yang ditemani huruf “R” merah di sekujur bodinya.

Reject Modernity, Embrace Tradition

Beberapa teman sepermainan Honda Civic Type R pelan-pelan mengadopsi teknologi modern atas nama kecepatan, maka tak asing jika kita mendengar hot hatchback baru dengan transmisi kopling ganda dan penggerak AWD. Honda rupanya ingin pendekatan tradisional dalam menciptakan Civic Type R terbaru, sebab ia akan tetap pakai FWD dengan transmisi manual 6 percepatan untuk dikawinkan dengan mesin 2.000 cc VTEC turbonya.

Mesin boleh sama, tapi Honda nampaknya akan sedikit menaikkan tenaga dan torsinya agar tidak kalah dengan kontestan lain. Peningkatan spesifikasi sasis dan pengendali kestabilan elektronik juga akan disematkan agar mobil ini  bisa lebih cepat. Pengunjung Tokyo Auto Salon 2022 bisa melihat prototipe Honda Civic Type R ini dari dekat mulai tanggal 14 Januari hingga 16 Januari 2022. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: