Honda Civic Turbo 2021 Akhirnya Muncul, Hanya Ada Tipe RS!

by  in Berita&Honda&Mobil Baru
Honda Civic Turbo 2021 Akhirnya Muncul, Hanya Ada Tipe RS!
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota, Lexus, Mazda dan Honda adalah merek mobil Jepang yang masih setia menghadirkan sedan kepada para konsumennya di Indonesia. Meski crossover dan SUV sangat laku, sedan punya citra dan gengsi elegan yang bertahan dari dulu sampai sekarang. Apalagi dengan perubahan pajak baru per 16 Oktober 2021, beberapa sedan mengalami penurunan harga yang sangat signifikan.

Hari ini (28/10) merupakan Hari Sumpah Pemuda, dan Honda Prospect Motor sebagai APM Honda di Indonesia untuk memperkenalkan dua sedan baru, yakni Honda City sedan dan Honda Civic Turbo baru. Dulu Honda Civic varian RS hanya tersedia untuk varian hatchback, namun kini ada varian RS untuk Honda Civic Turbo sedan. Seperti apakah sedan baru yang dijual seharga 567 juta Rupiah OTR Jakarta ini?

Honda Civic RS Kini Lebih Kalem dan Premium

Seperti sosok yang sudah diperkenalkan di Amerika Serikat kemarin, Honda Civic Turbo alias Civic generasi ke-11 kini berubah dengan desain yang lebih kalem dan dewasa. Setiap mencapai generasi ganjil, Honda Civic selalu tampil lebih rapi dan tidak neko-neko, sementara beberapa generasi genap tampilannya malah sporty dan anak muda banget. Oh ya, satu sentuhan mewah lainnya adalah remote kunci baru yang tipisnya kira-kira 2 kali kartu uang elektronik.

Interior Honda Civic Turbo 2021 adalah bagian yang perbedaannya paling jauh dibandingkan generasi sebelumnya. Panel instrumennya sudah memakai layar full LCD, bukan layar tanggung seperti kemarin. Kisi-kisi dan tombol AC pun terlihat lebih premium, seperti mobil yang harganya lebih mahal. Sistem infotainment Honda Civic pun kini pakai OEM dari Honda, bukan aftermarket seperti yang kemarin.

Mesin Honda Civic Turbo generasi ke-11 ini masih mengandalkan mesin 1.500 cc 4 silinder turbo berkode L15B7. Tenaga naik sekitar 5 PS, sebelumnya 173 PS kini 178 PS dan torsi jadi 240 Nm. Tetap menggunakan penggerak roda depan dan transmisi CVT, kini Honda Civic punya beberapa mode berkendara yang bisa dipilih antara normal atau sport. Kini, varian RS hanya jadi varian tunggal yang bisa dipilih, tidak ada lagi varian Prestige.

Honda Civic Turbo Indonesia Sudah Pakai Honda Sensing

Honda belakangan ini sangat peduli dengan fitur keselamatan. Lihat saja Honda Accord Turbo, Honda CR-V Turbo facelift dan Honda BR-V baru yang sarat akan fitur keselamatan dari Honda Sensing. Honda Civic Turbo RS baru ini pun tak berbeda, ia sudah punya fitur Honda Sensing komplit. Salah satu ciri-cirinya adalah kamera Honda Lane Watch di spion kiri untuk mengurangi titik buta di sisi kiri mobil.

Fitur lainnya adalah sistem Lane Keep Assist System (LKAS) untuk membantu mengarahkan setir untuk keamanan pengemudi dan penumpang di dalamnya dan Adaptive Cruise Control (ACC) yang membuat mobil bisa jaga jarak dengan mobil di depannya. Kehadiran Collision Mitigation Braking System (CMBS) alias rem otomatis juga tak luput, dan Road Departure Mitigation (RDM) yang bisa menjaga mobil agar tidak keluar garis.

Sama seperti Honda BR-V, fitur baru Honda Sensing di Indonesia termasuk Lead Car Departure Notification (LCDN). Fitur ini berguna saat macet-macetan lalu kita sudah tidak memperhatikan kondisi di depan. Saat mobil depan sudah jalan namun kita tidak sadar, mobil akan membunyikan alarm kecil untuk mengingatkan kita bahwa lalu lintas sudah mulai bergerak. Apa opinimu mengenai Honda Civic Turbo baru yang dijual seharga 567 juta? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio