Honda Civic Type R 2017 Wara-Wiri Tanpa Kamuflase!

0  komentar

AutonetMagz.com – Honda Civic FB dan FK sudah dipensiunkan dan diganti oleh Honda Civic FC, atau yang kita kenal sebagai Honda Civic Turbodi sini. Versi hatchback pun sudah diperkenalkan, dan langkah berikutnya adalah sang pendekar hot hatch dari Honda, Civic Type R. Untuk menunjukkan kalau Honda serius, Honda memperkenalkan prototype Honda Civic Type R 2017 di Paris, lalu ada Honda Civic Si 2017 yang muncul di Los Angeles. Tahta tertinggi tentu saja milik Type R, baru di bawahnya ada Si.

2018-honda-civic-type-r-prototype

Honda memang mengatakan Honda Civic Type R yang mejeng di Paris sebagai prototype, namun dari apa yang kami lihat, tidak sulit untuk langsung memproduksi mobil itu dan membawanya ke ruang pamer lalu dijual. Iya, soalnya bentuknya tidak terlalu “aneh” layaknya mobil konsep atau prototype pada umumnya. Lain dengan Honda Civic Si yang akan hadir dalam format sedan dan coupe, Honda Civic Type R akan muncul sebagai hatchback 5 pintu.

2018-honda-civic-type-r-prototype-back

Bukan pertama kalinya kok Honda Civic Type R muncul sebagai hatchback 5 pintu, soalnya Honda Civic Type R Turbo FK2 sudah muncul duluan dengan 5 pintu, dan kami pernah membahasnya sedikit. Untuk mesin, Honda Civic Type R 2017 akan menggendong mesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo dengan kisaran tenaga 306 PS dan torsi 400 Nm. Honda tidak tergoda untuk membuat Civic Type R menjadi AWD seperti Ford Focus RS atau Mercedes-AMG A45, karena Civic Type R tetap FWD.

spyshot-honda-civic-type-r-2017-south-california

Nah, baru-baru ini, di California Selatan ada seorang warga yang berhasil menangkap sebuah unit uji coba Honda Civic Type R yang tanpa kamuflase. Sosok depannya tak terlihat, namun bisa ditangkap bahwa sebagian besar mirip dengan versi prototype, demikian pula dengan 3 lubang knalpot di tengah. Saat berakselerasi, mobil itu terlihat kencang, namun knalpotnya masih membuat asap yang ngebul sedikit waktu di-kickdown.

2018-honda-civic-type-r-prototype-side

Suara yang kurang jernih membuat kami agak susah mendengar raungan mesin VTEC Turbonya, meski sudah pakai headset. Warna putih pada mobil yang tertangkap diklaim bukan sembarang putih, namun Championship White, warna kebanggaan Honda Type R. Hadir dengan transmisi manual dan 3 pilihan mode berkendara (Comfort, Normal dan R+), saya cukup penasaran dengan Honda Civic Type R 2017. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: