Honda CBR1000RR SP berevolusi di INTERMOT 2016

by  in  Berita & Honda & Merek Motor
Honda CBR1000RR SP berevolusi di INTERMOT 2016
0  komentar

AutonetMagz.com – Berbicara tentang motor gede Honda, tentunya bagi kalian yang sudah pernah melihatnya mungkin melihat banyak kesamaan desain dengan sepeda motor Honda yang bermesin lebih kecil, seperti pada Honda CBR250R dengan Honda CBR1000RR SP contohnya, desain lampu dan bodinya hampir sama dan hal ini tentunya merupakan hal negatif bagi sang pemilik moge Honda tersebut, karena dengan memiliki desain yang sama otomatis prestise yang dirasakan akan berkurang karena orang lain akan melihat motor tersebut hanya sepeda motor biasa saja dan kurang terlihat seperti motor gede.

cw1016-2017-honda-cbr1000rr-sp-image-27

Nampaknya hal ini mulai disadari Honda,  mereka sekarang sudah mulai mengganti dan mendiferensiasikan desain antara sepeda motor besar dan kecil nya, lihat saja motor motor keluaran terbarunya seperti Honda CBR500R, CB500X dan sebagainya yang sudah mulai menganut desain terbaru yang terkesan tajam dan layered.

cw1016-2017-honda-cbr1000rr-sp-image-21

Kali ini di ajang INTERMOT 2016 di Cologne, German. Honda kembali memperkenalkan sepeda motor versi barunya yaitu Honda CBR1000RR SP. Seperti yang kita tahu sebelumnya CBR1000RR SP memiliki desain yang sangat mirip dengan adiknya yaitu CBR250R, namun untuk model 2017, Honda merevisi total tampangnya sehingga sepeda motor ini terlihat jauh berbeda dibanding pendahulunya.

Dari segi desain, menurut kami sepeda motor ini benar benar sangat keren!. Tetap memiliki ciri khas Honda terbaru dengan desain lampu tajam dengan bohlam Full LED namun dengan desain yang sangat racy dengan tekukan tekukan tajam, overall untuk japanese supersports 1000cc, Honda CBR1000RR SP ini memiliki desain yang terbaik apabila disandingkan dengan rival terdekatnya baik Yamaha R1, Suzuki GSX-10000R maupun Kawasaki ZX10R.

cw1016-2017-honda-cbr1000rr-sp-image-01

Pada sektor mesin, Honda CBR1000RR SP ini memang menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya. Tapi tunggu dulu, meskipun sama mesinnya telah di tuning oleh Honda dengan beberapa oprekan di sektor engine management dan kompresi sehingga tenaga nya meningkat 11HP menjadi 189hp dan hampir mendekati sang flagship yaitu RCV213V-S. Selain telah di tuning ulang. mesin ini juga mendapatkan fitur Throttle by Wire control dengan Acceleration Position Sensor, dengan tiga mode berkendara yaitu Mode 1 untuk berkendara di track maupun sirkuit. Mode 2 untuk pengendaraan normal dan sporti. Mode 3 untuk berkendara nyaman di dalam kota. Tidak seperti Honda CBR250RR yang hanya mengatur respon mesin dan bukaan gas, pada Honda CBR1000RR SP, riding mode nya juga mengatur traction control dan tingkat kekerasan suspensinya. Semua kecanggihan tersebut dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan quickshift untuk perpindahan gigi yang lebih cepat ala ala MotoGP.

cw1016-2017-honda-cbr1000rr-sp-image-03

Berlanjut pada sektor sasis dan handling, banyak hal yang spesial ditemukan pada supersport ini. Pertama tama adalah sasis twin sparnya yang telah di revisi sehingga lebih ringan 14kg dibanding pendahulunya dan lebih ramping. Kedua adalah penggunaan suspensi Öhlins S-EC , dengan tipe NIX30 untuk bagian depan dan TTX36 pada bagian belakang yang tentunya sangat unggul dalam sektor manapun. Ketiga, yang paling spesial, sepeda motor ini dilengkapi dengan Suspension Control Unit (SCU) yang dilengkapi dengan sensor Giroskop untuk membantu untuk membaca pergerakan motor dengan sangat akurat sehingga Traction Control dapat memberikan assist pada pengemudi di berbagai kondisi jalan dan pada situasi apapun. Sistem pengereman sepeda motor ini juga didukung oleh Full Brembo Braking system dengan C-ABS khas Honda.

CBR1000RR SP ini nantinya akan dijual dalam dua versi yaitu SP dan SP2 dimana pada varian SP2 dilengkapi dengan tuning track ready dengan velg Marchesini full forged. Bagaimana? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: